Bahan dan Metode dalam Penelitian Produksi Oksitetrasiklin Dengan Immobilisasi Streptomyces rimosus #2
August 2, 2012
Tujuan dan Kegunaan Tablet Hisap
August 2, 2012

MENCEGAH KOLESTEROL TINGGI

Tubuh ideal dan sehat adalah idaman semua orang. Tidak hanya wanita yang menjaga dan merawat tubuhnya, namun di masa sekarang ini, para kaum pria pun juga terus mengontrol pola makan mereka agar tubuh mereka tidak mengalami kelebihan berat badan. Salah satu penyebab jeleknya bentuk badan kita adalah tinggi kadar kolesterol kita. Apabila kita menngalami kelebihan kolesterol, maka sudah dapat dipastikan bahwa tubuh yang kita miliki tidak akan ideal sebagaimana mestinya yang kita inginkan. Maka dari itu, mencegah kolesterol tinggi akan sangat diperlukan.

            Tubuh kita yang memiliki banyak kolesterol akan membuat penampilan kita menjadi tidak menarik, selain itu, kolesterol juga merupakan sumber awal yang akan memicu datangnya berbagai penyakit lain nantinya. Biasanya kolesterol akan menyerang kaum pria maupun wanita yang telah berusia 40 tahun ke atas dan dalam masa usia itulah yang merupakan masa masa yang paling berbahaya bagi para pria maupun wanita untuk terjangkit penyakit kolesterol ini.

Tips Pencegahan Kolesterol Tinggi

Untuk menjaga keindahan tubuh kita agar tetap memiliki penampilan yang menarik dari waktu ke waktu, maka anda sangat perlu menjaga tingkat kolesterol yang ada di dalam darah anda. Lakukanlah beberapa tips mencegah kolesterol di bawah ini untuk menjaga dan merawat tubuh anda agar tetap ideal. Tips ini dianjurkan agar dilakukan setiap hari agar dapat memberikan manfaat semaksimal mungkin.

  1. Pertahankanlah pola makan yang sehat dan tentunya seimbang. Lakukan diet rendah lemak serta rendah kolesterol, dengan demikian anda sudah dapat mencegah kelebihan kolesterol di dalam tubuh anda.
  2. Gantilah susu cair biasa anda dengan susu skim atau lebih dikenal dengan susu tanpa lemak. Selain itu anda juga dapat mengganti lemak padat dengan minyak nabati. Langkah lainnya adalah dengan mengonsumsi margarin ketimbang mengonsumsi mentega.
  3. Kurangilah mengonsumsi makanan seperti telur, susu dan daging. Ketiga jenis makanan ini kaya akan lemak dan tentunya akan meningkatkan kadar kolesterol anda.
  4. Hindarilah mengonsumsi makanan kering seperti kue kering dan gorengan. Makanan kering pada umumnya akan menggunakan banyak minyak untuk memasaknya.
  5. Perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi yang dapat larut dengan air, contohnya gandum, kacang kacang dan juga buah buahan.
  6. Tambahkan konsumsi ikan dalam keseharian anda.
  7. Bagi anda yang menyukai mabuk mabukan atau clubbing, Kuranginlah konsumsi minuman yang mengandung tingkat alkohol yang tinggi. Di samping menyebabkan tingginya kadar kolesterol, minuman beralkohol juga tidak baik bagi kesehatan anda. Alkohol dapat menyebabkan lemahnya tingkat kesadaran dalam pikiran maupun pebuatan anda nantinya.
  8. Olah raga lah yang teratur setiap harinya. Olah raga dapat anda lakukan setiap pagi hari dengan melakukan senam santai selama beberapa menit, lakukan jogging santai pada sore hari. Janganlah melakukan olah raga yang terlalu lama karena itu juga tidak baik untuk kesehatan anda.
  9. Jagalah berat badan normal anda. Selalu timbang berat anda setiap harinya. Dengan demikian anda dapat memastikan bahwa tubuh anda tetap ideal dari waktu ke watu. Jika anda merasa berat badan anda naik, maka itu adalah saatnya bagi anda untuk mengurangi konsumsi makanan yang tinggi akan lemak.
  10. Hindari rokok. Mengisap rokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang selalu dilakukan oleh masyarakat kita. Sebenarnya merokok hanyalah membuang uang kita saja. Tidak ada manfaat yang kita peroleh selain kesenangan dan ketenangan sesaat, namun penderitaan dan menyakit menanti kita kelak.

Nah, mudah saja kan untuk mencegah kolesterol tinggi ? Anda cukup mempraktekkan 10 kebiasaan di atas, maka dapat dipastikan bahwa tubuh anda akan tetap ideal sepanjang waktu. Anda tidak perlu lagi cemas akan tingginya kolesterol yang ada di dalam tubuh anda.

Ingatlah, yang perlu anda lakukan pertama kalinya adalah dengan melakukan pencegahan. Mencegah kolesterol tinggi sebelum terjadi adalah langkah yang paling baik. Jika telah terjadi masalah kolesterol tinggi, maka anda akan kesulitan untuk membendung penyakit lain yang akan datang nantinya.