HATI – HATI, STROKE BISA DIDERITA PADA USIA MUDA
September 17, 2012
Kewajiban Menjalankan Kode Etik Kedokteran
September 18, 2012

Mengupas Tuntas Kapita Selekta Kedokteran

Istilah kapita selekta kedokteran, masih merupakan istilah yang cukup asing di telinga orang awam. Namun, bagi orang-orang yang berkecimpung ke dalam dunia kedokteran, kapita selekta merupakan istilah yang tidaklah asing.

Kapita selekta adalah sebuah buku untuk mahasiwa kedokteran, namun buku ini sering kali dijuluki sebagai buku jebot. Tapi, sebenarnya banyak sekali yang bisa kita dapatkan dalam buku ini.

Buku ini pertama kali diterbitkan pada 1977 oleh Media Aaesculapuis FK UI. Namun, sejadul-jadulnya buku ini, buku kapita selekta kedokteran ini masih layak digunakan sebagai buku buku pedoman para dokter dan mahasiswa kedokteran.

Hal ini dikarenakan, dalam buku kapita selekta kedokteran ini banyak membahas hal-hal mendasar yang menjadi prinsip dan yang menjadi prinsip dan yang cenderung tetap dalam dunia kedokteran.

Untuk lebih jelas, marilah kita mengupas tuntas kapita selekta kedokteran ini. Simaklah yang berikut ini.

1.      Isi buku kapita selekta kedokteran
 
Buku ini sebenranya tidak boleh dikatakan sebagai buku jadul, karena buku ini amatlah berguna dan secara sistematis buku ini membahas banyak penyakit-penyakit berdasarkan organ ataupun cabang ilmu yang ada, diantaranya :

–          Pada jilid I buku ini (dengan cover berwarna biru), terdiri atas : ilmu penyakit mata, ilmu penyakit THT atau telinga, hidung, dan tenggorokan, ilmu penyakit gigi dan mulut, ilmu kedokteran jiwa, ilmu kebidanan dan kandungan, serta yang terakhir ilmu penyakit dalam. Banyak sekali bukan ? Buku ini tersusun atas 703 halaman.

–          Untuk jilid kedua dari buku ini (dengan cover berwarna hijau), terdiri atas : Ilmu penyakit saraf, ilmu penyakit kulit dan kelamin, ilmu kedokteran forensic, ilmu anestesi, ilmu bedah, dan ilmu kesehatan anak. Buku ini tersusun ke dalam 610 halaman.

Dalam jilid I sebelum memasuki pembahasan mengenai berbagai penyakit, buku ini memaparkan konsep sehat, prinsip pemilihan obat dan penuntun diet secara lengkap dan gamblang.

Dalam pembahasan prinsip pemilihan obat, anda akan dikenalkan pada cara peresepan obat yang irasional, pemilihan obat pada kondisi normal, tidak normal, dan khusus, penggunaan antibiotic dan kortikosteroid.

2.      Kelebihan dan kekurangan buku kapita selekta kedokteran
 
Buku ini memang buku yang merupakan petunjuk praktis bagi dokter atau paramedic lainnya, dari awal buku ini diterbitkan, hingga sekarang, buku yang sudah direvisi sebanyak 3 kali ini pun masih banyak dicari.

Namun, seperti kata pepatah, tak ada gading yang tak retak. Buku ini juga memiliki kekurangan disamping sederet kelebihannya. Kelebihannya yang amat melimpah ini menjadikan buku ini “buku sepanjang masa” di kalangan tenaga medis, hal ini mungkin karena cara penyajiannya yang praktis, namun mempunyai isi yang kompleks.

Berikut ini adalah kekurangan dari kapita selekta kedokteran, diantaranya :

–          Buku ini belum tentu sesuai untuk semua mahasiswa fakultas kedokteran. Hal ini mungkin dikarenakan pedoman dianogsis dan tata laksana masing-masing universitas belum tentu sama. Adapun salah satu alasan mengapa tidak semua panduan sama di universitas adalah karena perbedaan morbiditas dan reaksinya terhadap terapi yang dicantumkan ke dalam buku ini. Sebagai contoh, pedoman fakultas universitas riau tentu saja berbeda dengan pedoman fakultas universitas airlangga, meskipun ada beberapa konteks yang sama.

–          Selain itu, buku ini juga kurang akan penjelasan yang lebih mendetail. Hal ini disebabkan karena buku kapita selekta ini hanya membahas sebuah masalah secara garis besarnya saja dan tidak menitik beratkan pada poin-poin yang penting.

3.      Cara bijak dalam menggunakan buku kapita selekta kedokteran
 
Adapun beberapa tips untuk menggunakan buku ini secara bijak, diantaranya :

–          Sangat dianjurkan bagi anda untuk menggunakan buku pedoman lain sebagai referensi untuk memperkaya wawasan sebagai pertimbangan dalam menghadapi sebuha kasus. Artinya, anda jangan semata-mata bergantung kepada buku ini saja, masih banyak buku lain yang tidak kalah bagusnya.

–          Kenali dengan sangat baik tempat dimana anda berpraktik sebagai dokter atau tenaga medis lainnya.

Bagaimana ? anda sudah puas mengupas tuntas kapita selekta kedokteran ? Semoga artikel ini dapat bermanfaat.