JANGAN JADIKAN KATA AUTIS SEBAGAI BAHAN CANDAAN
November 16, 2012
Lulur
November 20, 2012

Mengenal Alergi Kulit Lebih Dekat

Pernahkah anda mendengar istilah alergi kulit ? Tentunya hal ini bukan lagi menjadi suatu hal yang baru bagi kita semua. Kulit tentunya merupakan salah satu asset yang berharga bagi kita, terutama bagi kaum perempuan.

Meskipun istilah penampilan bukan segalanya, namun tidak ada salahnya bila kita ingin menjaga penampilan kita sebaik mungkin. Khususnya bagi kaum wanita yang amat sangat memperhatikan kesehatan kulit mereka.

Tidak sedikit kita jumpai wanita yang rela menghabiskan waktunya selama berjam-jam untuk menjalani spa atau sauna dengan tujuan untuk menjaga keremajaan kulit mereka. Belum lagi biaya besar yang mereka keluarkan.

Semua itu dilakukan hanya untuk menjaga kesehatan kulit mereka. Namun, tahukah anda penyakit alergi kulit ? Alergi ini sendiri adalah sebuah reaksi penolakan yang dikeluarkan oleh tubuh karena masuknya, diinjeksikan, terhirupnya suatu zat yang tidak cocok dengan tubuh.

Alergi ini sendiri terdiri dari berbagai macam jenis, misalnya alergi makanan, alergi saluran pernafasan, alergi cuaca, dan alergi kulit ini. Marilah kita mengenal alergi kulit lebih dekat. Tentunya alergi kulit merupakan penyakit yang menyerang kulit.

Alergi kulit juga sering menurunkan rasa percaya diri seseorang karena gejala yang ditimbulkannya. Apalagi bila alergi kulit menyerang bagian wajah, tentunya hal ini akan sangat tidak enak dipandang.

Kulit adalah salah satu bagian dari tubuh manusia yang amat sensitif dan berfungsi penting untuk melindungi organ tubuh manusia. Pada umumnya, alergi kulit ini lebih banyak disebabkan karena faktor keturunan, namun ada juga faktor luar yang berpengaruh.

Alergi kulit ini berbeda dengan jenis luka yang biasanya terjadi pada kulit, misalnya luka bakar, luka gores, bekas luka, dan lainnya. Oleh karena itu, tentunya alergi kulit ini membutuhkan penanganan yang berbeda dari biasanya.

Hampir setiap orang di dunia ini mengalami alergi dan alergi kulit adalah salah satu kasus yang cukup sering terjadi. Untuk lebih jelas mengenai mengenal alergi kulit lebih dekat, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.      Mengenal alergi kulit lebih dekat

Alergi kulit biasanya lebih sering disebut dengan radang kulit atau ekserma dermatitis. Penyakit ini merupakan reaksi dari tubuh yang terjadi pada bagian kulit yang dapat timbul dalam wujud ruam atau gatal-gatal pada kulit.

Penyakit ini pada umumnya bukanlah penyakit yang menular, namun penyakit ini lebih bersifat menurun ke keluarga. Pemicu alergi ini bisa bermacam-macam, misalnya makanan, obat, bulu binatang, serbuk tanaman, detergen, sabun, kosmetik, dan lainnya.

2.      Ciri-ciri alergi kulit

Alergi kulit ini biasanya terjadi karena adanya kontak langsung dengan penyebab alergi. Alergi kulit dibagi atas dua bagian, yaitu iritan dan alergik. Pada jenis iritan dapat terjadi karena adanya efek kimiawi dari zat tertentu yang langsung dirasakan oleh kulit.

Untuk tingkat keparahannya, tergantung pada seberapa lama kontak tersebut terjadi, konsentrasi zat, dan sensitivitas kulit. Sedangkan pada jenis alergik dapat terjadi karena seseorang terlalu peka terhadap suatu zat yang biasanya dipakai sehari-hari. Misalnya bahan yang mengandung logam seperti perhiasan imitasi, aksesoris, dan lainnya.

Memang terkadang sulit membedakan alergi kulit dengan penyakit kulit biasa, karena gejala kedua penyakit ini hampir sama. Oleh karena itu, simaklah beberapa ciri khas alergi kulit, yaitu :

–          Kulit akan terasa gatal dan berwarna merah

–          Pada beberapa kasus akan muncul sisik atau ruam pada kulit

–          Bagian kelopak mata, alat kelamin, dan mulut biasanya akan mengalami pembengkakan

–          Gejala awalnya kulit akan terlihat mengering, terkadang sampai meradang atau bahkan melepuh

–          Pada kasus kulit yang melepuh, kulit akan tampak berwarna merah dan pecah, sehingga menimbulkan cairan yang membuat kulit menjadi gatal.

3.      Cara mengetahui alergi kulit

Ada beberapa test yang dapat anda lakukan untuk mengetahui apakah anda terkena alergi kulit atau tidak, diantaranya :

–          Test tusuk kulit (skin prick test)

–          Test tempel kulit (patch test)

–          Test darah (blood test)

Inilah sekilas tentang mengenal alergi kulit lebih dekat. Semoga bermanfaat