Sabun Susu Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit
September 26, 2012
Profil Cristiano Ronaldo Terlengkap
September 27, 2012

Tips Bersepeda di Perkotaan

Bersepeda memang merupakan suatu olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan. Bahkan, akhir-akhir ini bersepeda juga dijadikan salah satu bentuk rekreasi oleh banyak orang. Namun, bersepeda ini juga harus dilakukan di tempat yang benar.

Bila anda tinggal di lingkungan perkotaan, maka aktivitas bersepeda ini sulit sekali untuk dilakukan. Banyak sekali bahaya dan ancaman jika anda bersepeda di perkotaan. Seperti yang kita ketahui bahwa kota yang sekarang ini amatlah identik dengan polusi, debu, kemacetan, dan hal lainnya.

Oleh karena itu, sekarang ini jarang sekali kita temui masyarakat yang bersepeda di lingkungan perkotaan. Salah satu bahaya atau ancaman terbesar dalam bersepeda di perkotaan adalah kemacetan yang melanda, khususnya kota Jakarta.

Mereka yang tinggal di kota metropolitan itu lebih memilih menggunakan sepeda motor atau mobil untuk menghindari asap rokok, jadwal kereta yang tidak menentu, berdesak-desakan dengan penumpang lain, dan bahkan mereka menghindari kecopetan.

Namun, tetap saja pengguna motor dan mobil harus menghabiskan waktu mereka berjam-jam karena macetnya jalan di Jakarta. Mungkin anda juga sering mengalami hal seperti ini, pastinya anda akan merasa kesal, stress, dan lelah, belum lagi uang bahan bakar yang mahal.

Karena hal seperti ini muncul, munvullah beberapa kelompok pekerja urban yang menggunakan mode transportasi sepeda untuk berangkat dari tempat kerjanya. Tentunya bersepeda ini dilakukan untuk menghidari macet, mempersingkat waktu tempuh, dan tentunya menyehatkan tubuh.

Menurut para dokter dan ahli kesehatan, bersepeda memang menyehatkan. Bahkan, dengan bersepeda secara rutin tubuh kita akan terbentuk secara ideal. Selain itu, bersepeda juga dapat menghilangkan stress pada seseorang.

Namun, muncul pertanyaan apakah bersepeda di lingkungan yang berpolusi itu tetap menyehatkan ? Untuk memperoleh jawabannya, para peneliti terus meneliti hal tersebut dan kemudian situs USA Today membuktikan bahwa dengan melakukan bersepeda, meskipun hanya sebentar dan di tengah kemaceta, ternyata mampu meningkatkan resiko gangguan kesehatan yang lebih besar.

Hal ini karena dengan bersepeda di lingkungan yang tercemar, anda akan menghirup gas beracun dua kali lebih banyak dari pengendara mobil, karena orang yang bersepeda bernapas lebih dalam dan lebih cepat.

Gas yang dihirup oleh pengendara sepeda akan masuk melalui mulut atau hidung, kemudian menyebar ke paru-paru lewat darah. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada paru-paru dan jantung secara perlahan.

Adapun resiko lain yang muncul dari bersepeda di lingkungan perkotaan adalah empat kali lebih besar peluangnya untuk mengalami cedera atau bahkan meninggal dunia karena bersinggungan dengan mobil atau bus umum.

Namun, pada prinsipnya bersepeda itu memang menyehatkan, hanya saja anda juga harus melakukannya pada saat dan di tempat yang tepat. Oleh karena itu, akan disajikan tips bersepeda di perkotaan agar anda mendapatkan hasilnya.

  1. 1.      Pilihlah rute yang banyak pohonnya 

Pada umumnya, di jalanan akan dibangun sebuah rute dimana di samping kiri dan kanannya ditanami berbagai pohon yang besar dan tinggi. Rute tersebut disebut juga dengan jalur hijau. Sangat dianjurkan bagi anda yang mengendarai sepeda ke tempat kerja atau kemana saja untuk melalui rute tersebut.

Tahukah anda bahwa pohon-pohon dalam rute tersebut akan menghasilkan oksigen yang baik untuk kesehatan. Berbeda dengan jalanan yang dipenuhi oleh polusi udara. Dengan menghirup oksigen yang langsung dihasilkan oleh pohon, maka anda akan terhindar dari berbagai resiko kesehatan.

  1. 2.      Jangan bersepeda di belakang mobil 

Sebaiknya, anda menjaga jarak anda dengan mobil ataupun mobil besar yang biasanya menghasilkan asap hitam pekat, karena selain mengganggu kesehatan anda, bersepeda di wilayah seperti itu hanya akan meningkatkan resiko anda mengalami kecelakaan.

Jadi, sebaiknya anda jauhi mobil-mobil seperti itu agar anda terhindar dari berbagai resiko. Pilihlah rute yang sepi dan tidak bisa dilalui oleh mobil.

  1. 3.      Gunakan masker 

Untuk menghindari terjadinya berbagai gangguan pernafasan akibat polusi yang semakin parah, sebaiknya anda menggunakan masker atau penutup mulut ketika anda sedang mengendarai sepeda.

Inilah uraian singkat mengenai tips bersepeda di perkotaan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Incoming search terms:

  • pemeriksaan sitologi di daerah terpencil