Mencegah Penyakit Jantung Agar Tidak Parah
October 25, 2012
Menghindari Serangan Penyakit Jantung
October 25, 2012

Penyakit Jantung Hipertensi Salah Satu Pembunuh Terbesar

Sudah menjadi rahasia umum bahwa penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor 2 yang paling berbahaya di dunia setelah penyakit kanker. Penyakit jantung dapat menyerang siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.

Penyakit jantung memang tidak termasuk dalam kategori penyakit menular, namun penyakit ini bersifat menurun, artinya pernyakit ini dapat diwariskan secara turun temurun. Sebaiknya, anda melakukan pengecekan terhadap riwayat kesehatan keluarga anda.

Apabila penyakit jantung merupakan salah satu riwayat kesehatan keluarga anda, entah itu dialami oleh kakek atau nenek anda, maka ada kemungkinan bahwa anda juga akan terjangkit oleh penyakit ini.

Untuk lebih jelas lagi, anda bisa langsung melakukan pengecekan di rumah sakit. Ingat lebih baik mencegah dari pada mengobati karena penyakit jantung hipertensi salah satu pembunuh terbesar. Hal yang paling ditakuti oleh penderita penyakit jantung adalah serangan jantung.

Serangan jantung adalah sebuah keadaan yang dapat terjadi secara tiba-tiba, dimana kinerja jantung menjadi tidak optimal, karena aliran darah yang mengalir ke jantung tidak cukup. Tanpa adanya aliran darah ke jantung, maka sel-sel di dalam jantung akan mati. Kematian sel ini dapat membuat jantung tidak melakukan tugasnya dengan baik, yaitu berhenti memompa darah.

Apabila hal ini terus dibiarkan atau tidak ditangani dengan cepat, maka dapat menimbulkan kematian pada penderitanya. Seiring dengan berjalannya teknologi dan perkembangan jaman yang begitu pesat, namun sayangnya hal ini tidak berlaku bagi penderita penyakit jantung.

Hal ini dikarenakan hingga saat ini belum ditemukan cara mengobati penderita penyakit jantung agar sembuh secara total. Para tenaga medis hanya mampu mengobati keadaan dimana serangan jantung telah terjadi atau hanya memberikan solusi untuk menghindari terjadinya serangan jantung.

Oleh karena itu, wajar saja penyakit jantung hipertensi salah satu pembunuh terbesar. Untuk lebih jelas mengenai penyakit jantung hipertensi salah satu pembunuh terbesar, simaklah uraian berikut ini.

1.      Faktor penyebab

Salah satu jenis penyakit jantung yag ditimbulkan dari hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit jantung koroner. Sama halnya dengan penyakit kanker, penyakit jantung juga memiliki banyak jenis dan penyakit jantung koroner merupakan salah satu darinya.

Banyak sekali faktor penyebab terjadinya pengendapan penyakit jantung pada seseorang. Kasus paling umum adalah merupakan faktor genetic. Kebanyakan penderita penyakit jantung merupakan warisan dari generasi sebelumnya.

Namun, ada pula hal lain yang menyebabkan penyakit jantung, misalnya diabetes, kolestrol yang tinggi, obesitas, stress dan depresi, merokok, suka minum minuman beralkohol dan hipertensi. Oleh karena itu, sebaiknya anda menjaga pola makan dan ikuti gaya hidup sehat. Hindari juga – kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan jantung anda.

2.      Cara menjaga kesehatan jantung

Banyak sekali cara menjaga kesehatan jantung yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pertama sekali tentunya anda harus mengenali gejala penyakit jantung, karena banyak sekali jenis-jenis penyakit jantung.

Setelah anda mengenalinya, sebaiknya konsultasikan kepada dokter atau ahli gizi untuk membantu menyusun pola makan anda. Kemudian, apabila anda positif terkena penyakit jantung, sebaiknya segera melakukan pengobata, karena apabila anda menundanya maka penyakit ini akan semakin parah dan bahkan mungkin dilakukan pembedahan.

Ada beberapa cara yang bisa anda jadikan panduan dalam menjaga kesehatan jantung, diantaranya adalah :

–          Sangat dianjurkan bagi anda untuk mengatur jadwal olahraga secara rutin dan teratur. Usahakan anda tidak memaksakan diri, namun jangan terlalu santai pula (bagi penderita penyakit jantung), karena bag penderita penyakit ini biasanya jantung akan melemah, sehingga dengan melakukan aktivitas fisik yang baik maka dapat memicu kerja jantung.

–          Apabila anda mempunyai kebiasaan merokok, sebaiknya anda berhenti karena rokok sudah terbukti 100% tidak baik bagi kesehatan, apalagi bagi jantung. Apabila anda bukan perokok, sebaiknya anda jauhi perokok aktif, karena aspa rokok juga mengandung racun.

–          Kurangi makanan yang berkolestrol tinggi dan makanan yang dimasak dengan minyak jenuh, misalnya gorengan.

–          Sebaiknya anda tetap menjaga bentuk tubuh anda, karena kegemukan bisa menjadi salah satu penyebab serangan jantung.

Inilah sekilas mengenai penyakit jantung hipertensi salah satu pembunuh terbesar. Semoga bermanfaat.