Terapi Jus Apel Untuk Mengatasai Penyakit Batu Empedu
September 19, 2012
Kumpulan Virus/Parasit yang Ada di Tubuh Manusia
September 19, 2012

Menambah Ilmu dari Jurnal Kedokteran

Mungkin sudah menjadi sebuah kewajiban bagi seorang praktisi kesehatan untuk terus belajar dan mandalami bidangnya. Namun, terlepas dari itu semua anda yang bukan seseorang yang berkecimpung di dalam dunia kesehatan, tentu saja boleh menambah wawasan anda.

Mengapa kita harus terus menerus belajar di dalam bidang ini ? Karena dari tahun ke tahun jenis-jenis terapi, penyakit, dan teknologi kesehatan semakin berkembang, sehingga kita tidak boleh lagi hanya mengandalkan satu ilmu yang kita dapatkan dalam pendidikan, akan tetapi lebih bagusnya bila kita mengikuti perkembangan jaman.

Sebenarnya, untuk belajar di bidang kesehatan anda tidak boleh hanya mengandalkan satu referensi atau sumber saja. Salah satu alternatif yang dapat kita manfaatkan adalah menambah ilmu dari jurnal kedokteran.

Apa itu jurnal kedokteran ? Jurnal kedokteran adalah sebuah jurnal valid yang berisi masalah-masalah relevan mengenai kesehatan. Pada umumnya, orang-orang yang memanfaatkan jurnal ini adalah mahasiswa kedokteran.

Di dalam jurnal ini biasanya akan dibahas masalah-masalah kesehatan yang terjadi akhir-akhir ini, selain itu di dalam jurnal ini juga dipaparkan diagnose dan cara penanganannya.

Jurnal ini bukanlah jurnal special yang hanya boleh dibaca oleh para tenaga medis saja, namun anda juga bisa membacanya agar anda mengetahui berbagai macam jenis penyakit dan cara pencegahannya.

Jurnal ini sangatlah lengkap, karena jurnal ini hampie membahas semua jenis penyakit yang ada dan kemudian direpresentasikan ke dalam bahasa yang mudah dimengerti, sehingga pembaca tidak akan merasa bosan pada saat membacanya.

Selain itu, jurnal ini tidak hanya membahas penyakit-penyakit pada orang dewasa saja, namun jurnal ini hamper membahas setiap penyakit yang mungkin terjadi bagi setiap orang di berbagai lapisan umur. Oleh karena itu, menambah ilmu dari jurnal kedokteran sangat disarankan bagi anda yang ingin memperdalam ilmu di bidang kesehatan.

Dalam proses pembelajaran terhadap suatu bidang, seharusnya kita menggunakan berbagai sumber dan media, apalagi di jaman modernisasi ini, semua serba instan dan cepat. Berbeda dengan jaman sebelumnya yang amatlah sulit dalam memperoleh sebuah informasi.

Di jaman sekarang ini, kemudahan memperoleh informasi seharusnya dimanfaatkan di dalam hal-hal yang positif, salah satunya anda dapat menambah ilmu dari jurnal kedokteran.

Tentu saja jurnal kedokteran yang anda baca haruslah merupakan jurnal yang valid atau sah. Untuk mengetahui masa valid dari sebuah jurnal kedokteran, yang terpenting adalah masa berlakunya belum melampaui 5 tahun, jadi jika sudah melampaui jangka waktu 5 tahun, anda perlu mempertanyakan kebenarannya.

Sedangkan bagi anda yang ingin menambah pengetahuan di bidang ini dengan menggunakan buku paket atau referensi, masa manfaat yang dianjurkan adalah 10 tahun. Jika buku anda sudah melewati jangka waktu tersebut, sangat disarankan bagi anda untuk membeli buku keluaran terbaru, karena dunia terus berkembang. Oleh karena itu, agar kita tidak menjadi bangsa yang tertinggal, sebaiknya anda banyak-banyak memanfaatkan media komunikasi dengan baik dan benar.

Bagi anda yang ingin menambah ilmu dari jurnal kesehatan, ada beberapa referensi yang boleh anda coba. Simaklah yang berikut ini.

1.      Referensi jurnal kedokteran
 
Sangat dianjurkan bagi anda untuk membuka website-website jurnal kedokteran di bawah ini :

a.      Pubmed
 
Pubmed adalah website jurnal kedokteran online yang banyak mengupdate hal hal baru di dalam dunia kesehatan.

b.      NEJM
 
Di dalam website ini, terdapat banyak sekali jurnal keokteran dan video kesehatan. NEJM ini merupakan sebuah website dari Inggris. Di dalam website ini, anda juga bisa mendownload sebagian jurnal.

c.       BMJ
 
Website BMJ ini hamper sama dengan NEJM, website ini juga berisi jurnal-jurnal kedokteran internasional.

d.      CDC
 
Website CDC adalah website yang berisi jurnal-jurnal kedokteran, namun lebih terpusat kepada penyakit dan infeksi. Jurnal ini merupakan jurnal buatan Amerika Serikat.

e.       WHO bulletin

WHO bulletin adalah website yang berisi tentang buletin-buletin kesehatan yang ditulis oleh ahli-ahli kesehatan di WHO.

f.       Biomed
 
Biomed merupakan website milik Negara Singapura yang berisi tentang review dan artikel kesehatan.

Inilah beberapa cara kecil untuk menambah ilmu dari jurnal kedokteran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Incoming search terms:

  • berbagai kasus majalah kedokteran
  • mengapa jurnal kedokteran dari indonesia kurang valid?
  • menambah ilmu dari jurnal kedokteran
  • malpraktek di dunia kesehatan dan solusinya
  • kasus malpraktek di bidang kode etik
  • kasus kesehatan yang terjadi di zaman modernisasi
  • jurnal yang valid
  • jurnal nejm
  • jurnal kedokteran gratis
  • cara mencari sumber belajar kedokteran yang valid