MEMILIH RUMAH SAKIT JANTUNG YANG TEPAT
October 24, 2012
Menjaga Diet Penyakit Jantung
October 25, 2012

MENGETAHUI PERTOLONGAN PERTAMA PADA PATAH TULANG

Patah tulang pasti anda akan merasa ngeri atau takut mendengarnya. Setiap orang bisa saja terkena patah tulang saat dalam keadaan jatuh, kecelakaan tertimpa sesuatu yang berat dan lain sebagainya. Maka dari itu ketika seseorang patah tulang,kita harus tahu bagaimana mengetahui pertolongan pertama pada patah tulang sebab akan lebih baik memberikan pertolongan pertama yang akan membuat efek patah tulang tadi tidak terlalu parah. Bahasa lainnya yaitu meminimalisir resiko yang lebih besar.

            Manusia memiliki alat penggerak yang terdiri atas :

  1. Tulang
  2. Sendi
  3. jaringan ikat
  4. otot

ke 4 faktor tersebut memiliki arti yang sangat penting bagi hidup kita maka dari itu jika setiap kali kita terkena cedera atau terjadinya gangguan pada system penggerak kita tersebut maka ini akan mengakibatkan terjadinya gangguan pergerakan pada  diri kita sebagai manusia yang memilii alat penggerak yang akan digerakan baik itu untuk sementara waktu atau selamanya. Gangguan yang paling sering dialami oleh kita pada saat terjadi cedera otot rangka adalah terjadinya patah tulang. Patah tulang tersebut adalah terputusnya ja

 

ringan tulang, baik itu secara keseluruhan atau hanya sebagian jaringan tulang saja.

Pada dasarnya tulang kita ini  termasuk pada bentuk benda padat, namun memiliki kelenturan yang bisa dibilang masih sedikit. Bila terjadi perenggangan yang melampaui batas dari kelenturannya maka tulang tersebut akan patah. Itu yang dinamakan cedera maka cedera tersebut dapat terjadi karena :

  1. Gaya langsung

Dimana Tulang langsung menerima gaya yang besar sehingga membuatnya me

njadi patah.

  1. Gaya tidak langsung

Gaya yang terjadi pada satu bagian tubuh saja namun gaya tersebut diteruskan ke bagian tubuh lainnya yang memiliki kemampuan yang relatif lemah, sehingga akhirnya bagian lain yang relative lemah inilah yang akan patah. Dimana bagian yang menerima benturan langsung tersebut tidak mengalami cedera yang parah yang dapat membuatnya patah

  1. Gaya punter

Sebenarnya tulang juga dapat menerima puntiran atau terputar sampai patah. Gaya putiran ini  sering terjadi pada daerah bagian lengan.

Beberapa gejala dan tanda yang mungkin terjadi jika anda terkena patah tulang adalah sebagai berikut agar anda dapat melakukan mengetahui pertolongan pertama pada patah tulang adalah sebagai berikut :

    1. Terjadinya perubahan bentuk pada anggota badan kita patah. Cara yang paling akurat atau baik dapat di tentukan dengan cara membandingkan sisi bagian yang cedera atau patah dengan sisi tubuh yang sehat.
    2. Terasa nyeri di daerah tempat terjadinya cedar pata tulang tersebut dan akan terasa kaku pada saat ditekan dengan tangan atau benda lain dan bila digerakkan juga akan terasa kaku.
    3. Akan terlihat bengkak disertai dengan memar atau adanya perubahan warna di daerah yang terkena cedera tulang tersebut.
    4. Adanya terdengar suara berderak pada daerah tempat terjadinya patah tulang tersebut
    5. Luka menunjukan bagian yang patah pada tulang

Pembidaian merupakan penanganan  yang diberikan pada pasien patah tu

 

lang yang paling utama. Sebenarnya pembidaian ini  adalah semua atau berbagai tindakan dan upaya untuk mengistirahatkan bagian tubuh atau tulang anda yang mengalami patah.  Dan inilah mengetahui pertolongan pertama pada patah tulang.

Tujuan dari pembidaian tersebut adalah :

  1. Mencegah terjadinya pergerakan ataupun pergeseran dari ujung tulang yang patah
  2. Mungin saja dapat terjadi cedera lagi disekitar bagian tulang yang patah maka dibutuhkan pembidaian
  3. Memberikan istirahat pada anggota badan atau tulang yang patah tersebut agar tidak membuat peradangan ataudampak yang buruk lagi.
  4. Dapat mengurangi rasa nyeri pada penderita patah tulang.
  5. Dapat mempercepat penyembuhan

Mengetahui pertolongan pertama pada patah tulangadalah dapat dilakukan dengan cara :

  1. Beritahukan rencana atau tindakan yang akan anda lakukan kepada penderita.
  1. Paparkan seluruh bagian yang cedera dan jika ada pendarahan harap di rawat terlebih dahulu sebelum pembidaian.
  2. Sebelum membidai harap bersihkan atau lepaskan bagian yang mengganggu.
  3. Nilai gerakan-sensasi-sirkulasi (GSS) pada bagian cedara sebalum melakukan pembidaian.
  4. Penyiapan alat alat harus dilakukan sebelum melakukan pembidaian
  5. Pembidaian lebih baik dilakukan dengan posisi yang di temukan, jangan mengubah posisi cedera
  6. Jangan memaksa memasukkan bagian tulang yang patah.
  7. Ukur duulu anggota badan yang hendak di bidai
  8. Upayakan juga bidai sendi distalnya