Tinjauan tentang Kecacingan
August 12, 2012
Penggolongan Antimokroba Berdasarkan Kelas Terapinya
August 12, 2012

Mengukur Kesehatan dan Penyakit

Penentuan tingkat kesehatan dan penyakit secara tepat, beserta aplikasi dari data tersebut untuk menentukan prioritas dan menyelenggarakan program promosi kesehatan yang efektif, seringkali  didasarkan pada data populasi, daripada data individual. Penelitian mengenai penyakit dalam hubungannya dengan populasi disebut epidemologi, dan data kematian yang telah member kotribusi tentang perkembangan ilmu pengetahuan telah dikumpulkan di Inggris sejak 1838.

Tidak selalu memungkinkan untuk mengontrol seluruh populasi pada penelitian kesehatan dan penyakit yang spesifik. Seringkali, populasi yang merupakan objek penelitian dikelompokkan dan termasuk orang yang sehat maupun yang sakit. Penyebab penyakit dapat dijelaskan berdasarkan perbandingan jumlah rerata penyakit pada kelompok grup yang berbeda, perbandingan lebih jauh dapat diidentifikasi dari anggota populasi yang memiliki kemungkinan perkembangan penyakit yang paling parah daripada populasi umumnya.

Lebih penting lagi promosi kesehatan, epidemologi memungkinkan dimonitornya tren kesehatan dan penyakit. Identifikasi tren penyakit yang menurun penting, dan beberapa yang membutuhkan perhatian lebih lanjut di masa depan. Masalahnya, bagaimanapun untuk mengidentifikasi tren, dan pemantauan sejumlah penyakit yang membutuhkan waktu beberapa dekade, itu adalah criteria untuk melaporkan jenis penyakit tertentu yang dapat berubah sewaktu-waktu. Ini dapat mendorong optimisme palsu (contoh: tingkat keberhasilan terapi), ketika faktanya penyakit tersebut dicatat dengan namayang berbeda atau nama baru.

Sama halnya ketika tingkat kewaspadaan terhadap suatu penyakit meningkat (misal AIDS) demikian juga dengan diagnosis pada umunya digunakan data statistikuntuk mengidentifikasi tren morbiditas dan mortalitas. Hal ini dan beberapa penyebab lain pada umunya digunakan untuk menjelaskan epidemologi pada Tabel 1.2. statisik mortalitas diperoleh dengan  memilah dan mengkode gejala yang dicatat pada data kematian.

Tabel 1.2

Kategori Definisi
Angka kelahiran Jumlah angka lahir hidup yang menunjukkan proporsi populasi
Angka kesuburan Jumlah angka lahir hidup yang menunjukkan proporsi wanita berusia antara 15 hingga 44 tahun
Angka kejadian Proporsi kondisi perkembangan kelompok pada periode tertentu
Angka kematian bayi Angka kematian bayi di bawah 1 tahun menunjukkan proporsi lahir hidup
Mortalitas Frekuensi kematian
Morbiditas Frekuensi kesakitan dan ketidak mampuan melakukan suatu kegiatan
Angka mortalitas sebelum kelahiran Angka bertahan hidup dan meninggal pada minggu pertama kelahiran menunjukkan proporsi jumlah kelahiran
Angka prevalensi Menunjukkan proporsi kelompok yang memiliki kndisi yang sama pada satu waktu
Angka kematian terstandar Angka kematian yang telah diprediksi sebelumnya menunjukkan proporsi angka kematian yang telah diduga pada tahun pada periode dengan kondisi prevalensi
Angka hidup Angka kematian pada janin setelah 28 minggu menunjukkan proporsi jumlah kelahiran.

 

Di Inggris, penentuan tingkat morbiditas dikumpulkan oleh General Household Survey, disusun dan diterbitkan   secara rutin. Survey ini menjelaskan sehat dan sakit dengan mencari informasi dari opini orang mengenai kesehatan mereka, informasi yang detail diperoleh dari konsultasi dengan praktisi kesehatan, kehadiran pasien rawat jalan dan data pasien untuk mendiagnosa penyakit kronis dan kesehatan, masyarakat diminta  untuk mengidentifikasi mengenai penyakit mereka termasuk penyakit kronis, ringan atau ketidakmampuan melakukan kegiatan tertentu.

Semua metode epidemologi mengenai penentuan penyakit memiliki kelemahan. Penentuan mengenai prevalensi penyakit valid ,jika kondisinya kronis menerus dan stabil.bagaimanapun juga, penderita penyakit kronis dapat dinyatakan tidak termasuk dalam kategori jika kondisi kronis tersebut tidak menentu, karena prevalensi mengindikasi orang tersebut memiliki penyakit pada lebih dari satu titik dalam satu waktu. Sama halnya dengan prevalensi pada kondisi akut yang dapat dikesampingkan.

Insiden penyakit sering kali menunjukkan angka yang actual mengenai suatu penyakit. Bagaimanapun juga pada epidemologi, ini menunjukkan sngks proporsi kasus baru dari suatu populasi pada waktu tertentu. Penentuan angka kejadian hanya dapat dihitung dari terjadinya kasus baru, tidak dapat dihitung dari data yang telah ada, dan oleh karena itu mengesampingkan penderita penyakit kronis.

Incoming search terms:

  • tabel angka kelahiran kematian dan morbiditas
  • definisi morbiditas dan mortalitas
  • apa huibungan perkembangan penyakit dengan perkembangan penilitian dengan kesehatan masyarakat
  • tabel angka kematian kelahiran dan morbiditas dari tahun ke tahun
  • pengertian populasi dalam penelitian kesehatan
  • penelitian populasi penyakit
  • macam-macam farmasi komunitas
  • hubungan perkembangan penyakit dan penelitian kesehatan
  • contoh tabel morbiditas
  • contoh promosi kesehatan tentang penyakit menurun