Waspadai Alergi Obat
November 16, 2012
Mengenal Alergi Kulit Lebih Dekat
November 17, 2012

JANGAN JADIKAN KATA AUTIS SEBAGAI BAHAN CANDAAN

Sering kali kita secara tidak sadar maupun sadar akan menyebut seseorang dengan sebutan ‘autis’sebagai bahan candaan. Mungkin menurut sebagian orang hal tersebut adalah hal biasa, namun tentunya ada juga orang yang sakit hati.

Misalnya saja ada seorang teman anda yang sangat sibuk dalam memainkan hadnphonenya atau bermain games di depan komputer seharian dan kita cenderung menyebut hal tersebut autis, karena mereka tenggelam di dunianya sendiri.

Kalimat autis itu sering kali kita sebutkan tanpa mengetahui arti sebenarnya dari autis itu sendiri. Memang banyak orang yang apabila sudah disibukkan dengan kegiatannya sendiri, maka ia akan sulit untuk menanggapi dan menerima ajakan orang lain.

Sehingga, akan terlihat seakan-akan ia tidak peduli pada orang lain dan hanya disibukkan oleh kegiatannya itu saja. Namun, sebaiknya anda jangan jadikan kata autis sebagai bahan candaan, karena bisa menjadi sebuah kata yang sangat mengandung permusuhan.

Sekarang ini, jika dilihat dari dunia kejiwaan, sepertinya sudah terbagi ke dalam dua konteks. Konteks yang serius dan yang bercanda. Pada konteks bercanda adalah ketika kita mengejek teman kita dengan kata gila atau autis.

Sebenarnya, tidak ada unsur humor di dalam masalah kejiwaan yang dialami oleh seseorang, jadi sebaiknya jangan jadikan kata autis sebagai bahan candaan. Kata autis tentunya tidak lagi asing bagi kita semua, namun masih banyak yang belum mengetahui arti sebenarnya dari autis.

Untuk lebih jelas mengenai autisme dan berbagai ciri khasnya, simaklah yang berikut ini.

1.      Mengenal autisme

Autisme merupakan suatu kondisi yang dialami seseorang sejak lahir ataupun pada masa ia balita (3 tahun) yang menyebakan ia tidak mampu berkomunikasi secara normal dengan lingkungan di sekitarnya.

Mungkin ciri autisme belum banyak dilihat oleh orang-orang, sehingga sering sekali dijadikan sebagai bahan candaan, namun apabila anda sudah mengenal autisme dengan baik, tentunya anda tidak bisa menjadikan penyakit psikologis ini sebagai bahan candaan.

Pada umumnya, penyandang autis akan hidup di dalam dunianya sendiri dan jarang sekali merespon berbagai rangsangan yang diberikan kepadanya. Ada beberapa tingkatan dalam autisme, dari yang ringan sampai yang parah.

Biasanya anak autis disebut juga sebagai angelic child atau anak-anak malaikat. Hal ini mungkin karena mereka memiliki rupa yang amat menawan dan tutur kata yang sangat jujur dan selalu mengatakan apa adanya.

Namun dibalik semua itu, mereka memiliki perilaku yang amat sangat pemarah dan bisa mengamuk kapan saja. Selain itu, karena mereka lebih suka melakukan segala sesuatu sesuai dengan keinginan mereka sendiri, mereka amat sulit untuk dikendalikan.

2.      Ciri-ciri anak autis

Ada beberapa ciri khas dari penyandang autisme yang perlu anda perhatikan, karena bisa saja anak anda menderita autis, namun anda tidak menyadarinya, diantaranya ;

–          Pada umumnya mereka tidak bisa berinteraksi dengan lancar, mereka juga sangat jarang melakukan kontak mata pada lawan bicara mereka, dan mereka juga tidak menunjukkan ekspresi wajah apapun dengan disertai gerakan tubuh yang kurang focus.

–          Selain itu, cara mereka berkomunikasi juga sulit untuk dimengerti, bahkan oleh orang tuanya sendiri. Seringkali penderita autis tidak dapat berempati atau merasakan suatu perasaan tertentu.

–          Mereka juga memiliki perilaku emosi yang tidak normal, hal ini dengan ditandai kurangnya timbal balik emosi dengan lawan bicara mereka.

–          Pola bermain mereka juga tidak seperti anak-anak lainnya. Pada umumnya pola bermain mereka monoton dan kurang bervariasi

–          Penyandang autisme juga memiliki gangguan sensorik dan motorik yang memerlukan penanganan khusus, karena mereka tidak bisa berkomunikasi secara non verbal.

–          Biasanya mereka juga memiliki cara mempertahankan dan menginginkan sesuatu yang khas yang di luar dari kebiasaan anak-anak normal lainnya.

–          Mereka juga memiliki perkembangan tubuh yang terlambat, sehingga sering sekali mereka belum bisa berbicara pada usia yang semestinya mereka sudah bisa berbicara dengan lancar.

–          Mereka juga tampak senang menyendiri, seolah-olah mereka hidup di dunianya sendiri.

Inilah sekilas mengenai autisme dan jangan jadikan kata autis sebagai bahan candaan. Semoga bermanfaat

Incoming search terms:

  • candaan anak autis
  • fungsi naoh pada eudagrit
  • kalimat bercanda mengejek