Bawang Putih dan Berbagai Khasiatnya
February 18, 2013
11 Alasan Untuk Mengonsumsi Buah Delima
February 19, 2013

Khasiat Bawang Merah Tak Kalah Dengan Bawang Putih

Khasiat Bawang Merah Tak Kalah Dengan Bawang Putih

Kita semua pasti pernah mendengar cerita atau kisah bawang merah dan bawang putih. Ternyata, persaingan kedua jenis bumbu dapur ini tidak hanya terjadi di dalam dongeng saja, melainkan juga pada kehidupan nyata.

Maksud dari persaingan disini adalah kontribusi masing-masing bawang ini kepada kesehatan manusia. Memang kedua bumbu ini sama-sama memberikan khasiat yang baik bagi tubuh manusia. Hal ini telah terbukti melalui berbagai penelitian secara klinis.

Namun, dalam kehidupan sehari-hari memang harus kita akui bahwa kebanyakan dari kita lebih sering menggunakan bawang putih. Hal ini mungkin karena baunya yang harum serta kecocokkannya pada berbagai masakan membuat bawang putih lebih populer dari pada bawang merah.

Namun, tahukah anda bahwa khasiat bawang merah tak kalah dengan bawang putih ? Mungkin kebanyakan dari kita juga sudah tahu manfaat bawang putih bagi kesehatan manusia, namun bagaimana dengan bawang merah ?

Sebenarnya, kedua bawang ini sama-sama memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh kita. Jadi, tidak ada salahnya jika kita sesekali menggunakan bawang merah sebagai bumbu utama dalam memasak.

Banyak sekali senyawa penting yang terkandung di dalam bawang merah. Mungkn manfaat bawang merah masih sedikit asing di telinga kita, namun tidak ada salahnya anda membaca khasiat bawang merah tak kalah dengan bawang putih yang akan disajikan berikut ini.

  • Senyawa quercetin

 

Salah satu senyawa yang terdapat di dalam bawang merah adalah senyawa quercetin.  Senyawa ini merupakan senyawa penting polifenol yang berasal dari keluarga anti oksidan flavonoid. Senyawa ini memang lebih banyak terkandung di dalam bawang merah dari pada bawang putih.

Senyawa ini juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, di antaranya adalah :

–         Senyawa ini juga mempunyai sifat anti inflamasi yang bisa membuat resiko kanker pada seseorang menurun.

–         Selain itu, penyakit seperti arthritis  atau berbagai penyakit lain yang bersifat peradangan juga dapat diobati dengan menggunakan senyawa ini

–         Bagi pria, senyawa ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan prostat dan mencegaj terjadinya kanker prostat.

–         Senyawa ini juga bersifat anti histamine alami yang bisa mengurangi resiko alergi

–         Beberapa penelitian yang dilakukan terhadap senyawa ini, dihasilkan bahwa senyawa ini bisa meningkatkan kadar kolestrol sehat di dalam tubuh dan menurunkan kadar kolestrol jahat.

  • Senyawa belerang

 

Ternyata, di dalam bawang merah juga terkandung senyawa belerang. Senyawa inilah yang menyebabkan bawang merah terasa pedas, memberikan aroma yang khas pada bawang merah, dan membuat mata kita mengeluarkan air pada saat mengupas bawang ini.

Namun, banyak sekali manfaat yang tersimpan di balik senyawa ini, di antaranya adalah sebagai berikut :

–         Senyawa ini mempunyai sifat anti mikroba dan anti bakteri yang bisa memerangi sel kanker di dalam tubuh

–         Senyawa ini bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan pada pernafasan, misalnya asma

–         Selain itu, senyawa belerang juga sangat membantu mencegah terjadinya pembekuan darah, penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan pengerasan pada pembuluh darah atau arterisklerosis.

  • Vitamin A, C dan E

 

Bawang merah juga mengandung berbagai vitamin penting untuk tubuh. inilah salah satu alasan mengapa khasiat bawang merah tak kalah dengan bawang putih. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin A berperan penting untuk menjaga indera penglihatan dan kesehatan mata kita.

Vitamin C berguna untuk menangkal berbagai radikal bebas yang berpotensi untuk menyebabkan kanker dan menjaga kesehatan tubuh. Sedangkan vitamin E sangat baik untuk kesehatan alat reproduksi dan kecantikan kulit.

  • Tembaga

 

Tembaga merupakan salah satu zat mineral penting yang dapat membantu memelihara kesehatan tulang dan sendi untuk mencegah terjadinya osteoporosis dini. Berbagai penelitian lain yang dilakukan pada bawang merah ini juga menyatakan bahwa bawang merah dapat mencegah gangguan pada usus dan lambung.

Jika anda sering mengonsumsi bawang merah, maka anda akan terhindar dari kanker usus  dan kanker lambung. Selain itu, senyawa dalam bawang merah juga bisa mndukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.