6 Manfaat Cabai Bagi Kesehatan
February 21, 2013
Ragam Manfaat Buah Naga
February 21, 2013

Makanan-Makanan Pemicu dan Pereda Stres

Makanan-Makanan Pemicu dan Pereda Stres

Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi untuk melanjutkan kehidupan. Banyak orang yang berpikir bahwa semua makanan yang diciptakan adalah baik untuk kesehatan tubuh kita.

Namun, faktanya tidak demikian. Ada beberapa makanan yang bahkan bisa menyebabkan beberapa penyakit berbahaya bila dikonsumsi secara terus menerus. Selain itu, ada juga makanan-makanan pemicu dan pereda stress.

Makanan-makanan pemicu dan pereda stress mungkin masih jarang kita dengar. Mungkin dalam benak anda timbul pertanyaan, apakah makanan bisa menyebabkan seseorang menjadi stress ? Makanan memang baik untuk kesehatan fisik seseorang.

Namun, tahukah anda bahwa makanan juga dapat mempengaruhi kesehatan psikologis seseorang ? Selama ini, kita semua psati pernah mengalami stress atau bahkan depresi akibat banyak hal, misalnya tekanan pekerjaan, tugas yang menumpuk, ujian, dan permasalahan lainnya.

Kita semua pasti menganggap bahwa stress ini ditimbulkan dari aktivitas tersebut. Akan tetapi, beberapa penelitian tidak sependapat dengan hal tersebut. Hal ini karena setelah dilakukan berbagai percobaan dan penelitian, mereka menyimpulkan bahwa ada beberapa nutrisi di dalam makanan yang dapat memicu terjadinya stress.

Padahal, setelah kita makan biasanya kita akan merasa senang atau bahagia karena perut kita sudah kenyang. Lantas, apa yang menyebabkan para peneliti berpendapat seperti itu ? Pada dasarnya, makanan-makanan pemicu dan pereda stress merupakan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Namun, secara tidak sadar makanan tersebut akan mempengaruhi kinerja tubuh dan hormone yang berada di luar kendali manusia. Untuk lebih jelas mengenai makanan-makanan pemicu dan pereda stress, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Makanan yang dapat memicu stress 

Pada umumnya, makanan yang dikatakan sebagai makanan yang dapat memicu stress adalah makanan yang memiliki kadar garam dan lemak yang tinggi. Makanan seperti ini akan memicu produksi hormone kortisol di dalam tubuh kita.

Hormone ini kemudian akan menghambat kinerja hormone serotonin yang bekerja sebagai penenang dan pengontrol rasa gelisah. Sehingga, hal ini akan berpengaruh pada suasana hati kita. Selain menghambat kinerja hormone serotonin, hormone kortisol juga dapat menyebabkan terjadinya pelepasan hormone neuropeptide Y dan galanin.

Kedua jenis hormone ini mampu membuat seseorang merasa ingin mengonsumsi makanan manis dan berlemak secara terus menerus, sehingga muncullah rasa bad mood. Adapun beberapa jenis makanan yang dapat memicu stress, di antaranya adalah sebagai berikut :

–         Makanan cepat saji, misalnya nugget, bakso, sosis dan lainnya

–         Makanan kaleng olahan

–         Makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, misalnya roti atau mie

–         Makanan yang mengandung lemak jenuh atau lemak trans, misalnya gorengan

Selain terdapat di dalam makanan, ada juga beberapa jenis minuman yang dapat memicu stress pada seseorang, misalnya minuman beralkohol, minuman berkafein tinggi, seperti kopi. Secara tidak sadar, orang-orang yang sering mengonsumsi minuman tersebut lebih sering mengalami stress.

  • Makanan pereda stress 

Bagi anda yang sering mengalami stress, anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa jenis makanan yang bisa meredakan stress dan memberikan efek relaks. Pada umumnya, makanan seperti ini adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi, di antaranya adalahs ebagai berikut :

–         Makanan yang banyak mengandung vitamin B. Dari dulu sampai sekarang vitamin B dikenal sebagai vitamin yang dapat merilekskan beban pikiran. Makanan yang banyak mengandung vitamin B adalah alpukat, pisang, tuna, salmon, sardine, susu dan yoghurt.

–         Makanan yang mengandung asam folat. Asam folat sendiri terkenal sebagai salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Makanan yang banyak mengandung asam folat adalah oat meal, jeruk dan asparagus.

–         Makanan yang mengandung magnesium. Pada umumnya, makanan seperti ini banyak terkandung di dalam sayuran, tofu dan kacang almond. Makanan tersebut mampu merangsang tubuh untuk memproduksi dopamine yang dapat membantu anda tidur lebih nyenyak.

–         Makanan yang banyak mengandung vitamin C. Makanan ini lebih banyak terkandung di dalam buah, misalnya jeruk, lemon, jambu, kiwi, strawberry dan lainnya.

Inilah sekilas mengenai makanan-makanan pemicu dan pereda stress. Semoga bermanfaat