Menghindari Serangan Penyakit Jantung
October 25, 2012
PERTOLONGAN PERTAMA KORBAN KERACUNAN
October 25, 2012

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Jantung Koroner

Penyakit jantung memang tidak ada habisnya untuk dikupas lebih lanjut. Penyakit yang dinyatakan oleh WHO sebagai penyakit pembunuh nomor 2 setelah kanker ini sangatlah berbahaya bagi kesehatan dan dapat menimbulkan kematian seketika bagi penderitanya.

Penyakit jantung terdiri dari berbagai jenis, namun semuanya sama-sama mematikan. Seiring dengan adanya modernisasi dan globalisasi, kehidupan manusia semakin maju dan dipermudah. Akan tetapi, kesehatanmanusia tidak mengalami peningkatan.

Bahkan, tingkat kesehatan manusia semakin menurun, hal ini ditandai oleh semakin rendahnya angka harapan hidup masyarakat. Selain itu, muncul berbagai macam jenis makanan yang tidak lagi memperhatikan nilai gizi dan kesehatan.

Makanan-makanan yang muncul hanyalah makanan yang menjadi sumber penyakit saja. Salah satu dari penyakit yang dihasilkan adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner merupakan jenis dari penyakit jantung yang paling banyak diderita oleh orang-orang.

Penyakit jantung sudah menyebar ke seluruh dunia dan tidak lagi menjadi penyakit yang asing bagi kita semua. Namun, menyebar yang dimaksud bukan berarti penyakit ini bersifat menular. Penyakit ini tidak menular, namun bersifat keturunan.

Artinya, penyakit ini bisa diwariskan dari generasi ke generasi. Apabila riwayat kesehatan keluarga anda terdapat penyakit jantung, maka ada kemungkinan bahwa anda juga dapat mengidap penyakit ini. Sebaiknya segera periksakan diri anda ke rumah sakit untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Pencegahan dan pengobatan penyakit jantung koroner sebenarnya tidaklah sulit dan sudah banyak dijalani oleh penderitanya. Beberapa diantara mereka bahkan tidak lagi menunjukkan gejala akan terjadinya serangan jantung.

Pada hakikatnya, hal yang paling ditakuti dalam penyakit ini adalah serangan jantung. Serangan jantung adalah kondisi dimana aliran darah tidak sampai ke jantung, sehingga sel-sel di dalam jantung mati. Kematian sel ini kemudian membuat jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh.

Apabila hal ini terjadi dan terlambat ditangani, bahkan dalam beberapa detik saja maka penderitanya bisa mati. Oleh karena itu, simaklah cara pencegahan dan pengobatan penyakit jantung koroner yang akan disajikan berikut ini.

1.      Pencegahan penyakit jantung koroner

Sebagai penyakit pembunuh yang mematikan, serangan jantung pada penderita penyakit jantung koroner ini bisa terjadi secara mendadak. Penyakit jantung koroner sebenarnya disebabkan oleh pola kehidupan yang dipilih oleh seseorang.

Oleh sebab itu, untuk pencegahannya dapat dilakukan pola gaya hidup yang sehat. Selain itu, penderita juga sebaiknya berhenti dari kebiasaan buruk yang mereka lakukan, misalnya kebiasaan merokok.

Merokok sudah terbukti tidak baik bagi kesehatan, apalagi kesehatan jantung. Senyawa yang terdapat di dalam rokok hanyalah berupa racun yang mematikan saja. Oleh sebab itu, mulailah berhenti merokok dari sekarang dan hindari juga asap rokok.

Pencegahan dan pengobatan penyakit jantung koroner juga bisa dilakukan dengan menghentikan kebiasaan minum alcohol atau makan makanan cepat saji. Sebaiknya anda makan berdasarkan kualitas dibandingkan dengan kuantitas. Perbanyak juga sayuran dan buahan yang berserat.

Selain itu, perlu juga anda hindarkan rasa malas berolahraga. Paling tidak, sisihkan 1 menit setiap harinya dalam kehidupan anda untuk berolahraga. Anda bisa mencoba berenang ataupun jogging. Ingat detak jantung anda sangatlah berharga bagi keluarga dan kerabat anda semua.

2.      Pengobatan penyakit jantung koroner

Sebaiknya anda menjalani pengobatan herbal, karena apabila anda terus menerus mengonsumsi obat, maka ginjal anda akan menjadi sakit dan tidak berfungsi dengan normal. Untuk pengobatan herbal, simaklah yang berikut ini :

 

–          Sediakan 1 atau 3 buah mengkudu yang sudah matang dan kemudian cucilah sampai bersih dan dipotong-potong.

–          Selanjutnya, potongan tersebut haluskan dengan menggunakan blender dan tambahkan sedikit air.

–          Kemudian rebuslah hingga mendidih dan tambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit

–          Atau anda juga bisa menggunakan angco yang sudah dibuang bijinya untuk dicampurkan dengan jus mengkudu yang akan anda konsumsi tersebut.

–          Kemudian, minumlah secara rutin dan teratur agar anda terhindar dari serangan jantung. Usahakan minum segera setelah diblender agar buah tidak kehilangan zat pentingnya.

 

Inilah sekilas mengenai cara pencegahan dan pengobatan penyakit jantung koroner. Semoga artikel ini bermanfaat.