Hujan terus menerus Banjir di jakarta semakin parah
January 17, 2014
Diet Alkaline
April 20, 2014

Diet Ala Astrid Tiar

Diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh seseorang atau organisme tertentu. Jenis diet sangat dipengaruhi oleh latar belakang asal individu atau keyakinan yang dianut masyarakat tertentu. Walaupun manusia pada dasarnya adalah omnivora, suatu kelompok masyarakat biasanya memiliki preferensi atau pantangan terhadap beberapa jenis makanan.

Berbeda dalam penyebutan di beberapa negara, dalam bahasa Indonesia, kata diet lebih sering ditujukan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu. Artikel ini akan membahas mengenai diet dalam pengertian yang kedua.

Dalam pekembangannya, diet dalam konteks upaya mengatur asupan nutrisi dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

– Menurunkan Berat (Massa) Badan misalnya bagi model atau aktris yang ingin menjaga penampilannya.

– Meningkatkan Berat (Massa) Badan misalnya bagi olahragawan atau atlet binaraga yang ingin meningkatkan massa otot.

– Pantang Terhadap Makanan Tertentu misalnya bagi penderita diabetes (rendah karbohidrat dan gula).

Berdasarkan riset yang dilakukan terhadap populasi penduduk Amerika Serikat, terdapat 60,5% penduduk berusia dewasa mengalami kondisi berat badan berlebih (data tahun 2005). Berdasarkan data tersebut, beberapa ahli yakin bahwa kebiasaan hidup dan pola makan memegang faktor yang lebih dominan dalam memengaruhi berat badan seseorang bila dibandngkan faktor internal. Dua faktor eksternal yang sangat dominan adalah aktivitas fisik dan asupan nutrisi. Seseorang dapat dengan mudah mengurangi berat badannya tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan pembakar lemak dan semacamnya dengan meningkatkan aktivitas serta mengurangi asupan makanan ke dalam tubuhnya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjalankan diet sehat.

Salah satu metode diet untuk menjaga keseimbangan berat badan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan adalah diet ala astrid tiar.

1. Diet ala astrid tiar

Pemain sinetron sekaligus presenter, Astrid Tiar, sempat memiliki bentuk badan yang gemuk karena dirinya melahirkan beberapa waktu lalu. Kini dengan berbagai upaya serta tekad yang kuat, pemain sinetron Pernikahan Dini itu, berhasil menurunkan berat badannya. Ia berhasil menurunkan berat badannya dalam jumlah yang banyak, hanya dalam waktu beberapa bulan saja.

“Sudah turun 40 kg dalam lima bulan kurang. Dulu waktu keluar dari rumah sakit 96 kg, sekarang 57 kg meski kemarin sempat 60 kg, ” ucapnya, saat ditemui di sela-sela syuting Extravaganza, di Studio Cawang, Jakarta Timur.

Bahkan pemilik nama lengkap Astrid Tiar Yosephine Panjaitan itu, berencana akan menurunkan berat badannya kembali. Wanita kelahiran 12 Juli 1986 tersebut beralasan, dirinya mempunyai ukuran berat badan idealnya sendiri.

2. Diet sehat

Seseorang dapat dengan mudah mengurangi berat badannya tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan pembakar lemak dan semacamnya dengan meningkatkan aktivitas serta mengurangi asupan makanan ke dalam tubuhnya. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjalankan diet sehat.

– Tetapkan target di awal program. Tak usah muluk-muluk. Turun berat badan 0,5 kg per minggu adalah ideal. Bila drastis justru berbahaya bagi kesehatan. Untuk tambahan motivasi, gantunglah hot pants atau celana jins favorit Anda yang sudah lama ngumpet di lemari, di tempat

yang mudah terlihat.

– Anda tetap butuh 1.200-1.500 kalori per hari agar tubuh tetap prima. Membabat kalori hingga tersisa 600 sampai 800 kalori per hari akan memperlambat proses metabolisme tubuh. Jika metabolisme berjalan lambat, kesempatan lemak menimbun dalam tubuh pun makin besar. Bukannya langsing, malah penyakit yang datang

– Mulailah hari dengan sarapan 300-400 kalori, tapi bukan dengan makanan berlemak tinggi. “Pilihlah setangkup roti gandum panggang isi dadar 1 butir telur, ditambah 1 mangkuk salad. Atau, 100 gram nasi dengan 1 potong ikan ditambah 1 mangkuk sayur,” saran dr. Pauline Endang SpGK, dokter spesialis gizi klinis di Jakarta.

– “Kurang minum bisa memperberat kerja ginjal yang dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi. Hal ini dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh,” kata dr. Endang. Jika Anda rajin minum air putih 1,5 liter atau 8 – 10 gelas per hari, tanpa diet apa pun, maka dalam waktu satu tahun bobot Anda bisa turun hingga 2,5 kg.

– Olahraga selama 60-90 menit, 3-4 kali seminggu, wajib dilakukan.