VITAMIN OTAK UNTUK STROKE
February 9, 2013
Meja Laptop : Variasi Model, Bahan, dan Harga
February 11, 2013

VITAMIN SARAF OTAK

Setiap manusia pastinya melakukan berbagai kegiatan dalam satu hari, entah itu berpikir, bergerak, bekerja dan lain sebagainya. Ada juga orang yang bekerja dengan mengandalkan kemampuan pada otaknya, misalnya ilmuwan, peneliti, dosen, guru dan lain sebagainya.

Penggunaan otak ini sebenarnya tidak hanya akan menguras energi mental saja, melainkan fisik juga ikut merasa lelah. Namun, sering kali manusia hanya memperhatikan kesehatan fisiknya saja, sehingga melupakan jasa penting dari otak.

Oleh karena itu, sebaiknya anda bertindak adil. Jangan hanya memberik makan pada perut dan lidah anda saja, melainkan otak anda juga. Mungkin sebagian dari anda heran setelah membaca kalimat sebelumnya. Bagaimana otak bisa makan ? Apa saja makanan untuk otak itu ?

Berbagai pertanyaan seperti itu mungkin terlintas di benak anda. Sebenarnya, jawabannya cukup sederhana karena secara sadar atau tidak sadar makanan sehari-hari yang kita konsumsi juga mengandung vitamin saraf otak yang penting.

Mungkin sebgaian besar dari anda bahkan sudah mengonsumsinya dalam jumlah yang besar atau sudah menjadi kebiasaan rutin. Misalnya masyarakat Jepang dalam mengonsumsi makanan laut. Bagi mereka, makanan laut adalah makanan sehari-hari.

Berbagai penelitian juga telah menunjukkan bahwa di dalam makanan laut, khususnya ikan salmon terdapat senyawa yang bisa menjaga kinerja otak dan saraf. Oleh karena itu, masyarakat Jepang dicap sebagai salah satu bangsa yang pintar.

Kita semua pasti sering melupakan segala sesuatu hanya dalam waktu yang singkat. Banyak sekali orang yang menganggap bahwa ini adalah hal yang wajar, namun jika terjadi terus menerus, tahukan anda bahwa hal tersebut terjadi karena menurunnya kemampuan otak untuk mengolah memori ?

Istilah pikun sering digunakan untuk mendeskripsikan situasi seperti itu. Mungkin sebagian besar dari anda tidak terlalu peduli, namun bagi anda yang peduli anda bisa mencegah hal tersebut. Sebenarnya, cara pencegahannya juga tidak terlalu sulit.

Anda hanya perlu mengonsumsi vitamin saraf otak. Ada beberapa vitamin yang memang terbukti bisa memperbaiki daya ingat dan sekaligus meningkatkan daya ingat. Tertarik ? Untuk lebih jelas mengenai vitamin saraf otak, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Vitamin E

 

Vitamin ini disebut juga sebagai vitamin anti oksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel dalam otak dari kerusakan. Selain itu, vitamin E juga telah terbukti dapat menjaga sel-sel saraf otak dari kematian pasca stroke.

Pada lansia, vitamin E diyakini mampu meningkatkan fungsi memori, namun perlu diingat juga bahwa sebaiknya anda jangan mengonsumsi vitamin ini dalam jumlah yang berlebihan, kareda dapat berakibat pada pembuluh darah.

  • Vitamin B3

 

Salah satu vitamin saraf otak adalah vitamin B3. Para ahli menemukan adanya bentuk lain dari vitamin B3, yaitu nikotimida yang berfungsi penting untuk mengurangi gejala Alzheimer, namun masih diperlukan uji klinis lebih lanjut untuk menentukan efek vitamin B3 pada manusia, karena temuan baru ini baru dicobakan pada tikus.

  • Vitamin B6

 

Dari dulu hingga sekarang, vitamin B6 dikenal sebagai salah satu vitamin yang bisa menjaga tubuh manusia. Studi baru juga menunjukkan bahwa vitamin B6 mampu meningkatkan daya ingat dan mendukung kesehatan otak.

Menurut berbagai penelitian, asupan harian vitamin B6 mampu meningkatkan memori dan kemampuan otak dalam memproses informasi pada tingkat yang lebih cepat. Vitamin B6 bisa anda jumpai di dalam ikan tuna dan telur.

  • Vitamin B9

 

Vitamin yang dikenal dengan nama asam folat ini mampu membantu produksi sel darah merah, sehingga suplai oksigen ke dalam otak jauh lebih banyak dari biasanya. Resiko kehilangan memori yang berhubungan dengan proses penuaan dapat dicegah dengan mengonsumsi vitamin ini secara rutin.

  • Vitamin C

 

Selain mampu menjaga kesehatan tubuh, vitamin ini juga mempunyai sifat anti oksidan untuk membantu menjaga kesehatan memori. Studi baru menunjukkan adanya masalah memori pada bayi karena kekurangan vitamin C.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa vitamin C mempunyai sifat protektif pada masalah hilangnya memori atau kewaspadaan mental. Sumber vitamin C adalah jeruk, strawberry, lemon dan buahan lain yang rasanya masam.