PEPINO MAKANAN PENCEGAH DIABETES
December 11, 2012
MENGETAHUI GEJALA PENYAKIT DIABETES
December 12, 2012

WASPADAI GEJALA PENYAKIT DIABETES INSIPIDUS

Penyakit ini merupakan salah satu keluarga daripenyakit diabetes  nammun penyakit  ini jauh lebih langka dari  penyakit diabetes biasanya. Namun perlu anda ketahui bahwa penyakit ini merupakan penyait berbahaya juga maka dari itu waspadai gejala penyakit diabetes insipidus, penyakit diabetes insipidus ini harus diketahui sebab jika anda telah paham mengenai penyakit ini maka ada akan mampu mencegah ataupun mengobati penyakit ini sendiri.

            Pengertian umum dari adalah dimanan Diabetes insipidus (DI) adalah suatu kondisi dimana kondisi ini ditandai dengan rasa haus yang berlebihan dan ekskresi dalam jumlah besar juga. Ada beberapa jenis diabetes insipidus (DI), dan  masing – masing diabetes insipidus tersebut mempunyai penyebab yang berbeda pula. Jenis yang paling umum adalah DI neurogenik, dimana penyakit ini disebabkan oleh kekurangan arginine vasopressin (AVP), juga dikenal sebagai hormon antidiuretik (ADH).

Diabetes insipidus adalah gangguan pada tubuh yang dicirikan oleh  rasa haus yang ekstrim dan ekskresi urine dalam jumlah yang besar (ini sejenis dengan gejala diabetes mellitus 3 serangkai yaitu poliuria). Diabetes insipidus ini merupakan penyakit yang bisa dibilang kemunculannya  jarang terjadi amun tetap waspadai gejala penyakit diabetes insipidus. Diabetes insipidus ini disebabkan oleh gangguan dapal produkdi Anti – Diuretik hormon (ADH) atau hormon vasopressin. Diabetes insipidus ini sangat berbeda dengan kencing manis atau diabetes mellitus maka tidak ada kaitannya antara diabetes insipidus dengan diabetes mellitus tipe 1 ataupun diabetes mellitus tipe 2. Maka  jika anda ingin mengobati penyakit ini maka pengobatan  yang dilakukan adalah pengobatan menghilangkan rasa haus dan menormalkan pengeluaran jumlah urine yang ada dalam tubuh.

waspadai gejala penyakit diabetes insipidus berikut beberapa penyebab diabetes insipidus yaitu :

  • Terjadinya gangguan pada hipotalamus dan kelenjar pituitary sehingga produksi hormon Anti – Diuretik Hormon (ADH) atau hormon vasopressin pun terganggu

Hormon vasopressin (ADH) mempunyai fungsi yaitu mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh yang bekerja pada tubulus ginjal. Dimana tubulus ginjal merupakan pengaturan penyerapan air dimana mengatur 2 hal :

  1. Mengatur aliran air dalam tubuh yang akan kembali masuk ke dalam darah
  2. Mengatur aliran air yang sebagiannya akan dibuang dalam bentuk urine
  • ·         Kerusakan yang terjadi pada tubulus ginjal

Kerusakan pada tubulus ginjal ini menyebabkan tubulus ginjal tidak mampu berkerja sehingga a tidak tanggap terhadap hormon vasopressin atau ADH jika halini terjadi maka cairan dalam tubulus tidak dapat diserap namun hanya dapat dibuang sebagai urine.

  • ·         Akibat Kehamilan

Enzim plasenta pada ibu yang tengah hamil ternyata dapat menghancurkan ADH sehingga kehamilan dapat menyebabkan diabetes insipidus.

  • ·         Kerusakan pada hipotalamus

Jika terjadikerusakan pada hipotalamus maka akan menyebabkan seseorang selalu merasa haus karena hipotalamus merupakan pengatur rasa haus dalam tubuh sehingga terlalu banyak minum dapat menyebabkan penekanan dan kerusakan pada hormon vasopressin.

waspadai gejala penyakit diabetes insipidus dengan mengetahui gejala dan tanda diabetes insipidus tersebut, dimana gejala dan tanda yang terdapat pada diabetes insipidus dapat meliputi hal hal berikut yaitu :

  1. Terasa haus yang sangat dalam
  1. Pengeluaran jumlah urine dalam batas  normal dimana Jumlah urine normal yang dikeluarkan sekitar 1,5 liter sampai 2,5 liter/hari  nya namun pada diabetes insipidus pengeluaran urine dapat mencapai hingga 15 liter/hari.

Diabetes ini dapat menyerang anak anakjuga berikut gejala dan tanda diabetes insipidus pada bayi dan anak – anak antara lain sebagai berikut ini:

a)      Popok yang dipakai sangat basah dimana  basahnya luar biasa

b)      Terjadi gejala Demam, muntah, diare

c)      Kulit akan kering dengan dingin yang berlebihan

d)      Terjadi penghambatan pertumbuhan

Berikut pengobatan diabetes insipidus yang harus dilakukan saat anda waspadai gejala penyakit diabetes insipidus :

  1. Pemberian hormon vasopressin sintetis yang bernama desmopressin
  2. Pemberian HCT (hidroklortiazid)
  3. Pemberian desmopressin

Dimana penyakit ini memiliki hal yang tidak baik  jika  dibiarkan oleh karena itu perlu ada kesadaran yaitu waspadai gejala penyakit diabetes insipidus. Maka dari itu penyakit diabetes insipidus ini harus bisa diobati dan diicegah.

Incoming search terms:

  • ciri-ciri penderita penyakit diabetes insipidus
  • ciri-ciri penyakit diabetes insipidus
  • diabetes insipidus (defisiensi arginin vasopresin)