MENGETAHUI PERTOLONGAN PERTAMA PADA PATAH TULANG
October 25, 2012
Mencegah Penyakit Jantung Agar Tidak Parah
October 25, 2012

Menjaga Diet Penyakit Jantung

Bagi penderita penyakit jantung, kematian itu selalu bisa terjadi setiap saat apalagi bagi mereka yang kurang menjaga kesehatan jantungnya. Penyakit jantung termasuk ke dalam kategori penyakit tidak menular namun berbahaya.

Penyakit jantung merupakan penyakit pembunuh nomor 2 di dunia, yang artinya penyakit ini sudah banyak merengut nyawa manusia. Oleh karena itu, sebaiknya penderita jantung menjaga diet penyakit jantung untuk menghidari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut.

Menjaga diet penyakit jantung merupakan salah satu cara untuk menguragi resiko terjadinya serangan jantung dengan cara menguruangi beban kerja jantung agar tidak terlalu berat. Selain itu, perlu anda ingat bahwa ketika serangan jantung terjadi, sebaiknya anda segera memberikan pertolongan dengan cara membawa penderita ke rumah sakit.

Jangan samapi terlambat, karena keterlambatan tersebut dapat menghilangkan nyawa seseorang. Penyakit jantung memang bukanlah penyakit menular, namun penyakit ini bersifat keturunan. Artinya, apabila seseorang dalam riwayat kesehatan keluarga anda ada yang mengidap penyakit jantung, maka anda juga memiliki resiko untuk mengidap penyakit ini.

Jadi, sebaiknya anda lakukan pengecekan pada riwayat kesehatan keluarga anda atau anda juga bisa langsung mengecek kesehatan jantung anda di rumah sakit. Sebaiknya anda mencegah sebelum mengobati, meskipun kiasan ini kurang tepat apabila dikaitkan dengan penyakit ini. Karena, penyakit jantung hingga saat ini belum ditemukan obatnya.

Sudah banyak penelitian yang terkait dengan penyakit ini dan perkembangan teknologi yang sampai sekarang ini juga belum bisa menemukan obat penyakit jantung. Dunia medis hanya bisa menanggulangi efek dari serangan jantung dalam beberapa periode, namun serangan jantung bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Untuk lebih jelas mengenai penyakit jantung dan menjaga diet penyakit jantung, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.      Cara diet penyakit jantung

 

Menjaga diet penyakit jantung sebaiknya dilakukan dengan cara yang benar, bukan dengan cara yang menyiksa penderitanya. Memang cukup sulit untuk menjaga diet penyakit jantung ini, karena banyak sekali pantangan yang diharuskan bagi penderita.

Sebaiknya anda membuat daftar menu pemenuhan gizi dengan memperhatikan apa saja yang perlu dihindari dan apa saja yang boleh dikonsumsi oleh penderita. Setelah itu, olahlah makanan tersebut ke dalam bentuk yang dapat membangkitkan selera.

Menjaga diet penyakit jantung dilakukan dengan harapan agar penderita penyakit jantung dapat menurunkan kadar lemak dan kolestrol di dalam tubuh, bahkan juga mencegah terbentuknya plak baru di dalam tubuh.

2.      Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan

 

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan oleh penderita penyakit jantung, diantaranya :

–          Sebaiknya penderita menyesuaikan kalori makanannya dengan berat badan yang ia miliki

–          Pastikan bahwa komposisi karbohidrat, protein, dan lemak yang masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang seimbang

–          Selain itu, konsumsi juga vitamin dan mineral yang cukup

–          Jadwalkan juga dengan baik jadwal makan dan sebaiknya dalam porsi kecil, namun sering

–          Untuk asupan karbohidrat, sebaiknya hindari dari nasi semua, anda bisa menggantinya dengan biji-bijian, sayuran, atau buah-buahan.

–          Perbanyak juga pengonsumsian sayuran dan buahan yang mengandung serat tinggi

–          Untuk memenuhi sumber protein, sebaiknya anda gunakan ikan sebagai alternatif pertama, kemudian baru daging ayam atau lainnya. Untuk sumber protein nabati, dapatkan dari tempe atau tahu.

–          Sebaiknya anda banyak mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 yang bisa didapatkan dari ikan atau kedelai dan kacang-kacangan.

–          Perlu anda ingat bahwa anda juga harus mengubah cara memasak anda. Bila selama ini anda menyajikannya dalam bentuk digoreng, sebaiknya anda ganti menjadi dikukus atau direbus.

–          Sebaiknya anda sajikan juga makanan yang mudah dicerna dan tidak menimbulkan banyak gas dalam perut.

3.      Hal yang perlu dihindari

 

Ada beberapa hal yang perlu anda hindari, misalnya :

–          Gula yang berlebihan

–          Minuman beralkohol atau bersoda

–          Makanan pada kalori, misalnya tart atau kue

–          Makanan yang mengandung banyak lemak dan minyak

–          Makanan yang mengandung bahan kimia, misalnya pengawet dan pewarna

Ini;ah uraian singkat mengenai menjaga diet penyakit jantung. Semoga bermanfaat.