Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut
February 19, 2013
Cara Mengatasi Iritasi Kulit
February 19, 2013

Mencegah dan Mengobati Panu

Mencegah dan Mengobati Panu

Panu merupakan salah satu penyakit kulit yang sering menyerang manusia. Panu memang bukanlah penyakit yang berbahaya atau mematikan, namun kehadiran penyakit ini cukup mengganggu penampilan seseorang.

Panu bentuknya seperti bercak-bercak putih yang muncul pada kulit dan terasa gatal. Panu akan terasa sangat gatal ketika tubuh anda sedang berkeringat. Kita semua tentunya tidak mau terkena penyakit kulit yang satu ini.

Oleh karena itu, informasi mengenai cara mencegah dan mengobati panu sangatlah bermanfaat dan penting bagi kita semua. Apalagi bagi kaum hawa, penyakit panu ini pastinya bisa menurunkan rasa percaya diri anda.

Hal ini karena panu biasanya muncul di tempat yang kasat mata atau bisa dilihat secara langsung. Tentunya akan menjadi sebuah hal yang buruk jika anda mengekspos panu anda kemana-mana. Selain tidak sedap dipandang mata, panu juga bisa membuat orang lain beranggapan bahwa kita adalah orang yang jorok.

Padahal, banyak sekali cara untuk mengobati panu. Namun, tetap saja mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan ? Perlu anda ingat bahwa panu adalah salah satu penyakit kulit yang cukup lama untuk disembuhkan hingga ke akar-akarnya.

Untuk lebih jelas mengenai cara mencegah dan mengobati panu, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Faktor penyebab panu 

Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya panu pada permukaan kulit, di antaranya adalah sebagai berikut :

–         Faktor gentik atau keturunan

–         Akibat dari pil KB

–         Terlalu sering berada pada ruangan dengan suhu yang panas atau lembab

–         Kehamilan

–         Menggunakan obat anti inflamasi golongan steroid seperti deksametason, betametason, dan prednisone.

Sumber dari penyakit panu ini adalah jamur Pityrosporum ovale. Pada umumnya, panu hinggap pada bagian kaki, tangan, pipi, leher, perut, dahi, punggung dan lainnya.

  • Penyebab umum panu 

Selain dari faktor diatas, panu juga bisa muncul karena kelalaian manusia. Ada beberapa kebiasaan buruk manusia yang bisa memunculkan penyakit panu, di antaranya adalah :

–         Kurang menjaga kebersihan, misalnya jarang mandi

–         Keringat yang berlebihan dan dibiarkan mengering begitu saja, sehingga menimbulkan rasa lengket di kulit

–         Panu merupakan penyakit menular, jadi bisa saja anda tertular dari orang lain yang memiliki panu.

  • Cara mencegah panu 

Ada beberapa cara untuk mencegah datangnya penyakit panu, di antaranya adalah :

–         Sebaiknya anda mandi, minimal dua kali sehari

–         Hindari penggunaan barang pribadi secara bersama-sama, misalnya handuk, pakaian dan lainnya.

–         Jemurlah handuk anda setelah digunakan

–         Cuci dengan bersih pakaian yang kotor

–         Gantilah handuk atau pakaian anda sesering mungkin

–         Usahakan anda menyimpan dan menggantung pakaian anda pada tempat yang kering.

  • Mengobati penyakit panu 

Jika anda sudah terlambat untuk menjalankan langkah pencegahan, maka berikut ini adalah beberapa alternatif untuk mengobati penyakit panu pada kulit, di antaranya adalah :

a.      Kunyit 

Tanaman ini selain dijadikan sebagai bumbu masak juga bisa dijadikan sebagai salah satu obat panu. Caranya sangat mudah, pertama-tama parutlah kunyit, kemudian campur dengan garam dapur atau garam kristal. Setelah itu oleskan pada bagian yang terkena panu secara teratur sampai panu hilang.

b.      Lengkuas 

Sama halnya dengan tanaman kunyit, tanaman ini juga dapat menyembuhkan panu dan cara penggunaannya juga sama dengan tanaman kunyit.

c.       Daun pare 

Caranya sangat mudah, campurkan pucuk daun pare dengan kapur sirih, setelah itu haluskan hingga benar-benar halus. Setelah itu gosokkan campuran tersebut pada bagian yang terkena panu hingga sembuh.

d.      Daun leunca 

Campurkan pucuk daun leunca dengan garam kristal dan kemudian bungkuslah dengan menggunakan daun pisang. Setelah itu, kukus hingga matang dan gosokkan pada kulit yang terkena panu.

e.      Kulit pohon pinang 

Pertama-tama, serutlah kulit pohon pinang dengan pisang yang masih hijau. Setelah itu, gunakan serutan tersebut untuk digosokkan pada kulit yang berpanu. Gosokkan secara rutin sampai panu benar-benar hilang.

Inilah uraian singkat mengenai cara mencegah dan mengobati panu. Semoga dapat bermanfaat