Proses Pembuatan Produk Susu Bubuk
September 27, 2012
Cara Merawat Kuku Paling Mudah
September 27, 2012

Manfaat Sayuran Untuk Mencegah Kanker

Mungkin manfaat sayuran bukan lagi merupakan rahasia besar. Semua orang telah mengetahui manfaat sayuran secara luas. Oleh karena itu, tidak heran bahwa para ibu biasanya cenderung memaksa anaknya untuk mengonsumsi sayuran.

Kandungan dan vitamin di dalam sayuran amatlah banyak dan dapat mencukupi kebutuhan gizi kita dan mencegah berbagai penyakit, salah satunya adalah manfaat sayuran untuk mencegah kanker.

Sayuran bisa juga dikatakan sebagai pengobatan alternatif terhadap berbagai jenis penyakit dan sama sekali tidak menimbulkan efek samping. Banyak sekali penyakit yang bisa disembukan oleh sayuran ini, baik penyakit ringan maupun penyakit yang berat.

Sayuran telah banyak berperan penting di dalam dunia kesehatan dan gizi. Namun, unsur vitamin dan mineral di dalam sayuran mudah sekali rusak bila diolah dengan cara yang salah. Misalnya pemanasan yang berlebihan atau memasaknya terlalu matang juga bisa menghilangkan unsur penting di dalam sayuran.

Oleh karena itu, kita harus cermat dalam mengolahnya. Selain itu, anda juga harus berhati-hati dalam memilih makanan yang akan anda konsumsi. Perlu anda ingat bahwa tidak semua makanan itu sehat dan bahkan beberapa diantaranya dapat menimbulkan tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Jadi, bagi anda yang suka makan sembarangan, sebaiknya anda juga rajin mengonsumsi sayuran sebagai bentuk antisipasinya. Manfaat sayuran untuk mencegah kanker sudah terbukti secara medis dan ilmiah.

Makanan yang biasanya dapat menimbulkan sel kanker di dalam tubuh adalah makanan cepat saji (junk food) yang banyak terkandung unsur kimia di dalamnya. Namun, sudah dapat dipastikan bahwa makanan yang tidak dapat menimbulkan sel kanker, justru mencegah timbulnya sel kanker adalah sayuran.

Meskipun tidak semua sayuran mampu mencegah tumbuhnya sel kanker, namun tidak ada sayuran yang bermanfaat buruk bagi kesehatan kita. Bagaimanapun juga yang terbaik selalu yang alami bukan ?

Untuk lebih jelas mengenai manfaat sayuran untuk mencegah kanker dan jenis-jenis sayurannya, simaklah yang berikut ini.

1.      Sayuran pencegah kanker
 
Mungkin mendegar penyakit kanker, merupakan sesuatu yang serius dan ajal yang berada di depan mata. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi sayuran sebagai bentuk antisipasi pada penyakit mematikan ini. Adapun beberapa jenis sayur, yaitu :

a.      Kubis
 
Menurut berbagai penelitian, ternyata sayuran kubis mengandung senyawa yang dapat mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Berbagai kubis seperti kubis ungu, kubis hijau, kubis putih, kol, selada, dan brokoli merupakan musuh utama dari kanker.

Untuk memperoleh manfaat kubis dalam mencegah kanker, anda harus mengolahnya dengan cara yang tidak benar, yaitu dengan memasaknya dalam waktu yang lama. Maka kubis akan sangat bermanfaat dalam mencegah kanker dan tumor.

b.      Bawang putih
 
Siapa sangka bahwa makanan tambahan ini ternyata dapat mencegah kanker ? Namun, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa allyl sulfur di dalam bawang putih telah terbukti ampuh untuk mencegah kanker.

Bawang putih juga dikenal dapat mencegah terjadinya mutasi gen. Jadi, mulai sekarang biasakanlah makan bawang putih walaupun baunya menyengat.

c.       Kedelai
 
Kandungan isoflavon di dalam kedelai sudah terkenal dapat mencegah sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, serat yang terdapat di dalam sayuran ini juga dapat melindungi tubuh dari berbagai jenis kanker yang menyerang.

Misalnya kanker usus atau kanker anus. Wanita sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kedelai karena dapat mencegah terjadinya kanker payudara, kanker urine dan kanker prostat pada pria.

d.      Tomat
 
Tomat merah yang biasanya dijadikan masker untuk kecantikan ini ternyata juga mampu mencegah timbulnya sel kanker dalam tubuh. Kandungan lycopene yang merupakan zat antioksidan dalam tomat mampu mencegah tubuh dari radikal bebas, mencegah kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut, dan kanker pancreas.

e.       Jeruk
 
Karena kandungan vitamin C nya yang begitu tinggi, jeruk mampu menurunkan resiko terjadinya kanker pada usus besar. Vitamin C di dalamnya mampu menangkal berbagai radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas merupakan unsur yang memicu terjadinya kanker.

Inilah uraian singkat mengenai manfaat sayuran untuk mencegah kanker. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.