Makanlah ini Saat Terserang Flu
February 22, 2013
10 Manfaat Timun Bagi Kesehatan
February 23, 2013

MAKANAN YANG SEBAIKNYA DIHINDARI OLEH PENGGUNA KAWAT GIGI

Penggunaan kawat gigi akhir-akhir ini menjadi sebuah trend yang cukup populer di kalangan anak muda atau remaja. Berbeda dengan pandangan orang dulu yang menyatakan bahwa penggunaan kawat gigi akan merusak penampilan seseorang.

Pada dasarnya, kawat gigi digunakan untuk merapikan gigi seseorang. banyak orang yang mengalami permasalah dengan kerapian gigi mereka. Oleh karena itu, penggunaan akwat gigi merupakan solusi yang tepat.

Beberapa saat yang lalu, penggunaan kawat gigi sempat menjadi trend. Banyak orang yang menggunakan kawat gigi hanya untuk mengikuti perkembangan trend saja, tanpa melihat fungsi aslinya.

Selain itu, diciptakan pula kawat gigi atau behel palsu dengan harga terjangkau hanya sebagai sarana untuk bergaya. Namun, terlepas dari semua itu kawat gigi telah terbukti secara efektif mampu merapikan susunan gigi pada mulut seseorang.

Penggunaan kawat gigi bisa dikatakan cukup merepotkan, karena anda harus sering melakukan pemeriksaan secara rutin ke rumah sakit. Selain itu, hal yang paling merepotkan adalah dalam proses makan. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengguna kawat gigi.

Misalnya berbagai makanan yang mengandung kadar asam yang tinggi. Hal ini dikhawatirkan dapat merusak gigi atau gusi. Selain itu, dengan mengetahui makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengguna kawat gigi juga merupakan sebuah keharusan.

Hal ini karena dapat mengurangi bakteri yang ada dalam mulut, mencegah hilangnya email gigi, atau mencegah gigi dari berbagai kerusakan. Penggunaan kawat gigi ini juga biasanya memakan waktu yang sangat lama, bisa mencapai 5 atau 6 tahun.

Rata-rata pengguna kawat gigi juga merasa tidak nyaman dalam menggunakan kawat gigi, namun seiring berjalannya waktu mereka akan terbiasa. Pemasangan kawat gigi merupakan salah satu bentuk perawatan gigi yang baik, namun sayangnya perawatan yang satu ini cukup mahal, sehingga hanya bisa dijangkau oleh beberapa kalangan saja.

Untuk lebih jelas mengenai makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengguna kawat gigi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Makanan kenyal dan lengket

 

Salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengguna kawat gigi adalah makanan yang kenyal atau lengket. Mislanya pengonsumsian permen kenyal seperti caramel, permen jelly atau permen karet.

Makanan seperti ini sangat sering tersangkut pada kawat gigi dan amat sangat sulit untuk dibersihkan. Menurut beberapa ahli ortodontik, makanan seperti itu mampu merusak peralatan ortodontik seperti kawat gigi.

Selain itu, makanan seperti itu juga dikenal sebagai makanan yang mengandung kadar gula cukup tinggi, sehingga tidak baik untuk kesehatan gigi dan berpotensi menyebabkan terjadinya gigi berlubang.

  • Makanan ringan dan yang renyah

 

Jenis makanan yang satu ini mungkin agak sulit, terutama bagi anda yang suka ngemil.  Anda memang tidak dilarang untuk mengemil, namun sebaiknya anda perhatikan makanan apa yang akan masuk ke mulut anda.

Sebaiknya, bagi anda yang menggunakan kawat gigi, hindari makanan yang berstruktur renyah seperti kerupuk, kue coklat atau popcorn. Sebaiknya ganti makanan ringan anda dengan pudding rendah lemak untuk dikonsumsi pada siang hari.

  • Roti dan makanan lain dengan struktur keras

 

Salah satu jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengguna kawat gigi adalah roti ataupun makanan yang berstruktur keras. Hal ini karena roti mampu menyebabkan terbentuknya goresan pada kawat gigi.

Roti yang dimaksud disini adalah roti yang berbahan dasar gandum. Selain itu, hindari pula pengonsumsian roti bakar, karena memiliki struktur yang keras. Sebaiknya pilihlah roti yang berstruktur lembut dan mudah untuk dimakan.

Di samping itu, ada juga beberapa jenis buah yang memiliki struktur tidak lembut atau keras, misalnya wortel. Sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi wortel mentah karena teksturnya yang dinilai cukup keras.

Begitu pula dengan buah apel. Buah ini juga bertekstur keras dibandingkan dengan bauh lain. Jika anda ingin mengonsumsi apel, sebaiknya potong menjadi beberapa bagian terlebih dahulu dan barulah dikunyah secara perlahan.

Inilah sekilas mengenai makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengguna kawat gigi. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.