Ciri Kanker
October 24, 2012
MENGETAHUI PERTOLONGAN PERTAMA PADA PATAH TULANG
October 25, 2012

MEMILIH RUMAH SAKIT JANTUNG YANG TEPAT

Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat berbahaya. Dari namanya saja orang biasa juga tahu bahwa penyakit ini sangat serius. Jantung merupakan organ paling penting di dalam tubuh kita. Tanpa adanya jantung, maka seseorang tidak dapat dikatakan hidup.

Penyakit jantung juga dinyatakan sebagi penyakit pembunuh nomor 2 di dunia. Penyakit ini bisa menimbulkan kematian seketika pada saat serangan jantung terjadi pada penderitanya. Serangan jantung yang dimaksud adalah pada saat aliran darah terhenti secara tiba-tiba yang membuat sebagian dari sel jantung mati.

Apabila pada saat serangan jantung terjadi, sebaiknya si penderita segera mendapatkan penanganan dengan cepat, karena keterlambatan penanganan dapat menyebabkan kematian. Penanganan segera yang dimaksud adalah paling tidak 30 menit setelah serangan jantung terjadi.

Sebaiknya, penanganan demikian dilakukan dengan cara membawa pasien ke rumah sakit atau yang lebih bagusnya lagi rumah sakit khusus penyakit jantung, karena tidak semua rumah sakit biasa dilengkapi dengan fasilitas khusus untuk menangani jantung.

Penyakit jantung bukanlah penyakit yang menular, namun penyakit jantung merupakan penyakit yang bersifat turunan, artinya apabila dalam keluarga anda ada yang mempunyai riwayat penyakit jantung, maka bisa saja anda terkena penyakit ini. Oleh karena itu, untuk melakukan pencegahan dini, sebaiknya anda periksa riwayat kesehatan keluarga anda.

Untuk memilih rumah sakit jantung yang tepat, sebaiknya anda cermati fasilitas yang disediakan dan pelayanan yang diberikan. Karena, salah satu cara untuk menangani penyakit ini secara benar adalah dengan memilih rumah sakit jantung yang tepat.

Untuk lebih jelas mengenai ciri penyakit jantung, cara memilih rumah sakit jantung yang tepat, dan segala hal yang berhubungan dengan penyakit jantung, sebaiknya anda simak yang berikut ini.

1.      Ciri-ciri penyakit jantung

 

Pada umumnya, seseorang yang mempunyai penyakit jantung akan merasa sakit dan nyeri pada bagian dadanya. Rasanya seperti tertusuk jarum, hal ini mungkin disebabkan karena tersumbatnya arteri jantung sehingga aliran darah ke jantung menjadi tersendat dan menimbulkan rasa sakit tersebut.

Penyakit jantung pada umumnya muncul pada orang-orang yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi, penyakit kolestrol, penyakit gula atau diabetes, orang yang kegemukan atau obesitas, dan pada perokok berat.

Oleh karena itu, apabila anda termasuk ke dalam salah satu diatas, sebaiknya anda lakukan pengecekan dan jagalah agar jantung anda selalu dalam keadaan stabil. Berikut ini adalah ciri-ciri dari penyakit jantung :

–          Pada umumnya akan terasa nyeri di bagian dada

–          Jantung berdenyut lebih kencang seperti berdebar-debar karena adanya benda berat

–          Sering juga terjadi sesak nafas pada penderitanya

–          Di samping itu, keluar keringat dingin, rasa kesemutan, sakit pada punggung dan daerah di sekitar jantung.

–          Biasanya penderita penyakit ini akan mengalami sulit tidur

–          Pembuluh arteri jantung akan mengeras (biasanya pada penderita jantung koroner)

2.      Jenis-jenis penyakit jantung

 

Sebenarnya, penyakit jantung sama halnya dengan kanker. Letak persamaannya adalah sama-sama memiliki banyak jenis. Berikut ini adalah jenis penyakit jantung :

–          Jantung koroner, yang biasanya disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh arteri jantung.

–          Stroke, yang terjadi karena sedikitnya jumlah darah yang mengalir ke jantung.

–          Tekanan darah tinggi, merupakan pemicu terjadinya stroke dan serangan jantung.

–          Gagal jantung, kondisi dimana tubuh tidak bisa memberikan aliran darah ke jantung

–          Aritmia, merupakan gangguan pada detakan jantung atau irama detak jantung.

3.      Memilih rumah sakit jantung yang tepat

 

Untuk merawat penyakit jantung, sebaiknya anda memilih rumah sakit jantung yang tepat. Pastikan bahwa rumah sakit yang anda pilih mempunyai alat-alat untuk jantung, misalnya EKG, monitor untuk memantau tekanan darah, pulse oksimetri atau alat untuk mengukur kadar oksigen dalam darah.

Perlatan lain yang digunakan adalah ekokardiogram, yang berfungsi untuk memberikan gambaran mengenai kondisi jantung dengan menggunakan sistem ultrasound. Gambaran tersebut akan ditampilkan pada monitor dan dapat dilihat apakah darah sampai ke jantung atau tidak.

Sebenarnya, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, memilih rumah sakit jantung yang tepat merupakan langkah terbaik. Semoga bermanfaat.