7 Manfaat Serat Bagi Tubuh
February 20, 2013
Tomat Dapat Mengurangi Resiko Terjadinya Stroke
February 21, 2013

Mengonsumsi Soda Setiap Hari Akan Meningkatkan Resiko Stroke

Soda memanglah merupakan minuman yang menyegarkan dan digemari oleh banyak orang. Namun, tahukah anda bahwa mengonsumsi soda setiap hari akan meningkatkan resiko stroke ? Hal ini telah teruji secara klinis, khususnya pada kaum wanita.

Wanita yang minum segelas soda setiap harinya, secara signifikan akan terjadi peningkatan resiko stroke yang mematikan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Osaka, resiko tersebut berlaku pada soda yang tinggi ataupun yang rendah kalori.

Pada ilmuwan mengamati hampir sebanyak 40.000 pria dan wanita dengan usia berkisar 40 hingga 59 tahun selama 18 tahun. Selain itu, kebiasaan makan dan minum juga mereka amati, termasuk minuman ringan yang mereka konsumsi.

Selama masa penelitian, sekitar 2000 peserta mengalami stroke dan pada akhir penelitian, para ilmuwan menganalisis kebiasaan minum dari partisipan dan membandingkan konsumsi soda antara penderita stroke dengan orang yang tidak menderita stroke.

Meskipun minum soda memang bisa meningkatkan resiko stroke pada pria, namun jumlah peningkatannya tidak sebesar yang ada pada wanita. Para ilmuwan juga menemukan bahwa wanita yang minum soda setiap harinya akan meningkatkan resiko stroke iskemik.

Stroke iskemik adalah keadaan dimana pembuluh darah melemah dan pada akhirnya pecah yang bisa menyebabkan terjadinya pendarahan di dalam otak. Resiko ini meningkat sebesar 83% dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah atau jarang minum soda.

Penelitian ini bukanlah penelitian pertama yang dilakukan, yang menghubungkan antara minuman ringan, khususnya soda dengan resiko penyakit stroke. para peneliti juga menyatakan bahwa soda bergula juga meningkatkan resiko stroke iskemik.

Hal ini karena pembuluh darah yang menyuplai darah ke otak mengalami penyumbatan oleh gumpalan darah. Untuk lebih jelas mengenai mengonsumsi soda setiap hari akan meningkatkan resiko stroke, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  1. 1.      Soda diet 

Sekarang ini, soda memang diluncurkan dalam berbagai jenis, salah satunya adalah soda diet. Perbedaan antara soda diet dengan soda biasa adalah kadar gula dalam soda diet lebih sedikit. Namun, sebenarnya soda diet juga tidak lebih baik dari pada soda umumnya.

Hal ini karena juga dapat meningkatkan resiko stroke hemoragik. Keadaan ini merupakan keadaan dimana pembuluh darah melemah dan menyebabkan pendarahan pada otak. Resiko stroke ini juga lebih tinggi pada wanita dibandingkan dengan pria.

Penelitian di Jepang menyatakan resiko tersebut lebih tinggi hampir 80%. Sekitar 700.000 orang menderita stroke setiap tahunnya di Amerika Serikat dan stroke merupakan penyakit pembunuh nomor tiga.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi anda untuk tidak mengonsumsi soda. Hal ini karena mengonsumsi soda setiap hari akan meningkatkan resiko stroke.

  1. 2.      Cara menurunkan resiko stroke 

Sebenarnya, ada banyak cara untuk menurunkan resiko stroke selain mengurangi pengonsumsian soda atau minuman ringan, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Kurangi konsumsi obat 

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Medical Journal menyatakan bahwa pengonsumsian obat, terutama obat penghilang rasa sakit (pain killer) dapat meningkatkan resiko terjadinya stroke. Oleh karena itu, hindari pengonsumsian obat tersebut.

  • Makan ikan 

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Nutrition menyebutkan bahwa wanita yang makan lebih dari 3 porsi ikan setiap minggunya dapat mengurangi resiko terkena stroke sebesar 16%. Penelitian lain juga menemukan adanya korelasi antara pengonsumsian ikan yang kaya akan asam lemak omega 3 dengan penurunan resiko stroke.

  • Kurangi daging merah 

Beberapa penelitian terhadap wanita yang dilakukan di Swedia menemukan bahwa mengonsumsi 3,6 ons daging merah setiap harinya dapat meningkatkan resiko terkena stroke iskemik sebesar 42%. Oleh karena itu, hindari daging merah atau jangan terlalu sering mengonsumsi daging merah.

  • Banyak berjalan 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard School of Public Health menemukan bahwa wanita yang berjalan lebih dari dua jam dalam seminggu dapat mengurangi resiko terjadinya stroke hingga 30% dibandingkan dengan wanita yang tidak berjalan sama sekali.

Inilah sekilas mengenai mengonsumsi soda setiap hari akan meningkatkan resiko stroke. Semoga bermanfaat