Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Jantung Koroner
October 25, 2012
KUPAS TUNTAS KERACUNAN KEHAMILAN
October 25, 2012

PERTOLONGAN PERTAMA KORBAN KERACUNAN

            Pertolongan pertama korban keracunan harus segera di berikan sebab keracunan membuat penderita sangat gampang menuju kematian. Pertolongan pertama korban keracunan haruslah segera di berikan sebab  racun mempunyai sifat yang gampang berkembang dan menyebar ke bagian tubuh yang lain sehingga menyebabkan korban keracunan akan mengalami dampak yang berbahaya yang mengancam jiwa.

            Salah satu keracunan yang sering terjadi adalah Keracunan makanan sebab keracunan ini sangat mudah terjadi apabila kita sebagai konsumen makanan tidak cermat dalam menyimpan ataupun memasak makanan yang hendak kita konsumsi. Selain itu, jika bahan – bahan rumah tangga seperti pembersih atau deterjen yang sering anda gunakan ternyata juga mengandung bahan kimia yang berbahaya maka waspada apabila anak anak anda tiba tiba menelan deterjen atau bahan kimia tersebut. Karena jika ada bahan kimia yang terdapat di tubuh akan menyebabkan banyak hal atau dampak yang buruk bagi tubuh. untuk itu, korban keracunan perlu mendapatkan penanganan yang penting sesegera mungkin seperti Pertolongan pertama korban keracunan.

Penanganan darurat atau Pertolongan pertama korban keracunan yang bisa diberikan kepada korban keracunan antara lain sebagai berikut :

  1. Usahakan dengan cara  mengurangi kadar racun yang masih ada di dalam lambung jika racun tersebut tertelan dengan memberikan korban keracunan tersebut minuman yaitu air putih atau susu sesegera mungkin. Jangan memberikan jus buah atau asam cuka untuk menetralkan racun dalam tubuh apalagi memberikan alcohol sebab ada racun yang terdapat pada bahan kimia yang dapat llarut dalam alcohol.
  2. Usahakan juga untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dengan cara merangsang korban keracunan untuk muntah agardapat memuntahkan racun tersebut.
  3. Usahakan korban untuk muntah dengan wajah yang menghadap ke bawah dengan kepala menunduk lebih rendah dari badannya agar tak tersedak dapat juga dengan mengeluarkan lidah agar ludah tak membuat tersedak
  4. Jika korban keracunan ada maka  akan lebih baik anda membawanya ke dokter serta rumah sakit terdekat
  5. Jangan memberikan minuman minuman atau jangan berusaha memuntahkan isi perut korban bila ia dalam keadaan pingsan
  6. Jangan berusaha memuntahkan racun jika tidak tahu racun apa yang korban telan
  7. Jangan berusaha untuk memuntahkan racun atau isi perut korban bila menelan bahan – bahan seperti pembersih toilet, cairan antikarat, cairan pemutih, sabun cuci, bensin, minyak tanah, tiner serta cairan pemantik api. Sebab zat asam akan menyebabkan sebuah kerusakan yang lebih parah pada lambung atau esofagusnya jika dipaksa  dimuntahkan. Sedangkan produk BBM yang dimuntahkan akan dapat masuk ke paru – paru dan menyebabkan sesuatu hal yaitu pneumonia.  Yang akan berbahaya bagi tubuh.

beberapa zat yang dapat menimbulkan keracunan dapat berbentuk berikut :

  1. Padat misalnya benda benda berikut ini : obat – obatan, makanan makanan padat
  2. Gas misalnya CO
  3. Cair misalnya nya produk alcohol, bensin, minyak tanah, dan zat zat kimia lain

Seseorang dapat mengalami keracunan dengan cara  berikut ini yaitu :

  1. Tertelan melalui mulut yaitu ddefinisi nya adalah keracunan makanan, keracunan minuman
  2. Terhisap melalui hidung misalnya anda keracunan gas CO
  3. Terserap melalui kulit / mata, misalnya keracunan oleh zat kimia

Pertolongan pertama korban keracunan pada keracunan obat dan lain-lain dapat dilakukan :

  1. Berilah minuman seperti  susu / air untuk orang dewasa sekitar 3-4 gelas bagi orang dewasa yang keracunan, pada anak – anak sekitar 1 – 2 gelas. Kenaa pemberian susu di anjurkna karena hal ini di maksudkan untuk mengencerkan racun yang kita serap . Karena fungsi susu adalah sebagai penawar racun.
  2. Timbulkan atau buatlah reaksi muntah dengan cara menyentuh tenggorokan dengan ujung jari atau dapat juga di beri obat emetic yatu sejenis obat yang membuat muntah
  3. Bila dengan cara muntah pun tidak berhasil maka ada baiknya segera bawa kerumah sakit

jika anda mengalami keracunan minak bumi maka tindakan keracunan pada minyak bumi tersebut adalah :

  1. Berikan korban minum susu  ataupun air putih sebanyak 2 gelas namun jangan sampai  menimbulkan muntah ppada korban karena jika muntah racun dapat atau bisa masuk ke paru-paru
  2. Bila cara tersebut tidak berhasil dan malah semakin parah lebih baik bawa langsung ke ruamh sakit agar mendapatkan penanganan