4 Posisi Tidur Yang Mempengaruhi Kesehatan dan Kepribadian Anda
February 25, 2013
Alergi Pada Seseorang, Apakah Bisa Diatasi?
February 25, 2013

Mengobati Sakit Gigi Dengan Cara Tradisional

Mengobati Sakit Gigi Dengan Cara Tradisional

Sakit gigi tentunya pernah dirasakan oleh setiap orang. Sakit gigi sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal, namun biasanya tidak bagitu berbahaya. Akan tetapi, bisa dikatakan bahwa sakit gigi merupakan hal yang sangat mengganggu.

Memang hanya gigi kita yang sakit, namun dampaknya bisa membuat semua badan kita menjadi sakit. Selain itu, selera makan kita juga sangat terpengaruh dan biasanya kita menjadi malas untuk makan karena rasa sakit pada gigi tersebut.

Hal tersebut tentunya akan berdampak pada kesehatan tubuh kita, karena jika kita tidak makan, maka kebutuhan nutrisi tubuh tidak bisa kita penuhi. Jika sakit gigi sudah mencapai tahap yang parah, maka kita tidak punya pilihan lain kecuali ke dokter gigi.

Memang benar dokter gigi bisa mengatasi masalah tersebut, namun tahukah anda bahwa ternyata anda juga bisa mengobati sakit gigi dengan cara tradisional ? Mengapa kita perlu mempelajari cara mengobati sakit gigi dengan cara tradisional ?

Bukankah kita bisa saja langsung ke dokter gigi dan mengatasi masalah tersebut ? Sebenarnya, tidak semua sakit gigi harus berakhir dengan pencabutan gigi, kecuali jika sudah parah sekali. Selain itu, tidak semua obat sakit gigi harus berasal dari dokter atau parasetamol yang biasanya kita konsumsi.

Ada beberapa bahan tradisional yang bisa mengatasi sakit gigi secara efektif. Inilah sebabnya mengapa cara mengobati sakit gigi dengan cara tradisional diperlukan. Untuk lebih jelas mengenai mengobati sakit gigi dengan cara tradisional, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Bawang putih

 

Salah satu cara untuk mengobati sakit gigi dengan cara tradisional adalah dengan menggunakan bawang putih. Selama ratusan tahun yang lalu, nenek moyang kita telah menggunakan bawang putih untuk meredam sakit gigi.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan menghaluskan satu atau dua siung bawang putih dan kemudian dicampur dengan garam secukupnya. Setelah itu, taburkan ke bagian gigi yang sakit, sampai rasa sakitnya hilang. Untuk menjaga kesehatan tubuh, anda juga bisa mengunyah satu siung bawang putih setiap harinya.

  • Bawang merah

 

Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah juga bisa mengatasi sakit gigi setelah dilakukan berbagai penelitian oleh ahli kesehatan gigi. Hal ini karena bawang merah mengandung senyawa anti bakteri yang bisa mengusir seluruh bakteri di gigi.

Cara menggunakan bawang merah ini cukup sederhana, yaitu dengan mengunyah bawang merah selama 3 menit setiap harinya. Lakukan secara rutin hingga rasa nyeri pada gigi berkurang.

  • Jeruk limau

 

Jeruk limau dikenal sebagai jeruk yang mengandung vitamin C dan sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi dan gusi. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari jeruk limau ini, salah satunya adalah mencegah gigi berlubang.

Selain itu, jeruk limau juga sering digunakan untuk menghentikan pendarahan pada gusi, mencegah pembentukan plak pada gigi, dan meredakan rasa nyeri atau sakit gigi. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi jeruk limau.

  • Minyak cengkeh

 

Cara lain untuk mengobati sakit gigi dengan cara tradisional adalah dengan menggunakan minyak cengkeh. Selain digunakan untuk memasak, minyak cengkeh juga bisa meredakan sakit gigi dengan cara mengurangi infeksi gigi.

Hal ini karena minyak cengkeh memiliki kandungan antiseptic. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak cengkeh ini pada bagian gigi yang sakit.

  • Tepung lada

 

Tepung lada sudah sering dimanfaatkan untuk menjaga kebersihan gigi, mengatasi bau mulut, mencegah peradangan pada gigi, dan mencegah gigi berlubang. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menyiapkan tepung lada secukupnya dan kemudian dicampur dengan ¼ sendok teh garam. Setelah itu, oleskan pada bagian gigi yang sakit.

  • Cabai hijau

 

Cabai yang pedas ini ternyata juga bisa mengatasi sakit gigi secara tradisional. Selain digunakan sebagai bahan untuk memasak, anda bisa memotong ujung cabai hijau secukupnya dan kemudian dibakar sampai panas. Setelah itu, diamkan sebentar dan tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Lakukan hal ini secara rutin.

Inilah sekilas mengenai mengobati sakit gigi dengan cara tradisional. Semoga bermanfaat