Trik Tahan Lama di Ranjang
November 6, 2012
Virus Penyakit yang Biasa Ada Pada Anak
November 8, 2012

Mengenal Manfaat Madu Untuk Kecantikan

Menggunakan madu sebagai bahan dasar merawat kecantikan memang sudah dilakukan sejak dahulu kala. Teksturnya yang lembut dan warnanya yang indah seolah membuat wanita terhipnotis untuk menggunakannya sebagai bahan perawatan kecantikannya. Selain karena kepercayaan tetapi juga memang Karen abukti yang nyata.

                Wanita memang terlahir dengan kecantikan, namun tak banyak yang puas malahan banyak yang tidak puas dengan kecantikan yag telah diberikan. Karena kecantikan tersebut butuh perawatan agar tidak cepat tua atau pun menjadi kusam. Kemajuan zaman pun kini menawatkan berbagai macam perawatan kecantikan. Seperti hidung yang agak manacung bisa jadi mancung, kulit yang kendur bisa dikencangkan, kerut yang sudah hadir Karen auasia pun dapat dimanipulasi oleh alat-alat teknologi tinggi.

Namun, semua itu memiliki efek yang kurang baik bagi kesehatan. Oleh karena itu banyak yang beralih kembali pada bahan-bahan alami. Selain efeknya yang sedikit perawatan tubuh secara alami juga tidak terllau mahal. Bahkan kita dapat dengan mudah menemukan zat alami untuk perawatan kecantikan, salah satunya adalah madu.

Kandungan madu

Madu adalah campuran dari gula dan senyawa lainnya. Sehubungan dengan karbohidrat, madu terutama fruktosa (sekitar 38,5%) dan glukosa (sekitar 31,0%),sehingga mirip dengan sirup gula sintetis diproduksi terbalik, yang sekitar 48% fruktosa, glukosa 47%, dan sukrosa 5%. Karbohidrat madu yang tersisa termasuk maltosa, sukrosa, dan karbohidrat kompleks lainnya. Seperti semua pemanis bergizi yang lain, madu sebagian besar mengandung gula dan hanya mengandung sedikit jumlah vitamin atau mineral. Madu juga mengandung sejumlah kecil dari beberapa senyawa dianggap berfungsi sebagai antioksidan, termasuk chrysinpinobanksinvitamin Ckatalase, dan pinocembrin. Komposisi spesifik dari sejumlah madu tergantung pada bunga yang tersedia untuk lebah yang menghasilkan madu.

Madu mengandung antimicrobial yakni yang berguna untuk pengobatan jerawat tipe ringan. Madu mengandung Alpha Hydroxy Acid (AHAs) yang berguna untuk membantu pengelupasan pada sel kulit mati. Khusunya wajah yang akan membuat terlihat menjadi lebih muda.

Manfaat Madu untuk Kecantikan

  1. Masker Madu

Oleskan madu murni pada wajah Anda dan biarkan selama kira-kira 15 menit, hingga mongering. Setelah kering, basuhlah wajah Anda dengan air hangat.

2.   Mandi Untuk Kulit Berkilau

Untuk melembabkan, melembutkan dan membuat kulit berkilau, bawa serta sebotol madu saat Anda mandi. Oleskan ke kulit dan tepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Sementara menepuk-nempuk kulit, madu akan lengket di kulit Anda. Basuhlah bekas madu yang lengket tersebut setelah Anda selesai.

3.   Pembersih Wajah Setiap Hari

Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make-up, dan lalu basuh hingga bersih dengan air hangat .

4.      Toner Kulit

Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembabkan kulit, campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah satu sendok makan madu dalam blender hingga halus. Gosokan perlahan campuran madu tadi ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat.

5.     Madu sebagai Anti penuaan dini

Radikal bebas ada di mana-mana, sinar matahari, asap rokok, makanan yang kurang sehat dan lain sebagainya. Maka madu merupakan salah satu zat yang dapat menangkal radikal bebas atau anti oksidan bagi tubuh dan kulit. Radikal bebas juga penyebab dari penuaan dini, dan madu pun berfungsi sebagai zat anti penuaan dini. Karena anti oksidan dapat menetralisir racun di tingkat sel.

6.    Madu sebagai Obat Jerawat

Madu sebagai anti bakteri dan virusyakni  madu mencegah infeksi dan mempercepat penyembuhan  luka. Anti oksidan dan flavonoidnya  madu berfungsi sebagai anti bakteri oleh karena itu madu merupakan obat jerawat paling mujarab.

Ciri-ciri Madu Asli

  • Aromanya kuat dan menusuk hidung
  • Rasanya melekat lama di tenggorokan
  • Tingkat kekentalannya tinggi
  • Tidak berbahaya bagi penderita diabetes
  • Saat dipanaskan madu asli tidak bereaksi
  • Tidak bisa larut dalam air dingin
  • Tidak dikerumuni semut
  • Jika didiamkan lama tak mengkristal