Kanker Tulang Salah Satu Penyakit Tulang Berbahaya
November 3, 2012
Berbagai Jenis Penyakit Sendi
November 3, 2012

Penyakit Tulang Pada Manusia Osteoporosis

Osteoporosis atau terjadinya pengeroposan pada tulang ini merupakan panyakit umum yang sering terjadi pada tulang, terutama bagi mereka yang pada masa mudanya tidak menjaga kesehatan tulangnya dengan baik.

Tentunya osteoporosis bukan lagi menjadi suat hal yang baru di telinga anda, namun satu hal yang perlu anda ingat bahwa penyakit ini merupakan penyakit yang berbahaya dan memang pada umumnya menyerang orang dengan usia lanjut.

Namun seiring berjalannya waktu, penyakit ini juga banyak ditemui pada mereka yang masih muda. Banyak hal yang bisa membuat seseorang menderita penyakit ini, dan salah satu penyebab yang paling umum adalah pola makan dan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Apabila anda sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, maka makanan ini dapat berpotensi dalam merusak kesehatan tulang manusia, misalnya terjadi pengeroposan tulang atau osteoporosis ini dan pengapurang tulang.

Pada dasarnya, penyakit tulang bisa terjadi pada mereka yang jarang menggerakkan tulang mereka, misalnya mereka yang menghabiskan waktunya untuk duduk atau bermalas-malasan, atau mereka yang dituntut untuk duduk selama beberapa jam, misalnya pekerja kantoran.

Hal ini biasanya dapat mempercepat resiko terkena penyakit tulang apabila tidak dibarengi dengan olahraga yang sehat. Sebaiknya anda menjadwalkan olahraga dala jadwal kegiatan anda, paling tidak 15 menit dalam 1 hari untuk mencegah penyakit tulang ini.

Untuk lebih jelas, simaklah penyakit tulang pada manusia, osteoporosis yang akan disajikan dalam uraian yang berikut ini.

1.      Mengenal osteoporosis

Mungkin anda sering sekali mendegar penyakit tulang yang satu ini, terutama pada iklan-iklan susu untuk tulang. Dari semua iklan itu, pada umumnya mereka menyatakan bahwa dengan minum produk susu yang mereka tawarkan, maka anda akan terhindar dari osteoporosis.

Memang benar, salah satu penyebab terjadinya osteoporosis adalah penyerapan kalsium yang tidak sempurna pada tulang. Menurut istilah medis, osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas, berupa massa tulang yang rendah dan terjadinya penurunan terhadap kualitas tulang, sehingga tulang mudah sekali mengalami pengeroposan.

Pada umumnya, penyakit tulang yang satu ini terjadi pada wanita pasca menopause dan pria yang sudah berusia lanjut. Oleh sebab itu, selagi anda masih muda sebaiknya anda jaga kesehatan tulang anda sebaik mungkin.

2.      Jenis-jenis osteoporosis

Ada beberapa jenis osteoporosis yang menyerang manusia, diantaranya :

–          Osteoporosis primer – Merupakan osteoporosis yang sering menyerang wanita pasca menopause dan pria dengan usia lanjut. Sampai sekarang ini, penyebab pastinya belum dapat diketahui.

–          Osteoporosis sekunder – Merupakan osteoporosis yang disebabkan oleh berbagai penyakit, misalnya cushing’s disease, hyperthyroidism, hyperparathyroidism, hypogononadism, kelainan hepar, kegagalan ginjal kronis, kurang banyak bergerak, kebiasaan minum alcohol, pemakaian obat-obatan secara berlebihan, kelebihan minum minuman berkafein, dan kebiasaan merokok.

–          Osteoporosis anak – Merupakan jenis penyakit tulang yang biasanya menyerang anak-anak sesuai dengan namanya. Osteoporosis jenis yang satu ini sampai sekarang belum diketahui penyebab pastinya.

3.      Gejala osteoporosis

Pada umumnya, untuk mendeteksi penyakit ini dapat anda lihat dari kepadatan tulang anda yang semakin berkurang secara perlahan-lahan, terutama pada penderita osteoporosis senilis. Memang pada awalnya gejala osteoporosis cukup sulit untuk dideteksi.

Setelah kepadatan tulang yang berkurang secara perlahan, maka akan timbul rasa nyeri dan kelaianan bentuk pada tulang. Hal ini dapat menyebabkan tulang dapat hancur atau mengalami kolaps dengan mudah.

Selain itu, pada penderita osteoporosis umumnya apabila mereka mengalami trauma tulang atau patah tulang, maka proses penyembuhannya akan memakan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan orang normal.

4.      Cara mencegah osteoporosis

Tentunya kita semua ingin terhindar dari penyakit tulang yang berbahaya ini. Oleh sebab itu, simaklah cara mencegah osteoporosis yang berikut ini :

–          Sebaiknya anda banyak mengonsumsi kalsium untuk menjaga kepadatan tulang agar tidak menjadi rapuh dan keropos.

–          Jadwalkan juga olahraga dengan menggunakan beban, sehingga tulang senantiasa dapat bergerak.

–          Anda juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan untuk mendapatkan kepadatan tulang yang maksimal.

Inilah uraian singkat mengenai penyakit tulang pada manusia osteoporosis. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • jenis pengeroposan tulang pada manula wanita
  • jenis susu untuk sakit tulang
  • penyakit yang terdapat pada tulang
  • jenis penyakit tulang pada manusia
  • KENAPA TULANG MANUSIA BISA OSTEOPOROSIS
  • macam macam produk susu untuk sakit tulang
  • osteoporosis biasanya menyerang
  • pengapura tulang ginjal