KELOMPOK RENTAN PENYAKIT KURANG GIZI
November 10, 2012
Kelainan dan Penyakit Pada Tulang yang Perlu Diketahui
November 13, 2012

Mengindari Gangguan Penyakit Gatal-gatal Pada Kulit

Tentunya dalam satu hari kita pasti pernah merasakan gatal pada kulit dan kemudian menggaruknya. Penyakit gatal-gatal ini masih merupakan penyakit yang tidak berbahaya dan jarang mendapatkan perhatian yang serius pada penderitanya.

Namun, apabila anda terlalu sering mengalami gatal-gatal dan terus menggaruknya, tentunya ini bukanlah sebuah pemandangan yang bagus untuk dilihat. Selain itu, kulit anda juga akan menimbulkan berbagai bekas dan jejak yang merusak pemandangan.

Kulit merupakan organ terluas bagi manusia dan langsung akan tampak apabila terjadi berbagai perubahan. Penyakit gatal-gatal ini, cenderung merusak penampilan anda dan tentunya juga bisa mengurangi rasa percaya diri anda. Oleh sebab itu, anda perlu mengindari gangguan penyakit gatal-gatal pada kulit.

Mengindari gangguan penyakit gatal-gatal pada kulit tentunya tidak mudah, apalagi bagi kita yang hidup di daerah tropis, ditambah lagi dengan adanya pemanasan global yang membuat cuaca semakin tidak karuan dan tentunya mempengaruhi manusia dalam berbagai aspek.

Salah satunya adalah menimbulkan gatal-gatal ini. Dalam dunia medis, penyakit ini disebut juga dengan pruritus, dimana akan terasa gatal pada bagian kulit dan tangan akan menggaruknya. Gerakan ini dapat membuat kulit menjadi merah dan bahkan menimbulkan ruam, goresan atau menimbulkan bentol-bentol pada permukaan kulit.

Biasanya, kebiasaan menggaruk bagian kulit yang gatal hanya akan membuat kulit menjadi semakin gatal dan menimbulkan iritasi. Oleh sebab itu, sebaiknya anda mencoba cara lain untuk menghilangkan rasa gatal itu selain dengan menggaruknya.

Anda bisa menggunakan minyak angin, minyak tawon, minyak kayu putih, bedak anti gatal, ataupun dengan minum obat. Penyebab penyakit ini bisa dari cuaca, gigitan serangga, alergi, infeksi bakteri atau parasit, atau bisa juga merupakan gejala awal dari munculnya penyakit kulit, seperti panu, kadas, kurap, kutu air, dan lainnya.

Untuk lebih jelas mengenai cara mengindari gangguan penyakit gatal-gatal pada kulit, simaklah yang berikut ini.

 

Ada beberapa tips yang bisa anda jadikan sebagai panduan untuk menghindari gangguan penyakit gatal-gatal pada kulit anda, diantaranya :

–          Sebaiknya anda hindari pemakaian pakaian yang berbahan wool dan sejenisnya, karena bisa menimbulkan gatal-gatal pada kulit anda.

–          Anda juga harus rajin mandi, minimal 2 kali sehari dan hindari juga penggunaan sabun dengan bahan yang keras, karena dapat membuat kulit cepat kering, misalnya sabun desinfektan dan sabun yang mengandung deterjen dan larutan lainnya. Sebaiknya anda menggunakan sabun cair untuk bayi yang mengandung pelembab, sehingga kulit akan terasa aman dan nyaman.

–          Hindari pula lingkungan yang dapat menimbulkan reaksi alergi pada anda, misalnya cuaca panas, debu, bulu binatang, dan lainnya.

–          Anda juga sebaiknya menghindari makanan yang dapat memicu reaksi alergi pada diri anda.

–          Untuk menjaga agar kulit tidak gatal-gatal, sebaiknya anda mengoleskan lotion, sehingga kulit menjadi lembab dan cerah.

–          Hindari juga perubahan suhu dan kelembaban yang terjadi secara mendadak.

–          Hindari juga berkeringat terlalu banyak atau kepanasan.

–          Ternyata stress juga dapat menimbulkan gatal-gatal pada kulit, jadi sebaiknya anda hindari pemikiran-pemikiran yang dapat membuat anda stress.

  • Cara menyembuhkan penyakit gatal-gatal

 

Sebelum anda memutuskan metode pengobatan yang akan anda gunakan, tentunya anda harus mengetahui apa yang menjadi penyebab anda sering mengalami gatal-gatal. Apabila kulit anda meradang dan tampak kemerahan, sebaiknya anda oleskan dengan krim atau lotion yang bersifat mendinginkan dan sebaiknya anda pilih yang tidak mengandung parfum atau pewarna.

Kandungan pewarna dan parfum justru akan memperburuk kondisi kulit anda dan bahkan bisa menimbulkan iritasi. Jika anda tidak suka mengoleskan lotion atau krim, anda bisa mengonsumsi obat anti gatal berupa Antihistamin (hydroxizin dan diphenhydramine) yang bisa anda peroleh di toko obat atau apotek terdekat.

Cara yang paling mudah adalah dengan menggosokkan minyak angina tau minyak tawon pada bagian tubuh yang gatal, jadi anda tidak perlu menggaruknya.

Inilah sekilas tentan cara mengindari gangguan penyakit gatal gatal pada kulit. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya.