Mengenal Manfaat Madu Untuk Kecantikan
November 7, 2012
KELOMPOK RENTAN PENYAKIT KURANG GIZI
November 8, 2012

Virus Penyakit yang Biasa Ada Pada Anak

Pada umumnya, anak-anak memang masih tergolong rentan terhadap serangan dari berbagai virus penyakit yang ada di sekitarnya. Hal ini karena daya tahan tubuh pada anak belum terbentuk secara sempurna dan anak-anak biasanya belum paham benar tentang kebersihan dan kesehatan.

Oleh sebab itu sering sekali anak-anak jatuh sakit terhadap berbagai penyakit, dari yang ringan misalnya flu sampai yang berat yaitu demam tifoid. Virus penyakit yang biasa ada pada anak ada berbagai jenis, mulai dari yang berbahaya sampai yang cukup berbahaya.

Sebenarnya, sudah menjadi tanggung jawab bagi seorang orang tua untuk menjaga kesehatan anaknya, sampai ia mengerti pentingnya arti kesehatan itu. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan imnunisasi pada anak, sehingga ia menjadi lebih kebal terhadap serangan berbagai virus penyakit.

Namun, seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua orang mampu memberikan imunisasi pada anaknya, karena berbagai keterbatasan, misalnya biaya. Apalagi di Indonesia yang masih tergolong ke dalam Negara yang berkembang, yang masih banyak memiliki penduduk yang miskin dan tidak berpengetahuan.

Untuk itu, perlu anda ketahui berbagai virus penyakit yang biasa ada pada anak. Simaklah yang berikut ini.

1.      Diare

Penyakit yang paling sering menyerang anak, terutama bayi ini ternyata cukup menyusahkan dan mengganggu. Penyakit ini sebenarnya ditimbulkan oleh berbagai sebab, namun yang paling umum adalah akibat infeksi virus penyakit.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda menjauhkan anak anda dari lingkungan yang tidak sehat dan berikan imunisasi agar sistem kekebalan tubuhnya meningkat. Adapun sebab lain dari penyakit ini adalah akibat dari konsumsi antibiotic atau obat-obatan tertentu atau susu bayi.

Pada umumnya, diare akan menimbulkan dehidrasi yang bila tidak segera diatasi dapat menimbulkan kematian. Dehidrasi ini sendiri mempunyai berbagai tingkatan, ada yang sedang dan ada yang berat.

Pada dehidrasi jenis berat, hal ini ditandai dengan intensitas BAK yang menurun, terbentuk cekungan mata, sudut bibir akan mengering ketika menangis dan jumlah air mata akan berkurang dari biasanya. Jadi, apabila bayi anda menunjukkan gejala seperti ini, sebaiknya anda langsung memberi penanganan.

2.      Cacar air

Salah satu virus penyakit yang biasa ada pada anak adalah cacar air atau yang disebut juga sebagai chickenpox. Sebenarnya, penyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama varicella zoster.

Pada awalnya akan tampak bintik-bintik merah di sekujur tubu anak dan kemudian akan berubah menjadi benjolan yang ukurannya lebih besar dan berisi air. Pada umumnya, penderita akan merasakan sakit dan gatal.

Apabila benjolan tersebut pecah dan airnya tidak segera dibersihkan, maka air tersebut akan membentuk benjolan baru yang sama seperti sebelumnya. Mungkin anda masih beranggapan bahwa cacar air merupakan penyakit yang harus diderita oleh setiap orang.

Namun, dengan adanya perkembangan besar di dunia kesehatan sekarang ini, maka telah ditemukan vaksin cacar air yang dapat mencegah terjadinya cacar air pada seseorang. Penyakit cacar air ini jika tidak ditangani dengan benar, maka dapat menimbulkan kematian pada penderitanya.

3.      Cacingan

Pada umumnya, anak-anak akan mengidap penyakit cacing tambang, pita, gelang, dan kremi. Hal ini biasanya ditandai dengan menurunnya nafsu makan anak, terjadi anemia (kekurangan darah merah), anak anda juga tampak lesu, sering mengalami sakit perut, dan mengalami kesulitan untuk focus pada suatu hal.

Memang pada awalnya sangat sulit untuk mendeteksi penyakit cacingan ini, karena gejala yang muncul sangat beragam dan biasanya tidak mendapat perhatian khusus dari orang tua. Bahkan, para dokter juga seing mengalami salah diagnosis terhadap penyakit yang satu ini.

Oleh sebab itu, untuk menghindari hal yang lebih berbahaya lagi, sebaiknya anda memberikan obat cacing pada anak anda selama sebulan sekali untuk membasmi cacing yang ada dalam tubuh mereka.

Selain itu, cacingan ini juga bisa terjadi pada orang dewasa dan biasanya akan lebih sulit lagi untuk didiagnosa. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya orang dewasa juga harus mengonsumsi obat cacing.

Inilah uraian singkat mengenai virus penyakit yang biasa ada pada anak. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • CONTOH VIRUS YANG ADA PADA ANAK-ANAK
  • penyakit nomor 1 pada balita