Memilih Makanan Sehat Untuk Diet Sehat
July 19, 2012
Memberi Makanan Bayi Umur 6 Bulan
July 19, 2012

Jus Makanan Sehat Untuk Balita Anda

Jus Makanan Sehat Untuk Balita Anda

Pada umumnya, pada saat memasuki usia 6 bulan bayi anda memerlukan makanan tambahan selain dari ASI. Pada usia ini, anda boleh memperkenalkan makanan baru pada bayi anda.

Akan tetapi, pemberian jus makanan sehat untuk balita anda juga harus dilakukan secara bertahap. Anda tidak boleh langsung memberikannya makanan padat. Perlu anda ingat dengan baik bahwa sistem pencernaan buah hati anda belum terbentuk dengan sempurna.

Anda boleh mencoba dengan jus makanan sehat untuk balita anda. Ingin tahu seperti apa itu jus makanan sehat untuk balita anda ? Simaklah beberapa kiat berikut ini.

1. Bayi 6-7 bulan

Pada saat bayi anda memasuki periode ini, anda bisa mulai dengan memberikan jus yang berasal dari buah-buahan maupun sayur. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengenalkan lidah bayi terhadap makanan yang masuk.

Sebaiknya, anda memulainya dengan memberikan buah dan sayur yang lembut seperti, papaya, pisang, apel, melon, wortel, tomat, daun bayam, kangkung, atau brokoli. Dianjurkan anda tidak memberinya makanan padat seperti kentang, ubi-ubian, ataupun bubur nasi.

2. Bayi 7-9 bulan

Ketika bayi anda memasuki periode ini, anda boleh mengenalkannya pada makanan yang lebih padat. Untuk memenuhi kebutuhan karbohidratnya anda dapat memberikannya jus yang banyak mengandung sari pati, seperti : labu, jagung, dan kentang.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan protein, vitamin dan mineralnya anda dapat memberikannya sayur-sayuran, buah-buahan, ikan laut tanpa duri, tahu, dan tempe secara bervariasi. Perlu anda ingat bahwa sistem pencernaan bayi anda belum terbentuk dengan sempurna. Oleh karena itu, sebaiknya anda jangan memberikan makanan yang terlalu berat, seperti daging ayam atau sapi.

3. Bayi 9-12 bulan

Pada tahap ini, anda boleh mengenalkan bayi anda pada makanan yang lebih padat, namun masih dalam bentuk bubur atau jus. Buat jus makanan sehat untuk balita anda lebih bervariasi lagi. Anda juga boleh memberikan makanan seperti :umbi-umbian, hati ayam, dan daging ayam atau sapi.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat jus makanan sehat untuk balita anda, diantaranya:

Penting bagi anda untuk memperhatikan kadar gula dalam jus buah untuk balita anda, karena gula dapat menyebabkan karies pada gigi. Sebaiknya anda memberikan jus buah lewat cangkir minumnya, jangan lewat botol apalagi diberikan sambil tiduran.

 

Anda juga perlu memperhatikan volume jus buah yang anda berikan. Sebaiknya sebanyak 1600 kcal perhari, yang setara dengan 120-170 ml perharinya. Jangan diberikan secara berlebihan, karena tidak akan memberikan manfaat lain selain asupan gula pada bayi.

 

Pemberian jus buah dalam jumlah berlebihan, dapat menimbulkan masalah kesehatan bagi bayi anda, seperti : diare kronik, masuk angin, perut kembung, dan sakit perut.

 

Jangan menambahkan gula atau garam, paling tidak sampai bayi anda berusia 1 tahun. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar anak mengetahui rasa makanan secara alamiah.

 

Jangan meniup makanan ketika makanan masih dalam keadaan panas. Jika anda meniup makanan bayi anda, secara tidak langsung anda telah menyebarkan radikal bebas dan bibit penyakit kepada anak anda. Sebaiknya, anda biarkan makanan menjadi hangat sebelum anda menyuapi anak anda.

 

Dalam proses pengolahan makanan untuk balita anda, sebaiknya anda kukus terlebih dahulu sebelum dijus, agar kandungan gizi dalam makanan tetap terjaga dengan baik.

 

Perlu anda ingat, jus buah tidak direkomendasikan kepada bayi usia 0-6 bulan. Makanan satu-satunya yang boleh anda berikan pada usia 0-6 bulan hanyalah ASI. Tidak tertutup kemungkinan juga untuk memberikan susu formula, bagi anda yang tidak mampu memberikan ASI. Pada saat bayi anda berusia 6 bulan, barulah anda boleh mengenalkan jus buah padanya.

 

Batasi jumlah lemak yang masuk kedalam tubuh balita anda. Lemak memang dapat membantu proses pencernaan dan penyerapan vitamin ke dalam tubuh, namun sebaiknya lemak yang masuk tak lebih dari 30% dan 10% untuk lemak jenuh.

 

Ikutilah tips diatas untuk memberikan hasil terbaik bagi buah hati anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Incoming search terms:

  • makanan sehat bayi 7 bulan
  • jus sehat untuk balita
  • makanan sehat untuk bayi 7 bulan
  • sayuran sehat untuk bayi 7 bulan
  • jus sehat buat balita
  • jus sehat bayi usia 7 bulan
  • makanan bayi umur 6 bln jus ikan laut
  • makanan sehat bayi 7 bln
  • makanan sehat buat bayi 7 bulan
  • makanan sehat untuk balita 7 bulan