BRONKITIS, JANGAN PERNAH DIREMEHKAN
October 23, 2012
MEMILIH RUMAH SAKIT JANTUNG YANG TEPAT
October 24, 2012

Ciri Kanker

Penyakit kanker sebagaimana seperti yang kita ketahui merupakan penyakit berbahaya yang dapat menimbulkan kematian pada penderitanya. Penyakit kanker merupakan penyakit pembunuh nomor satu di dunia.

Sampai saat ini, belum ditemukan cara pengobatan dan penanganan yang efektif bagi pasien penderita kanker. Pada umumnya, pengobatan yang diberikan oleh dokter hanyalah bersifat sementara saja.

Kemudian pada beberapa bulan kemudian, sel kanker akan tumbuh kembali dan menjadi lebih ganas. Penyakit kanker merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh setiap manusia. Apabila seseorang dinyatakan positif terkena kanker, maka sama saja dengan menerima vonis mati.

Hampir setiap kanker tidak bisa disembuhkan dan berujung pada kematian. Selain itu, penyakit kanker juga terdiri dari berbagai jenis sesuai dengan daerah yang diserangnya, misalnya kanker payudara,kanker paru-paru, kanker lambung, kanker usus, dan lain sebagainya.

Penyakit kanker ini sebenarnya muncul karena gaya hidup dan pola makan manusia yang tidak sehat. Penyakit kanker memang termasuk ke dalam kategori penyakit tidak menular, namun sangat berbahaya.

Oleh karena itu, sebaiknya anda lakukan pengecekan sesering mungkin untuk mendeteksi sel kanker di dalam tubuh anda. Pengecekan secara rutin ini bertujuan untuk mengontrol perkembangan tubuh anda, jadi apabila dapat dideteksi secara cepat, maka anda bisa cepat mengambil langkah pengobatan yang diperlukan.

Penyakit kanker juga berkaitan erat dengan penyakit tumor. Penyakit kanker sangatlah berbahaya. Oleh karena itu, mari kita mengenal lebih lanjut mengenai kanker dan 6 ciri kanker yang akan disajikan berikut ini.

1.      Pengertian kanker

 

Untuk mengetahui 6 ciri kanker, sebaiknya kita ulas terlebih dahulu mengenai penyakit kanker itu sendiri. Penyakit kanker sebenarnya hanya memiliki pengertian yang sederhana saja. Penyakit ini pada umumnya dikenal masyarakat sebagai penyakit mutasi genetic.

Pada umumnya, penyakit kanker disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel secara abnormal dalam jumlah yang akan terus bertambah dari waktu ke waktu. Ketika sel tersebut dikalikan secaar eksponensial (2-4-8-16), maka kanker akan membentuk suatu massa sel yang biasanya kita sebut dengan tumor.

Ketika sudah mencapai tahap ini, maka seseorang sudah bisa dinyatakan positif terkena kanker. Ketika sel tumor secara agresif dan cepat menggantikan sel-sel sehat tubuh kita dan mulai mempengaruhi fungsi normal tubuh.

Sebenarnya, penyakit kanker dan tumor itu sangatlah identik, bahkan dapat dikatakan sama. Penyakit ini tidak menular seperti penyakit lain, namun penyebarannya ke seluruh tubuh cukup cepat. Kanker bukan disebabkan oleh masalah gizi, namaun kanker hanyalah sebatas masalah genetic saja.

Untuk mengetahui apakah anda terkena kanker atau tidak, sebaiknya anda lakukan check up di rumah sakit atau klinik kesehatan. Lebih baik mencegah dari pada mengobati.

2.      Ciri kanker

 

Ada 6 ciri kanker yang perlu anda ketahui, diantaranya :

a.      Ketidakpekaan sinyal antipertumbuhan

Salah satu dari 6 ciri kanker adalah ketidakpekaan sinyal antipertumbuhan. Maksudnya adalah ketidakmampuan untuk merespon secara normal terhadap isyarat yang mengatur pertumbuhan tubuh. Inilah yang dimaksud dengan ketidakpekaan sinyal antipertumbuhan.

Ciri dari penyakit ini yang pertama adalah banyak sel dalam tubuh orang dewasa sehat yang tidak aktif membagi. Penyebabnya adalah sel-sel tersebut menerima sinyal agar tidak tumbuh. Banyak sel kanker yang sensitif terhadap hal itu dan kemudian tumbuh secara tak terkendali.

b.      Penerimaan sinyal pertumbuhan sendiri

Sel kanker akan membuat hormone pertumbuhan sendiri atau berperilaku seakan-akan menjadi sebuah stimulus pertumbuhan. Bahkan, tanpa adanya hormone pertumbuhan.

c.       Potensi reflikasi tidak terbatas

Sel kanker akan keluar dari batas normal pada sel, sehingga ia dapat membagi dalam jumlah yang tak terbatas. Oleh karena itu sel kanker bisa menyebar ke seluruh tubuh dengan cepat.

d.      Menghindari apotopsis 

Apoptosis adalah pembelahan sel secara tak terkendali yang dapat menyebabkan sel aknker terhindar dari kematian sel. Maka sel-sel kanker akan terus menumpuk dan bermutasi.

e.       Angiogenesis berlebihan

Disini, tumor kecil akan memperoleh nutrisi sebagai bahan bakar proses pembelahan yang berasal dari tubuh manusia.

f.       Jaringan invasi dan metastis

Invasi dan metastis menyebabkan pertumbuhan sel kanker menjadi tidak terkendali dan membuat sel kanker menjadi mematikan.

Inilah uraian singkat mengenai 6 ciri kanker. Semoga bermanfaat