Waspada Keracunan Karbon Monoksida
October 20, 2012
Kursi Tantra solusi hubungan suami istri
October 21, 2012

Waspada Keracunan Insektisida

Insektisida atau obat serangga, memang sudah merupakan obat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun disebut sebagai obat, bukan berarti bahwa insektisida ini baik untuk tubuh kita. Insektisida yang disebut sebagai obat serangga ini baik untuk membasmi serangga.

Insektisida adalah bagian dari pestisida yang digunakan untuk membasmi serangga. Pada umumnya, insektisida terdiri dari senyawa yang bersifat merusak.

Dari kata membasmi, dapat disimpulkan bahwa obat serangga ini digunakan untuk membunuh serangga. Dengan kata lain, insektisida adalah racun yang digunakan untuk membunuh serangga. Insektisida biasanya tersedia dalam berbagai bentuk, misalnya semprotan, elektrik, kepingan melingkar yang dibakar, lotion, dan lain sebagainya.

Insektisida merupakan hasil dari perkembangan zaman di bidang pertanian yang berguna untuk memudahkan pekerjaan petani dalam membudidayakan tanaman. Meskipun pada awalnya racun serangga ini diciptakan dengan tujuan yang baik, ternyata ada juga dampak buruk yang dihasilkan dari insektisida ini.

Oleh karena itu, perlu kita waspadai keracunan insektisida. Mungkin kasus ini masih sangat jarang terdengar di telinga anda, karena kasus keracunan obat serangga ini biasanya lebih banyak menyerang orang-orang yang berkecimpung di dunia pertanian, seperti petani.

Menurut sebuah survey yang dilakukan oleh pemerintah, pada tahun 2007, sebanyak 466 petani meninggal karena keracunan insektisida. Hal ini mungkin disebabkan karena kurangnya pengetahuan petani dalam menggunakan insektisida dengan benar. Sering kali kita beranggapan bahwa semakin banyak racun serangga yang kita gunakan, maka semakin efekif pula hasilnya.

Memang benar, namun sebaiknya kita perhatikan juga dalam sisi kesehatan kita. Memang penggunaan insektisida ini sangatlah efektif, sehingga banyak petani yang bergantung pada obat serangga ini, terutama petani di Indonesia.

Meskipun kasus keracunan ini lebih banyak menyerang petani, namun kita juga perlu mewaspadai keracunan insektisda ini. Karena secara ridak sadar, bisa saja anda terhirup racun serangga ini dalam jumlah yang cukup besar.

Untuk lebih jelas mengenai waspada keracunan insektisida ini, simaklah uraian yang berikut ini.

  • Gejala keracunan insektisida

 

Penggunaan insektisida sekarang ini bukan hanya banyak digunakan di sawah atau lading saja, namun sudah banyak ibu rumah tang ayang menggunakannya di rumah. Secara tidak sadar, mungkin anda atau keluarga anda sudah terjangkit racun obat serangga ini. Adapun gejala yang ditimbulkan, antara lain :

–          Apabila racun serangga masuk ke dalam tubuh, gejala yang ditimbulkan adalah mual, muntah dan diare. Sebaiknya anda segera mengonsumsi air putih dalam jumlah besar, karena air putih dapat menetralkan racun.

–          Gejala berikutnya yang terjadi adalah sakit kepala hebat disertai dengan keringnya tenggorokan.

–          Apabila racun yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah besar, sekitar 200 hingga 500 mm dan tidak segera ditangani, maka dapat menimbulkan kematian bagi penderitanya.

–          Apabila racun serangga mengenai kulit, maka kulit anda akan terasa gatal dan menyebabkan iritasi. Sebaiknya anda segera mencucinya di bawah air mengalir dan gunakan sabun.

–          Apabila dihirup terlalu banyak, maka obat serangga ini dapat menyebabkan gangguan pernafasan dan rasa sesak nafas.

–          Zat ini juga dapat merangsang alergi di dalam tubuh anda yang mengakibatkan batuk, bersin-bersin, nafas menjadi pendek, dan terasa sakit di bagian dada (khusus bagi penderita asma serta alergi).

  • Cara mencegah keracunan insektisida

 

Ada beberapa cara agar anda terhindar dari keracunan insektisida, di antaranya adalah :

–          Apabila anda ingin meggunakan obat serangga, sebaiknya anda berhati-hati apalagi bila anda ingin menggunakannya di daerah bermain anak anda.

–          Sebaiknya anda membaca terlebih dahulu instruksi cara menggunakannya dengan benar. Perlu juga anda perhatikan dosis pemakaian yang dianjurkan di dalam kemasan tersebut.

–          Jauhkan obar racun serangga tersebut dari jangkauan anak anda dan simpanlah di tempat yang aman.

–          Sebaiknya anda mencuci bersih buah dan sayur yang anda beli, karena biasanya produk tersebut mengandung insektisida.

–          Anda juga perlu menjelaskan dengan jelas pada keluarga anda mengenai bahaya racun serangga.

Inilah uraian singkat mengenai waspada keracunan insektisida. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.