Mengatasi Cidera Tulang Kaki
November 2, 2012
Kanker Tulang Salah Satu Penyakit Tulang Berbahaya
November 3, 2012

SESAK NAFAS MENGHAMBAT AKTIVITAS

Sesak nafas bukan lagi menjadi sebuah fenomena baru dalam kehidupan sehari-hari. Sesak nafas menghambat aktivitas memang merupakan sebuah fakta. Penyakit ini memang dapat mengganggu seseorang dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Sesak nafas merupakan pemicu awal atau gejala dari sebuah penyakit pernafasan, yang biasanya disebut dengan asma. Sesak nafas juga termasuk ke dalam salah satu jenis penyakit saluran pernafasan.

Seperti yang kita ketahui bahwa udara merupakan salah satu komponen utama yang diperlukan oleh manusia untuk hidup. Dengan keberadaan udara, maka manusia bisa bernafas dengan bebas. Meskipun udara itu tak berwujud dan berbentuk, namun udara bisa kita rasakan manfaatnya.

Apabila anda sering mengalami sesak nafas, ada kemungkinan bahwa anda terjangkit oleh penyakit asma. Penyakit asma ini tidak boleh diremehkan, karena penyakit pernafasan ini merupakan penyakit pembunuh nomor 5 di dunia.

Sesak nafas atau yang disebut sebagai dyspnea dalam dunia kedokteran merupakan penyakit yang datang secara tiba-tiba dan gejalanya belum diketahui dengan jelas. Sesak nafas adalah keadaan dimana kita menjadi sulit bernafas dan biasanya terjadi ketika kita melakukan aktivitas fisik.

Sesak nafas atau shortness of breath sebenarnya bisa berasal dari rangsangan (kombinasi impuls) dari saraf menuju otak yang kemudian berakhir di paru-paru, tulang iga, otot dada, atau pada diafragma ditambah dengan persepsi dan interpretasi pasien.

Pada beberapa kasus, sesak nafas bisa bertambah parah karena pada umumnya penderita akan merasa panic dan gelisah memikirkan penyebabnya. Sesak nafas banyak dideskripsikan, misalnya sesak nafas menghambat aktivitas, sesak nafas tidak menyenangkan, dan lainnya.

Sebenarnya, sesak nafas bukan hanya keadaan dimana manusia mengalami kesulitan bernafas saja, namun ada beberapa criteria yang membedakan antara satu jenis sesak nafas dengan sesak nafas lainnya, karena begitu banyak jenis sesak nafas yang ada.

Untuk lebih jelas mengenai sesak nafas menghambat aktivitas, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.      Macam-macam sesak nafas

Ada beberapa jenis sesak nafas yang telah diklasifikasikan oleh para ahli, yaitu :

a.      Sesak nafas akut

Merupakan sesak nafas yang terjadi secara tiba-tiba dan bahkan dapat membuat penderitanya masuk ke dalam ruang UGD. Penyebab sesak nafas jenis ini adalah adanya penyakit pernafasan (paru-paru), penyakit jantung, atau trauma dada.

b.      Sesak nafas kronis

Sesak nafas kronis adalah sesak nafas yang terjadi dalam waktu yang panjang (penyakit menahun), bisa disebabkan oleh asma atau penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), emfisema, terjadi inflamasi paru-paru, tumor, atau kelainan pada pita suara.

c.       Asma bronkiale

Merupakan sesak nafas yang sering terjadi pada penderita asma. Umumnya sering muncul pada saat menjelang pagi, udara dingin, dan keadaan banyak debu. Bisa juga disebabkan oleh riwayat alergi pada seseorang, misalnya alergi terhadap bulu binatang atau sebuk bunga. Selain itu, tekanan emosional dan stress juga bisa menyebabkan sesak nafas jenis ini

d.      Payah jantung

Payah jantung atau decompensatio cordis merupakan sesak nafas yang muncul akibat dari melakukan aktivitas fisik yang berat dan kurang istirahat pada seseorang. Sebaiknya, untuk mencegah munculnya sesak nafas seperti ini, anda berbaring pada bantal yang tinggi.

2.      Cara mengatasi sesak nafas

Apabila anda mengalami sesak nafas, sebaiknya segera ditangani sebelum menjadi hal yang lebih serius lagi. Sesak nafas menghambat aktivitas juga membuat tubuh kita merasa tidak nyaman. Anda bisa melakukan latihan pernafasan sebagai berikut :

–          Berbaring dan letakkan bantal di bawah kepala anda. Kemudian tekuklah lutut anda dan rilekskan perut anda senyaman mungkin.

–          Tekan perut dengan satu tangan secara perlahan namun cukup keras untuk menciptakan tekanan, sedangkan tangan lainnya letakkan di dada.

–          Kemudian bernafaslah secara perlahan dengan menggunakan otot-otot perut. Tangan yang berada diatas perut harus diangkat ketika bernafas dan letakkan kembali pada saat membuang nafas.

–          Setelah itu bernafaslah melalui mulut

–          Kemudian tahan nafas anda dan sambil menghitung satu, seribu, dua, seribu, tiga seribu.

–          Majukan bibir anda seperti bersiul dan buang nafas secara perlahan.

Inilah sekilas tentang sesak nafas menghambat aktivitas. Semoga bermanfaat.