Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami
February 18, 2013
Mimisan dan Cara Mengatasinya
February 18, 2013

Cara Mengobati Sariawan

Cara Mengobati Sariawan

Kita semua pasti pernah mengalami sariawan atau penyakit karena kelainan yang terjadi pada selaput lendir mulut. Bentuknya seperti bercak berwarna putih dan akan menimbulkan rasa sakit bila dipegang atau disentuh.

Memang kebanyakan orang akan membiarkan sariawan untuk sembuh dengan sendirinya, namun apakah anda sabar dalam menghadapi rasa sakit setiap kali anda makan selama seminggu penuh ?

Sariawan memang bukanlah penyakit yang berbahaya dan menular, namun bisa dibilang bahwa penyakit ini cukup menyiksa penderitanya. Apalagi jika letaknya dekat dengan lidah atau dekat tempat biasa kita mencerna makanan.

Tentunya kita akan mengalami kesakitan yang luar biasa hanya untuk makan saja. Di samping itu, sariawan juga membuat kita menjadi tidak berselera makan karena rasa sakit yang ditimbulkan.

Hal ini tentunya tidak baik bagi tubuh kita, karena tubuh kita akan kehilangan zat atau nutrisi penting. Oleh karena itu, sariawan merupakan salah satu penyakit yang harus diobati dengan cepat. Namun, sebenarnya banyak sekali penyebab terjadinya sariawan itu sendiri.

Untuk lebih jelas mengenai cara mengobati sariawan, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Penyebab sariawan 

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tebentuknya sariawan di dalam mulut, di antaranya adalah sebagai berikut :

–         Penyebab yang paling sering adalah kekurangan vitamin C dan zat besi di dalam tubuh

–         Bisa juga disebabkan karena faktor alergi

–         Luka tergigit secara tidak sengaja juga bisa menyebabkan terbentuknya sariawan

–         Faktor psikologi

–         Kondisi tubuh yang sedang tidak fit

–         Terjadi gangguan pencernaan

–         Adanya bakteri di dalam mulut

–         Faktor lainnya

Banyak orang yang menganggap bahwa vitamin C merupakan obat paling mujarab untuk menyembuhkan sariawan. Namun, faktanya vitamin C sebenarnya hanya berguna untuk mencegah sariawan saja, bukan mengobati sariawan.

Sariawan yang akut tidak dapat diobati dengan menggunakan vitamin C saja. Mengonsumsi vitamin C dalam bentuk permen atau larutan bahwa bisa memperpanjang sariawan. Pada beberapa kasus tertentu, ada juga penderita sariawan yang sembuh dengan sendirinya dengan cara mengurangi makanan berminyak dan pedas.

Penderita sariawan juga biasanya mengalami beberapa dampak buruk, misalnya radang tenggorokan, gangguan pencernaan, badan lemas dan lainnya. Pada kondisi tertentu, pada orang dewasa dan anak-anak bisa terjadi demam hingga 37 sampai 38 derajat celcius.

  • Cara mengobati sariawan 

Jadi, bagaimana cara mengobati sariawan itu ? Sebenarnya, cara mengobati sariawan pada setiap orang sangatlah beragam, karena setiap orang mempunyai kecocokan terhadap jenis obat tertentu. Ada beberapa orang yang cocok dengan menggunakan obat oles namun tidak cocok dengan penggunaan obat berupa larutan.

Begitu pula dengan sebaliknya. Obat sariawan yang berbentuk larutan yang mengandung soda biasanya tidak cocok bagi penderita maag. Jika tetap dipaksakan, maka akan menyebabkan asam lambung naik.

Memang benar sariawan adalah salah satu penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus diobati, namun perlu anda ketahui bahwa sariawan dapat menurunkan kekebalan tubuh seseorang dan sangat mengganggu aktivitas makan.

Selain mengalami penurunan nafsu makan, sariawan juga bisa menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah dan lidah terasa perih. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi obat sariawan sebagai berikut ini :

–         Obat sariawan Albothyl

–         Obat sariawan Xamthone Plus

–         Obat sariawan fg trochees

–         Obat sariawan mikonazol

–         Larutan penyegar panas dalam

–         Menggunakan madu dengan cara mengolesinya pada bagian yang terkena sariawan

–         Bisa juga mengolesi sariawan dengan bawang, papaya, atau dengan kantong teh

–         Kumur dengan menggunakan air garamatau perasan rebusan kunyit atau campuran air dengan baking soda

–         Konsumsi yoghurt juga bisa menyembuhkan sariawan

–         Dan masih banyak berbagai cara lainnya

Namun, sekali lagi anda perlu memperhatikan tingkat kecocokan obat dengan kondisi tubuh anda. Seperti yang telah dijelaskan bahwa tingkat kecocokan setiap orang dengan obat tertentu sangatlah beragam.

Jika anda ingin hasil yang lebih pasti, anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau menggunakan obat yang sudah terbukti kemanjurannya. Inilah sekilas mengenai cara mengobati sariawan. Semoga bermanfaat.