PENYAKIT REMATIK PENYAKIT MULTI WAJAH
October 26, 2012
Jenis jenis penyakit kulit
October 27, 2012

Herpes Genitalis, Penyakit Kelamin yang Immortal

Pasti sebagian besar dari kita pernah mendengar istilah herpes genitalis, penyakit kelamin yang immortal, apalagi bagi anda yang suka mengikuti berbagai seminar mengenai bahanya penyakit. Herpes merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan menakutkan.

Herpes dikategorikan sebagai penyakit kelamin yang menular, artinya penyebarannya bisa dilakukan oleh orang ke orang lain. Penyakit yang menyerang alat kelamin ini merupakan penyakit yang sudah banyak menjangkit manusia.
Memang harus kita akui bahwa dunia sekarang yang telah mengalami globalisasi dan modernisasi dalam berbagai bidang, termasuk kesehatan telah menawarkan berbagai kemudahan pada manusia.

Namun, sayangnya hal ini tidak berlaku bagi herpes genitalis, penyakit kelamin yang immortal. Karena hingga saat ini vaksin atau obat efektif untuk penyakit ini belum ditemukan. Oleh sebab itulah penyakit ini mendapat sebutan herpes genitalis, penyakit kelamin yang immortal.

Walaupun penyakit ini tidak sampai menimbulkan kematian bagi penderitanya, penderita herpes sebenarnya memerlukan penanganan yang serius, karena penyakit ini bisa muncul berulang-ulang dengan gejala yang cukup merepotkan.

Untuk lebih jelas mengenai Herpes genitalis, penyakit kelamin yang immortal, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1. Sekilas tentag herpes
Penyakit herpes sebenarnya disebabkan oleh sebuah virus yang bernama Herpes Simplex Virus. Apabila virus ini telah memasuki tubuh anda, maka selamanya virus ini akan tinggal di dalam tubuh anda.
Namun bukan berarti virus yang di dalam tubuh manusia akan menyebabkan penyakit herpes. Gejala penyakit herpes genitalis ini muncul dalam kondisi tertentu. Inilah sebabnya banyak orang yang tidak menyadari bahwa ia telah terjangkit oleh virus ini.
Gejala yang ditimbulkan oleh virus ini dapat terjadi secara berulang-ulang dan pada umumnya pasien yang mengidap penyakit ini akan mengalami kemunculan gejalanya paling tidak setiap setahun sekali, seperti ulang tahun.

2. Gejala herpes genitalis
Pada awal terjadinya infeksi primer virus herpes simplex ini biasanya akan sulit untuk dideteksi. Gejala hanya akan muncul pada kondisi tertentu, misalnya pada saat anda mengalami demam, stress, kondisi tubuh dan lingkungan yang memburuk, daya tahan tubuh yang menurun, masa menstruasi, ataupun terlalu lama terkena sinar matahari.
Gejala awal pada saat infeksi primer terjadi pada orang yang terjangkit penyakit herpes adalah terkena flu, demam yang tinggi, rasa sakit pada otot, muncul benjolan-benjolan kecil pada alat kelamin, mulut, lidah, atau bibir yang menyerupai cacar air. Benjolan tersebut biasanya akan sangat gatal, namun apabila digaruk akan menjadi perih.
Pada pria, benjolan tersebut bisa muncul pada bagian luar kelenjar penis, batang penis, buah zakar, atau daerah di sekitar anus. Sedangkan pada wanita, benjolan ini biasanya muncul di sekitar bagan labium mayora (bibir besar alat vital), labium minora (bibir kecil alat vital), bahkan bisa mencapai daerah leher rahim (serviks).
Untuk mendapat kepastian bahwa benjolan tersebut memang merupakan penyakit herpes genitalis, benjolan berair tersebut akan dibedah dan kemudian diteliti oleh para ahli. Selain itu, dilakukan juga tes darah pada pasien.
Apabila memang positif terjadi penyakit herpes genitalis, maka cairan di dalam benjolan maupun cairan darah kan mengandung virus herpes simplex yang akan sangat berbahaya apabila mengenai lapisan kulit lainnya.
Gejala infeksi berulang selanjutnya hampir sama dengan ketika terjadinya infeksi primer, namun benjolan berair yang terbentuk biasanya lebih kecil dan umurnya lebih pendek, yaitu 3 atau 7 hari. Namun, tetap saja hal ini akan mengganggu kehidupan manusia.

3. Cara penularan herpes
Penyakit ini ditularkan dengan melakukan kontak seksual dengan penderita, baik berhubungan intim, oral seks, ataupun seks anal. Selain itu, ibu hamil yang menderita herpes juga bisa menularkan penyakit ini pada bayi yang dikandungnya.
Bagi pasangan suami istri yang salah satunya menderita penyakit ini, sebaiknya menggunakan kondom atau spermicidal foam (busa pembasmi sperma). Spermicidal foam ini mampu membunuh virus dan kondom berfungsi sebagai penghambat masuknya virus.
Sekali lagi perlu anda ingat bahwa virus herpes tidak akan pernah mati di dalam tubuh kita. Inilah sekilas tentang herpes genitalis, penyakit kelamin yang immortal. Semoga bremanfaat.

Incoming search terms:
penyebab penyakit herpes genitalis
apakah pasangan suami istri yang menderita herpes boleh hamil
benjolan di alat kelamin amat besar dan pedih
gambar skema patofisiologi herpes genitalis
herpes pada alat vital
Membunuh virus herpes genitalis