Pola Makan Sehat Penderita Diabetes
December 13, 2014

PinA Menghambat Degradasi Hidrolisis ATP-Tergantung Degradasi Protein oleh Lon Protease #1

Lon protease dari Escherichia coli adalah suatu enzim oligomeric yang terdiri dari subunit 87-kDa yang identik. Setiap monomer Lon terdiri dari sebuah proyeolytic site dan sebuah ATP-binding site.Lon mempunyai aktifitas ATPase ayng diaktifkan oleh protein binding. Hidrolisis ATP diperlukan untuk degradasi protein, dimana binding ATP sendiri cukup untuk mengaktifkan pemecahan dari protein kecil yang tidak terstruktur dan oligopeptida.Untuk substrat protein dengan berat molekul besar, hdrolisis ATP dengan laju terbatas dan laju proteolisis secara langsung sebanding dengan laju hidrolisis ATP.

 

Substrat protein mengikat Lon pada dua tempat,proteolytic active site dan suatu “allosteric site” yang mungkin berada didaerah ATPase. Pemilikan tempat akhir oleh substrat yang potensial,seperti perkembangan polipeptida, pengaktifan aktifitas ATPase, dan peningkatan pemecahan pepetida dengan berat molekul besar. Mutan yeast Lon kekurangan aktifitas proteolytic tetapi mempunyai suatu ATPase utuh yang dapat merangsang pembentukan komplek protein, mengindikasikan bahwa Lon dapat mengkatalisis perubahan konformasi pada protain. Allosteric protein-binding site adalah tempat dimana motif degradasi spesifik pada protein dikenali dan menjadi bagian dari daerah katalisis untuk perkembangan protein. Kemampuan mengubah konformasi protein mungkin mengizinkan Lon membentuk protein secara parsial,memberikannya akses yang besar pada proteolytic active site.

 

Sel yang menyatakan gen T4 pinA adalah Lon secara fenotip, menyatakan bahwa PinA berfungsi menghambat Lon protease secara in vivo. Pada bahasan sebelumnya, kita tahu bahwa PinA yang murni membentuk suatu komplek dengan Lon protease dan menghambat aktifitas degradasi caseinnya secara in vitro. Disini, kita meneliti mekanisme dari penghambatan Lon oleh PinA dan menduga bahwa PinA  mengganggu penggabungan antara hidrolisis ATP dan degradasi protein, yang mungkin dengan pencegahan perkembangan protein oleh Lon.