Virus Penyakit yang Biasa Ada Pada Anak
November 8, 2012
KELOMPOK RENTAN PENYAKIT KURANG GIZI
November 10, 2012

KELOMPOK RENTAN PENYAKIT KURANG GIZI

Mungkin kita semua sudah pernah mendengar penyakit kurang gizi atau malnutrisi ini yang sering terjadi pada daerah-daerah kumuh dan tertinggal. Apabila hal ini tidak segera ditangani maka akan menimbulkan akibat yang lebih parah lagi.

Kelompok rentan penyakit kurang gizi ini sebenarnya disebabkan oleh berbagai hal, termasuk gaya hidup dan makanan yang dikonsumsi. Mungkin anda belum terlalu paham mengenai penyakit kurang gizi ini. Jadi lebih baik anda simak terlebih dahulu perngertian gizi ini.

Gizi adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk berbagai hal, misalnya bertumbuh atau berkembang. Secara umum, gizi disebut juga sebagai kalori, protein, lemak, mineral, dan vitamin.

Tentunya semua gizi yang masuk ke dalam tubuh tersebut harus dalam keadaan seimbang dan tidak boleh berlebih, karena apabila terlalu banyak yang masuk ke dalam tubuh, maka dapat menyebabkan kelebihan gizi yang menyebabkan berbagai penyakit, misalnya obesitas.

Sedangkan apabila jumlah gizi yang masuk ke dalam tubuh tidak cukup atau kekurangan, maka bisa menyebabkan penyakit kurang gizi ini atau malnutrisi. Untuk lebih jelas, mari kita simak kelompok rentan penyakit kurang gizi yang akan disajikan berikut ini.

1.      Penyebab kekurangan gizi

Pada dasarnya, kelebihan atau kekurangan gizi itu disebabkan karena jumlah gizi yang meruk ke dalam tubuh itu tidak seimbang. Secara umum, penyebab kekurangan gizi dibagi menjadi dua, yaitu penyebab langsung dan penyebab tidak langsung.

Penyebab langsung adalah adanya ketidaksesuaian asupan gizi dengan jumlah gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini mungkin disebabkan karena masalah ekonomi, karena tidak semua orang mampu memenuhi kebutuhan gizinya secara terus menerus.

Hal ini dapat membuat badan menjadi kurus dan mudah sekali terserang oleh berbagai penyakit. Pada umumnya, penyakit ini lebih banyak menyerang anak-anak dan balita. Sedangkan penyebab tidak langsungnya adalah :

–          Biasanya karena kurangnya pengetahuan tentang makanan dan kaitannya dengan kesehatan tubuh. Hal ini sering sekali terjadi pada orang-orang dengan kalangan ekonomi tidak mampu, karena tidak mampu menghidangkan makanan yang bergizi.

–          Selain itu, adanya kepercayaan atau mitos terhadap jenis makanan tertentu, misalnya suatu makanan tidak boleh dikonsumsi karena tabu, padahal makanan tersebut sebenarnya bergizi tinggi. Hal ini biasanya sering sekali terjadi pada masyarakat pedesaan yang berpendidikan rendah.

–          Faddisme makanan yaitu sebuah sifat dimana terlalu suka terhadap satu jenis makanan, sehingga ia terus menerus mengonsumsi makanan itu tanpa diselingi atau didampingi oleh makanan lain, akibatnya kebutuhan gizi menjadi tidak terpenuhi. Hal ini biasanya terjadi pada masyarakat perkotaan, yaitu dalam mengonsumsi junk food.

–          Selain itu, bisa juga karena keinginan untuk berhemat, sehingga biasanya sang ibu hanya membeli makanan yang murah tanpa memperhatikan kandungan gizi di dalamnya.

–          Selain itu, bisa juga karena jarak kelahiran yang terlalu dekat. Seorang bayi baiknya disusui sampai ia berusia 2 tahun. Apabila sebelum 2 tahun si ibu sudah mengandung lagi, maka kebutuhan ASI akan sulit untuk dipenuhi. Padahal ASI merupakan sumber gizi utama dari seorang bayi.

2.      Kelompok rentan penyakit kurang gizi

Penyakit ini sebenarnya bisa menimpa siapa saja, hanya saja ada beberapa kelompok rentan penyakit kurang gizi. Biasanya yang paling sering adalah bayi dan balita. Untuk lebih lengkap simaklah yang berikut ini.

a.      Kelompok bayi

Sebenarnya, bayi merupakan kelompok yang paling membutuhkan zat gizi karena sedang berada dalam masa pertumbuhan. Pada umumnya, bayi sehat adalah bayi yang dilahirkan dengan berat badan 2,5 sampai 3,5 kg dan akan mencapai kelipatannya dalam 6 bulan.

Untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi, sebaiknya seorang ibu memberinya ASI eksklusif. Perlu anda ketahui bahwa tidak ada susu formula yang mampu menggantikan ASI.

b.      Kelompok balita

Pada masa balita, anak juga sebenarnya memerlukan gizi yang banyak agar bisa bertumbuh menjadi anak yang sehat. Pada masa ini, sebaiknya anda memenuhi kebutuhan tubuhnya, terutama terhadap zat vitamin, baik vitamin A, B, C, D, maupun K

 

Inilah uraian singkat mengenai kelompok rentan penyakit kurang gizi. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • ciri-ciri kekurangan gizi yang bisa membuat penyakit