Manfaat Buah Duku dan Cara Memanfaatkan Buah Duku
September 24, 2012
TIPS MERAWAT GIGI YANG PASANG BEHEL
September 24, 2012

Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh

Buah pisang mempunyai keunggulan tersendiri bagi tubuh. Buah pisang sangat apalagi jika  di konsumsi secara teratur dan rutin. Tidak salah lagi jika Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh sangat banyak dan marilah mulai sekrang kita mengkonsumsi buah ini sebab buah ini mempunyai Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh.

Pisang adalah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam.

Pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain :

–          menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain

–          Pisang kaya mineral seperti :

  •  Kalium
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Besi
  • Kalsium

Pisang juga mengandung vitamin, yaitu

  • Vitamin C
  • Vitamin B kompleks
  • Vitamin B6
  • serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.

Nilai energi pisang sekitar 136 kalori untuk setiap 100 gram, yang secara keseluruhan berasal dari karbohidrat. Nilai energi pisang dua kali lipat lebih tinggi daripada apel. Apel dengan berat sama (100 gram) hanya mengandung 54 kalori.

Namun, kandungan protein dan lemak pisang ternyata kurang bagus dan sangat rendah, yaitu hanya 2,3 persen dan 0,13 persen. Meski demikian, kandungan lemak dan protein pisang masih lebih tinggi dari apel, yang hanya 0,3 persen.

kadar zat besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gram dan seng 0,8 mg.

Kandungan vitaminnya sangat tinggi, terutama provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gram berat kering.

Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu :

  • tiamin
  • riboflavin
  • niasin, dan
  • vitamin B6 (piridoxin).

Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gram.

Berikut Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh  :

–          menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Kandungan serat yang dimiliki pisang dapat membantu mengatur sistem pencernaan tubuh serta mempertahankan gerakan usus tetap teratur. Kandungan pektin pada buah pisang mampu mencegah sembelit.

–          Pisang buah yang Baik Untuk Ginjal

kandungan potasium yang terdapat pada pisang memiliki Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh yang baik bagi kesehatan ginjal. Disaat tubuh mendapatkan cukup asupan potasium, tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dalam urin dengan baik. Kondisi ini akan membuat ginjal berfungsi secara optimal dan juga dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.

–          Kesehatan Tulang

Fructooligosaccharide adalah salah satu prebiotik baik yang dimiliki oleh buah pisang yang memungkinkan tubuh kita untuk menyerap nutrisi secara lebih mudah dan maksimal. Dengan terserapnya kalsium secara maksimal, akan membuat tulang Anda menjadi sehat dan kuat. Serta mencegah osteoporosis

–          Menurunkan Tekanan Darah

Khasiat Buah Pisang Untuk Kesehatan Tubuh berikutnya adalah menetralkan tekanan darah tinggi. Kadar kalium yang cukup tinggi dari buah pisang dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi serta stroke.

–          Penambah Energi

Saat memakan pisang kita akan lebih cepat kenyang, hal ini dikarenakan pisang kaya akan kandungan karbohidrat sehat. Karbohidrat inilah yang dapat menampah energi bagi tubuh kita. Sehingga kita dapat terus semangat berakktivitas.

–          Berguna bagi Kesehatan Mata

Dengan mengkonsumsi minimal tiga buah pisang setiap hari dapat menurunkan resiko gangguan pengelihatan karena usia senja atau biasa disebut degenerasi makula.

–          Memengaruhi Mood

Percaya atau tidak pisang memiliki pengaruh dalam meningkatkan mood Anda. Kandungan neurotransmiter pada buah ini dapat membantu Anda merasa tenang dan menstabilkan suasana hati (mood) secara alami.

–          Mengurangi Depresi

Pisang mengandung tryptophan, sebuah asam amino yang dapat diubah menjadi serotonin, yang mengarah ke perbaikan suasana hati

–          Anemia

Pisang relatif tinggi zat besi, yang membantu fungsi hemoglobin tubuh

–          Sembelit dan Diare

Pisang mengandung pektin, serat yang larut (hidrokoloid) yang dapat membantu menormalkan gerakan melalui saluran pencernaan.

Incoming search terms:

  • fungsi pisang