MENCEGAH DAN MENGOBATI REMATIK
October 26, 2012
Herpes Genitalis, Penyakit Kelamin yang Immortal
October 27, 2012

PENYAKIT REMATIK PENYAKIT MULTI WAJAH

Penyakit rematik tentunya bukan lagi menjadi hal asing bagi kita semua. Istilah rematik sudah menyebar ke seluruh belahan dunia dan menjangkit banyak orang. Namun, perlu anda ingat bahwa penyakit rematik bukanlah penyakit menular.

Sebutan penyakit reumatik penyakit multi wajah ini memang sesuai dengan penyakit ini, hal ini mungkin karena banyak sekali jenis variatif dari penyakit ini, setidaknya ada 150 jenis. Mungkin persepsi kita mengenai penyakit ini masih cukup terbatas.

Sering kali kita beranggapan bahwa penyakit ini hanya dapat dialami oleh orang yang sudah tua renta saja. Namun, sebaiknya anda buang pemikiran seperti itu jauh-jauh, karena penyakit ini ternyata juga bisa menyerang kaum muda lho.

Penyakit reumatik penyakit multi wajah sebenarnya adalah penyakit yang menyerang sistem musculoskeletal yang terdiri dari sendi, otot, tulang, jaringan ikat atau yang sering disebut sebagai ligament.

Penyakit ini ditandai dengan timbulnya rasa nyeri dan kaku pada sendi, karena terjadi proses pengapuran, peradangan atau pembengkakan (arthritis) karena cairan yang memenuhi rongga sendi. Namun, terlepas dari itu penyakit ini juga dapat menyerang bagian lain, misalnya jantung, ginjal, lambung, bahkan mata.

Wah, berbahaya sekali bukan penyakit rematik itu ? Untuk lebih jelas mengenai penyakit reumatik penyakit multi wajah, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.      Gejala penyakit rematik

Ada beberapa gejala penyakit rematik yang perlu anda perhatikan dengan cermat, diantaranya :

–          Pada umumnya akan terasa nyeri dan ngilu pada sistem musculoskeletal atau kekakuan pada anggota gerak tubuh, misalnya jari, pergelangan atau sendi-sendi gerak.

–          Akan terjadi peradangan atau pembengkakan pada beberapa bagian anggota tubuh

–          Biasanya gejala awal yang ditunjukkan oleh penderita adalah kesulitan bergerak

–          Adanya gangguan kerja pada organ dengan tanda-tanda menyerupai sakit pada organ tersebut. Misalnya penyakit rematik jantung, akan terlihat seperti sesak nafas, gangguan irama jantung dan lain sebagainya.

2.      Penyebab rematik

Penyakit reumatik penyakit multi wajah yang berarti penyakit ini memiliki banyak sekali jenis, sehingga sulit sekali diidentifikasi setiap penyebab dari jenis-jenis tersebut, namun anda tidak perlu khawatir karena ada jenis penyakit rematik yang sering terjadi di Indonesia sudah bisa dideteksi penyebabnya, diantaranya :

–          Rematik arthritis atau AR, yaitu terjadinya peradangan pada sendi yang diakibatkan oleh penggunaan sendi secara berlebihan, faktor obesitas, atau adanya infeksi yang disebabkan oleh kuman.

–          Osteoarthritis atau OR, yaitu permasalahan pada tulang, terutama pada tulang rawan yang berada di sekitar persendian karena adanya proses pengapuran.

–          Gout arthritis, yaitu peradangan pada sekitar sendi karena adanya produksi asam urat yang berlebihan.

–          Arthritis autoimmune, yang disebabkan adanya sistem imunitas tubuh yang memproduksi antibody yang menyerang tubuh sendiri. Hal ini bisa disebabkan karena faktor genetis atau adanya infeksi

–          Rematik otot atau myalgia rheumatoid, yaitu permasalahan pada otot yang diakibatkan oleh penggunaan secara berlebihan (overuse), bisa disebabkan oleh infeksi kuman atau permasalahan genetis.

–          Rematik sistematis yang pada umumnya menyerang organ-organ tertentu. Apabila bagian yang diserang adalah jantung, maka dapat menyebabkan kematian pada penderitanya.

3.      Siapa saja yang bisa terkena rematik ?

Sebenarnya persepsi bahwa penyakit rematik hanya menyerang orang tua saja, merupakan persepsi ang tidak berdasar. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tanpa ada batasan usia, jenis kelamin dan lainnya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan resiko terkena rematik lebih besar, diantaranya :

–          Pada umumnya, kebanyakan penyakit ini menyerang orang yang kegemukan atau mengalami obesitas

–          Biasanya penyakit ini juga ditemukan pada orang yang menderita asam urat.

–          Penyakit ini juga dijumpai pada orang yang menderita penyakit autoimun

–          Penyakit ini juga bisa mneyerang pada olahragawan yang sering menggunakan alat geraknya secara aktif.

–          Penyakit ini juga bisa diwariskan pada generasi berikutnya, karena penyakit ini bersifat bawaan. Sebaiknya anda memeriksa riwayat kesehatan keluarga anda.

Inilah uraian singkat mengenai penyakit reumatik penyakit multi wajah. Perlu anda ingat bahwa kesehatan merupakan harta yang tak ternilai. Semoga bermanfaat.