Pola Hidup yang Kurang Baik Bagi Kesehatan
October 21, 2012
LANGKAH PERTOLONGAN PERTAMA PADA PENYAKIT JANTUNG
October 23, 2012

PENGOBATAN KATARAK

Seperti yang telah kita tahu sebelumnya, mata merupakan salah satu alat indera yang sangat sensitive. Bila tidak di jaga baik – baik maka akan terkena berbagai jenis penyakit mata seperti penyakit satu ini yaitu katarak mata. Penyakit ini termasuk jenis penyakit yang cukup berbahaya. Katarak mata lebih memungkin kan menyerang orang yang sudah lanjut usia atau yang sudah tua. Tapi bukan berarti anak – anak tidak akan kena. Kemungkinan juga bisa menyerang anak kecil walau jarang. Di Indonesia sendiri, Negara Indonesia merupakan Negara dengan penderita katarak mata terbanyak atau tertinggi di asia tenggara. Kalau mendengar hal ini tentu sangat memperihatinkan.

Katarak mata mempunyai arti yaitu suatu keadaan dimana lensa pada mata kita berubah menjadi warna keputihan atau menjadi keruh. Putihnya lensa pada mata ini terjadi karena adanya kumpulan protein. Akibat lensa mata yang mengeruh, maka ketika mata melihat suatu benda maka bayangan dari benda tersebut tidak dapat disampaikan ke syaraf penglihatan. Dan resiko terparah yang diterima ialah kebutaan. Pada umumnya penederita katarak akan mengetahui bahwa ia menderita katarak ketika keadaan sudah semakin parah.

Penyakit katarak mata mempunyai 2 tipe, dimana masing-masing tipe mempunyai jenis-jenis katarak mata. Tipe yang pertama yaitu berdasarkan penyebabnya terbagi menjadi 3 jenis yaitu :

  1. Katarak yang di sebabkan oleh bertambah nya umur seseorang.
  2. Katarak yang menyerang anak bayi atau disebut congenital. Penyebab katarak ini biasa nya terjadi karena perkembangan yang buruk waktu di kandungan ibu nya.
  3. Bahkan cedera bisa juga menyebabkan katarak. Katarak ini dinamakan katarak traumatic.

Selain tipe yang di atas, terdapat juga tipe kedua yang berdasarkan tempat pembentukannya terbagi menjadi 3 jenis yaitu :

  1. Katarak inti, katarak ini merupakan katarak yang hanya terjadi di tengah lensa mata dimana disebabkan oleh penuaan alami dan terus berkembang.
  2. Katarak kortikal. Katarak yang menyerang penderita diabetes ini diartikan sebagai katarak yang terjadi di luar lensa mata dimana akan muncul sebuah garis putih di depan lensa mata.
  3. Katarak subkapsular. Katarak ini menyerang bagian belakang lensa mata dan merupakan salah satu katarak mata yang sangat berdampak buruk bagi penglihatan bagi si penderita.

Selain penjelasan diatas, katarak mata ternyata dapat juga disebabkan oleh polusi udara, asap rokokdan juga pengaruh minuman alcohol.

Adapun juga gejala – gejala dari terjadinya katarak mata. Gejala ini kerap kali baru terasa bila keadaan katarak sudah parah. Berikut adalah gejala dari katarak mata :

v  Penglihatan yang terjadi pada penderita perlahan akan kabur. Dan yang paling terasa ialah pada sore hari atau pun malam hari.

v  Penderita akan merasa sangat kesilauan bila mata nya terkena cahaya yang terang sepeti cahaya matahari dan sebagainya.

v  Si penderita akan boros ganti kacamata terus menerus. Ini dilakukan mereka agar mendapatkan penglihatan yang jelas serta nyaman.

v  Bila penderita memandang sesuatu maka aka nada yang menghalangi. Bentuknya seperti awan gitu.

v  Penglihatan yang terjadi kerap kali terasa buram. Bila kita melihat sesuatu maka akan terasa melihat kaca yang gelap.

v  Gejala berikut nya dimana mata akan terus mengeluarkan air mata dan disertai rasa yang gatal.

v  Bola mata akan berubah jadi putih dan bila katarak mata sudah parah maka akan terjadi kebutaan.

Karena katarak mata ini sulit di deteksi maka secara umum belum ada pencegahan yang pasti. Namun bila ingin melakukan mungkin dapat dengan cara mengkonsumsi makanan sehat yang bagus untuk penglihatan selain itu dapat juga melakukan pengecekan terhadap dokter.

Ada juga cara pengobatan katarak yang dapat dilakukan. Meskipun pengobatan katarak mata biasanya adalah operasi. Berikut ada 3 cara pengobatan katarak pada mata secara operasi yaitu antara lain :

v  Fakoemilsifikasi.

Operasi yang satu merupakan operasi yang paling sering dilakukan. Operasi ini tidak memerlukan alat pemati rasa yang banyak. Operasi ini dilakukan dengan menggunakan bilah ultrasonic yang dapat menyebabkan keruh pada kornea menjadi hancur.

v  Pembedahan intrakapsuler

Operasi ini jarang dilakukan karena terkenal rumit dimana dokter bedah harus mengekuarkan lensa mata secara utuh kemudian memasukkan pengganti didepan iris.

v  Pembedahan ekstrakapsuler

Hampir sama dengan intrakapsuler Cuma operasi ini menggunakan metode penghancuran pada keruh lensa apabila tidak mampan dengan operasi fakoemilsifikasi.