Teror Virus Anthrax yang Menjadi Senjata Biologis
November 27, 2012
KLEBSIELLA, GOLONGAN BAKTERI PENGGANGGU SALURAN PERNAFASAN
November 28, 2012

PENYAKIT PADA BAGIAN-BAGIAN MATA

Meskipun terlihat amat sederhana, namun sebenarnya bola mata manusia memiliki struktur yang begitu kompleks dan rumit. Bagian-bagian pada mata ini sangatlah penting dan apabila terjadi gangguan pada satu bagian saja, maka seluruh sistem akan ikut terganggu.

Tentunya tanpa mata, manusia akan mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitasnya. Tanpa adanya kehadiran mata, maka segala sesuatu akan menjadi gelap dan tidak jelas. Sebagai bentuk syukur kita terlahir dengan bola mata yang sempurna, sebaiknya kita menjaga kesehatan mata kita.

Hal ini karena banyak sekali penyakit pada bagian bagian mata. Sebenarnya, memerhatikan kesehatan mata ini gampang-gampang sulit. Gampangnya adalah karena kita bisa melakukannya sendiri, namun sulitnya adalah karena kita malas.

Padahal, tidak ada ruginya bila kita rajin memperhatikan kesehatan mata kita, karena mata adalah jendela dunia. Segala ekspresi yang kita tampilkan bisa dilihat melalui mata. Biasanya kesehatan mata juga dipengaruhi oleh gaya hidup seseorang.

Apabila anda sering membaca sambil tiduran dan anda membaca di tempat yang redup, maka sebaiknya anda hindari atau bahkan hapuskan kebiasaan jelek itu. Tempat-tempat seperti itu tidak cocok untuk membaca dan apabila anda memaksakannya, maka mata akan bekerja ekstra keras.

Sebenarnya, mata dapat melihat karena bantuan cahaya. Apabila cahaya yang diterima oleh mata sangat sedikit, maka secara otomatis mata akan bekerja lebih keras. Hal inilah yang kemudian akan merusak mata anda.

Sebaiknya anda memperbanyak konsumsi vitamin A yang banyak terkandung di dalam wortel untuk menjaga kesehatan mata anda. Untuk lebih jelas mengenai penyakit pada bagian bagian mata, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.      Bagian-bagian mata

 

Ada dua bagian di dalam mata, yaitu bagian dalam dan luar.

a.      Bagian dalam

 

Pada bagian dalam mata, ada beberapa bagian yang sangat penting, yaitu :

–          Kornea – merupakan bagian depan mata yang dilapisi oleh selaput cahaya

–          Pupil – berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya yang masuk

–          Iris – berfungsi untuk memberikan warna pada mata

–          Lensa mata – merupakan lensa yang berfungsi untuk mengatur pembiasan

–          Retina – merupakan selaput belakang mata yang berguna untuk menangkap bayangan

–          Otot siliar – berfungi untuk mengatur tebal atau tipisnya lensa mata

b.      Bagian luar mata

 

Meskipun berada di bagian luar, bukan berarti bahwa bagian ini tidak penting. Bagian ini juga penting, yaitu

–          Kelopak mata – yang senantiasa berkedip dan berfungsi untuk mencegah masuknya kotoran dari luar

–          Alis mata – Berfungsi untuk mencegah keringat dari dahi masuk ke dalam mata

–          Kelenjar air mata – berfungsi untuk mencegah mata dari kekeringan dan mengeluarkan kotoran pada mata.

2.      Penyakit pada bagian-bagian mata

 

Ada beberapa penyakit yang bisa menyerang bagian-bagian pada mata, di antaranya adalah :

–          Miopi atau yang biasanya disebut sebagai rabun jauh. Penderita miopi ini kebanyakan adalah pelajar. Adapun bagian mata yang ikut terganggu, retina, kornea, dan pupil mata.

–          Hipermetropi atau rabun dekat. Penyakit ini adalah kondisi dimana penderitanya tidak bisa melihat benda yang terlalu dekat. Bagian yang ikut terganggu adalah retina dan kornea

–          Presbiopi merupakan penyakit mata dimana penderitanya tidak bisa melihat benda jauh maupun dekat. Hal ini biasanya disebabkan karena faktor usia. Bagian yang terpengaruh oleh penyakit ini adalah lensa mata.

–          Kebutaan merupakan penyakit yang paling parah bagi mata, karena penderitanya tidak bisa melihat apa-apa. Kebutaan ini biasanya terjadi karena faktor kelahiran ataupun karena kecelakaan. Biasanya penderita kebutaan ini akan menggunakan huruf Braille untuk membaca.

–          Buta warna merupakan penyakit pada mata, dimana penderitanya tidak mampu membedakan warna-warna. Mereka hanya bisa membedakan warna netral saja, yaitu hitam, putih, dan abu-abu. Penyakit ini juga merupakan penyakit yang bersifat keturunan.

–          Katarak merupakan penyakit yang membuat mata penderitanya menjadi buram. Kebanyakan penderita katarak adalah orang yang sudah tua. Bagian yang diserang oleh penyakit ini adalah lensa mata. Lensa akan kesulitan dalam menerima cahaya yang masuk.

Inilah sekilas mengenai penyakit pada bagian bagian mata. Semoga bermanfaat

 

Incoming search terms:

  • bagian mata yang diserang ketika buta warna