Penyakit Jantung Hipertensi Salah Satu Pembunuh Terbesar
October 25, 2012
Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Jantung Koroner
October 25, 2012

Menghindari Serangan Penyakit Jantung

Tak habis-habisnya berbagai artikel dan media yang membahas mengenai penyakit jantung. Wajar saja, karena penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya bagi penderitanya dan dapat menimbulkan kematian seketika.

Penyakit jantung merupakan penyakit yang telah menyebar ke seluruh dunia, namun menyebar disini bukan berarti bahwa penyakit jantung merupakan penyakit menular. Penyakit jantung termasuk ke dalam kategori penyakit tidak menular namun berbahaya.

Penyakit ini dinyatakan oleh WHO (badan kesehatan internasional) sebagai penyakit pembunuh nomor 2 di dunia setelah penyakit kanker sebagai nomor satunya. Penyakit jantung sama hal dengan penyakit kanker, yaitu memiliki banyak jenis.

Namun, semua jenis tersebut tidak ada yang tidak berbahaya. Penyakit yang menyangkut jantung tentunya sangat mengancam kehidupan manusia. Meskipun jantung beratnya hanya 300 gram di dalam tubuh manusia, namun bisa dikatakan bahwa organ jantung merupakan organ terpenting.

Tanpa adanya jantung pada seseorang, maka orang tersebut tidak dapat dikatakan hidup. Selain itu, ada lagi persamaan yang dimiliki oleh penyakit jantung dan penyakit kanker, yaitu sama-sama belum ditemukan obatnya agar penderitanya sembuh total dari penyakit tersebut.

Memang boleh diakui bahwa perkembangan jaman semakin cepat dan kehidupan manusia banyak mengalami kemudahan berkatnya, namun hal ini sayangnya tidak berlaku bagi para penderita penyakit jantung.

Berbagai penelitian, bahkan beribu-ribu penelitian telah dilakukan dengan tujuan untuk menemukan obat efektif untuk penyakit ini, namun para tenaga medis hanya mampu menanggulangi keadaan dimana serangan jantung sudah terjadi dan memberikan saran bagaimana penderita penyakit ini terhindar dari serangan jantung.

Hal yang paling ditakutkan oleh penderita penyakit jantung tentunya adalah serangan jantung. Serangan jantung adalah keadaan dimana darah berhenti mengalirkan darah ke jantung, bisa terjadi karena sumbatan ataupun pecahnya pembuluh darah di sekitar jantung.

Ketika hal tersebut terjadi, maka darah tidak akan sampai ke jantung dan akibatnya banyak sel-sel yang mati di dalam jantung. Kematian sel tersebut menyebabkan jantung tidak dapat bekerja dengan optimal, sehingga jantung tidak lagi memompa darah ke seluruh tubuh.

Apabila keadaan tersebut terjadi dan terlambat ditangani, maka dapat menimbulkan resiko kematian pada penderitanya. Untuk lebih jelas mengenai cara menghindari serangan penyakit jantung, simaklah yang berikut ini.

1.      Cara menghindari serangan penyakit jantung

Ketika serangan jantung terjadi, maka kemungkinan anda untuk selamat darinya adalah 50/50. Saat aliran darah ke jantung terhenti, walaupun hanya dalam hitungan detik, kehidupan anda juga bisa berhenti.

Oleh karena itu, sebaiknya anda lakukan cara berikut ini untuk menghindari serangan penyakit jantung, diantaranya :

a.      Pola makan yang baik

Sebenarnya, hampir setiap kasus penyakit jantung disebabkan oleh pola makan yang buruk dan kurangnnya asupan gizi. Memang tidak dapat dipungkiri lagi bahwa jaman sekarang yang instan adalah yang paling populer.

Hidup manusia menjadi serba instan berkat adanya kemajuan di bidang peradaban ini, namun kesehatan manusia banyak yang mengalami kemunduran, hal ini bisa dibuktikan dengan rendahnya angka harapan hidup dari tahun ke tahun.

Sebaiknya anda hindari makanan-makanan cepat saji atau makanan yang mengandung bahan kimia yang tidak baik bagi tubuh, misalnya pengawet makanan yang biasanya terdapat dalam jumlah besar dalam makanan kalengan ataupun pewarna yang membuat makanan menjadi terlihat lebih menarik. Sebaiknya anda konsumsi buahan atau sayuran yang banyak mengandung serat.

b.      Hindari kebiasaan buruk 

Salah satu cara menghindari serangan penyakit jantung adalah dengan menghentikan atau menghidnari segala kebiasaan buruk bagi kesehatan, misalnya merokok ataupun kebiasaan alcohol.

Alkohol dan rokok sudah terbukti merupakan bahan perusak jantung yang efektif. Sebaiknya anda mencoba untuk berhenti dari keduanya dengan cara mengurangi jumlahnya sedikit demi sedikit.

Selain itu, salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan adalah malas berolahraga. Padahal, berolahraga terbukti dapat memicu kerja jantung agar dapat berfungsi secara optimal. Sebaiknya anda mencoba olahraga renang.

Berenang terbukti dapat menyehatkan seluruh anggota tubuh anda. Nmaun, apabila anda tidak suka anda juga bisa mencoba jogging atau jalan santai. Usahakan lakukan secara rutin dan teratur.

Inilah sekilas mengenai menghindari serangan penyakit jantung. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • tablet effervescent terhadap pasien gagal jantung