Sakit Kulit Bagaimana Tanda Gejala Penularannya Akibat Serta Usaha Perawatannya
March 6, 2013
Hujan terus menerus Banjir di jakarta semakin parah
January 17, 2014

Mengenal dan Memilih Makanan Karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa penting yang sangat berperan dalam mendukung aktivitas kita sehari-harinya. Makanan yang mengandung senyawa ini merupakan sumber tenaga untuk melakukan segala kegiatan. Oleh karena itu, kita perlu mengenal dan memilih makanan karbohidrat.

Selain karbohidrat, adapun lemak dan protein yang bisa kita jadikan sebagai sumber tenaga di dalam tubuh. Namun, tetap saja karbohidrat merupakan senyawa yang paling penting. Bahkan, sel-sel otak dalam melakukan kegiatan berpikir juga memerlukan karbohidrat.

Karbohidrat sendiri identik dengan makanan yang berat, misalnya nasi atau roti. Namun karbohidrat sebenarnya adalah senyawa makromolekul dengan bobot yang cukup besar dan terdiri dari monosakarida yang berikat dan membentuk molekul yang cukup besar.

Monosakarida sendiri biasanya dibentuk dari unsur karbon, hydrogen dan oksigen. Terkadang, nitrogen, fosfor dan sulfur juga hadir dalam ikatan monosakarida tersebut. Secara umum, monosakarida pembentuk karbohidrat dibedakan menjadi 3, yaitu monosakarida, disakarida, dan polisakarida.

Monosakarida merupakan bentuk karbohidrat yang paling sederhana, salah satu bentuk monosakarida adalah glukosa dan galaktosa. Sementara itu, disakarida merupakan gabungan dua monosakarida. Gabungan disakarida yang cukup terkenal adalah sukrosa yang terbentuk dari glukosa dan fruktosa.

Polisakarida merupakan gabungan besar dari monosakarida dan pembentuknya. Karena bentuknya yang besar dan kompleks, polisakarida tidak bisa dipisahkan. Bentuk yang cukup terkenal dari polisakarida adalah sellulosa, glikogen dan amilum.

Untuk mengenal dan memilih makanan karbohidrat, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Sumber karbohidrat 

Karbohidrat pada umumnya terdapat di dalam makanan pokok manusia, misalnya nasi, jagung, dan sagu. Ketiga makanan ini merupakan sumber karbohidrat yang baik. Umbi-umbian juga merupakan sumber karbohidrat yang banyak, misalnya talas, singkong, sukun dan lainnya.

Dr. Tan Shot yen juga memaparkan bahwa alpukat juga bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak tak jenuh, potassium dan zat antioksidan yang tinggi.

  • Jenis karbohidrat 

Pada umumnya, secara garis besar karbohidrat dibagi menjadi dua kelompok besar, yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Berikut ini adalah penjelasannya :

  1. a.      Karbohidrat sederhana 

Sesuai dengan namanya, karbohidrat ini memiliki susunan kimia yang sederhana. Karbohidrat sederhana terbagi dua, yaitu monosakarida dan oligosakarida. Monosakarida sendiri terbagi lagi, yaitu glukosa, fruktosa dan laktosa.

Glukosa dapat kita temukan pada buahan manis, jagung manis, serta madu. Fruktosa merupakan jenis gula yang paling manis, sehingga disebut sari manis dan laktosa bisa kita temukam di dalam susu.

Oligosakarida terbagi menjadi sukrosa, maltose trisakarida dan tetrasakarida. Sari tebu merupakan makanan yang mengandung sukrosa. Maltose bisa diperoleh dari biji-bijian dan trisakarida ada pada madu, sementara tetrasakarida terdapat pada kacang polong.

Karbohidrat sederhana biasanya telah bersih dari serat akibat pengolahannya atau secara alami mempunyai kadar serat yang rendah. Makanan seperti permen, coklat, biscuit merupakan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana merupakan makanan yang dengan cepat bisa diserap dan diubah menjadi energi oleh tubuh.

  1. b.      Karbohidrat kompleks 

Karbohidrat kompleks biasanya memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna di dalam tubuh. Biasanya, makanan yang banyak mengandung karbohidrat kompleks adalah sayur-sayuran dan buah-buahan yang berserat tinggi.

Bahan makanan karbohidrat kompleks yang masih dapat dicerna dan diserap oleh tubuh adalah biji-bijian yang berasal dari padi-padian seperti gandum, beras dan umbi-umbian. Buah-buahan yang masih muda seperti tomat, mangga, papaya, dan pisang juga mengandung karbohidrat kompleks.

Tubuh kita biasanya lebih lama memproses karbohidrat jenis ini, sehingga efek kenyang akan bertahan lebih lama. Oleh karena itu, karbohidrat kompleks sangat cocok untuk anda yang sedang menjalankan program diet.

  • Manfaat karbohidrat 

Karbohidrat merupakan sumber energi utama tubuh untuk membentuk glukosa yang menghasilkan energi. 1 gram karbohidrat memiliki kandungan energi sebesar 4 kalori. Selain itu karbohidrat juga bisa disimpan sebagai cadangan untuk makhluk hidup.

Karbohidrat juga bisa membentuk dinding sel yang berfungsi sebagai pelindung sel. Komponen pembentuk dinding sel adalah selulosa yang merupakan salah satu bentuk karbohidrat.

Inilah sekilas mengenai mengenal dan memilih makanan karbohidrat. Semoga bermanfaat