MAKANAN YANG BISA MERANGSANG PEREMPUAN
October 23, 2012
BRONKITIS, JANGAN PERNAH DIREMEHKAN
October 23, 2012

PENYAKIT SALURAN PERNAFASAN SESAK NAFAS

Mungkin sebagian dari kita sudah pernah mengalami penyakit saluran pernafasan, sesak nafas misalnya. Pada umumna, semua penyakit saluran pernafasan pasti berhubungan dengan udara yang kita hirup.

Penyakit saluran pernafasan ini cukup serius dan dapat menimbulkan kematian apabila tidak ditangani secara benar dan cepat. Seperti yang kita ketahui bahwa udara merupakan salah satu unsur yang kita perlukan untuk hidup.

Udara memang tidak berwujud dan berbentuk, namun satu hal yang pasti udara itu sangat berguna bagi manusia. Ada banyak sekali penyakit saluran pernafasan di dunia ini. Salah satunya yang paling sering anda dengar mungkin adalah penyakit asma.

Penyakit asma tidak boleh diremehkan, karena penyakit ini merupakan penyakit pembunuh nomor 5 di dunia. Untuk lebih jelas mengenai penyakit saluran pernafasan, simaklah yang berikut ini.

a.      Penyakit saluran pernafasan

 

Penyakit saluran pernafasan merupakan infeksi saluran pernafasan yang biasanya terjadi selama 14 hari. Beberapa bagian dalam saluran pernafasan, misalnya hidung sampai organ di sekitarnya, seperti sinus, ruang telinga, telinga, dan selaput paru.

Pada umumnya penyakit saluran pernafasan ini bersifat ringan dan tidak berbahaya, misalnya batuk atau flu yang tidak memerlukan pengobatan dengan antibiotic. Namun, sebenarnya penyakit pada saluran pernafasan ini dibagi menjadi dua, yaitu pneumonia dan non pneumonia.

Penyakit ringan seperti, batuk, pilek, rhinitis, faringitis, tonsillitis, dan penyakit jalan nafas bagian atas lainnya termasuk ke dalam kategori non pneumonia. Penyakit saluran pernafasan bisa menular melalui air liur, darah, bersin, dan udara pernafasan yang di dalamnya terdapat kuman dan kemudian dihirup oleh orang sehat.

b.      Asma

 

Asma merupakan salah satu bentuk dari penyakit saluran pernafasan. Pada umumnya, penderita asma akan mengalami sesak nafas dan kesulitan dalam melakukan respirasi. Jika tidak segera ditangani, maka penderitanya bisa mati.

Sebaiknya, pada saat penderita asma mengalami sesak nafas segeralah anda berikan oksigen. Saat ini penyedia oksigen bukan hanya tabung oksigen dalam ukuran yang besar, namun sudah diciptakan inhaler yang merupakan persediaan oksigen dalam tabung kecil, sehingga sangat praktis untuk dibawa kemana-mana.

Memang sampai sekarang ini obat untuk penyakit asma belum ditemukan. Obat yang diberikan oleh dokter hanyalah merupakan obat yang digunakan untuk mencegah serangan asma dan pelonggar saluran pernafasan saja.

Namun, kebanyakan dari penderita asma akan mengonsumsi obat tersebut pada saat serangan asma menyerang, padahal obat tersebut digunakan untuk mengontrol serangan asma. Sebaiknya, anda mengonsumsi obat tersebut 3 atau 4 minggu sebelum serangan asma akan menyerang.

Untuk mengetahui kapan akan terjadinya serangan asma, sebaiknya anda kenali dulu apa yang menjadi penyebab asma dan kemudian konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan obat yang benar.

Penyebab asma itu sangatlah banyak dan berbeda-beda pada setiap penderitanya. Namun, penyebab penyakit asma yang paling umum adalah karena reaksi alergi pada berbagai hal tertentu. Misalnya karena polusi udara, asap rokok, bau parfum yang terlalu menyegat, makanan jenis tertentu, cuaca dingin dan lainnya.

Selain itu, tekanan emosional dan stress juga dapat memicu terjadinya serangan asma pada seseorang. Oleh karena itu, sebaiknya penderita asma selalu membawa obat atau alat bantu oksigen kemanapun ia pergi.

c.       Penyembuhan asma dengan daging hewan

 

Pada umumnya, penyakit asma akan kambuh apabila penderitanya mengalami kecapekan, stress, rasa dingin, atau mengalami shock sehingga nafasnya menjadi tidak teratur. Parahnya, obat untuk penyakit asma ini belum ditemukan. Oleh karena itu anda bisa mencoba berbagai alternatif penyembuhan lainnya, misalnya dengan daging hewan.

Daging monyet, kelelawar, dan tupai dipercaya oleh sebagian masyarakat dapat menyembuhkan penyakit asma. Tentunya ketiga jenis daging ini dikonsumsi dalam kondisi matang. Sudah banyak orang yang mencoba mengonsumsi daging ini.

Hasilnya, mereka merasakan bahwa saluran pernafasan mereka menjadi lebih lega dan rasa sesak menjadi berkurang. Memang belum ada bukti ilmiah yang menyatakan seperti itu, namun apa salahnya anda mencoba ?

Memang pasti anda merasa jijik untuk mengonsumsi ketiga daging tersebut, namun bila ternyata terbukti efektif tidak ada salahnya bukan ? inilah uraian singkat mengenai penyakit saluran pernafasan sesak nafas. Semoga bermanfaat.