KHASIAT GIZI APEL
October 2, 2012
Pertolongan Pertama Keracunan Gas
October 2, 2012

CARA MENCEGAH GIZI BURUK

Permasalahan yang terjadi di belahan dunia saat ini yang membuat semua orang prihatin adalah gizi buruk. Tidak tanggung – tanggung saudah banyak sekali jiwa yang meninggal disebabkan kekurang gizi. Seperti yang dapat kita lihat yang terjadi di Negara – Negara afrika. Banyak sekali orang – orang disana mengalami gizi buruk terutama pada anak-anak.

Biaya hidup yang tinggi merupakan salah satu yang menyebabkan terjadi nya gizi buruk ini. Bukan Cuma Negara-negara di afrika, bahkan penduduk Indonesia banyak yang mengalami gizi buruk. Ini tentu sangat memprihatinkan bagi kita semua.

Adapun pengertian gizi buruk yang dapat diartikan sebagai kurang nya asupan nutrisi yang di perlukan oleh tubuh bagi seseorang. Atau dapat dikatakan juga jauh nya angka nutrisi di bawah rata-rata. Tubuh seseorang sangat memerlukan nutrisi seperti karbohidrat, protein, dsb nya. Pada kebanyakannya gizi buruk ini sering menyerang balita.

Penyebab terjadinya gizi buruk antara lain sebagai berikut :

  1. Jauhnya masyarakat dari makanan yang sehat.

Makanan sehat sangat diperlukan untuk melengkapi nutrisi dalam  kita. Namun bila makanan sehat itu tidak dipenuhi maka yang terjadi tentu ialah gizi buruk, busung lapar, atau penyakit lainnya.

  1. Infeksinya suatu penyakit.

Bila tidak mengkonsumsi makanan yang sehat maka tubuh akan diserang berbagai penyakit dan bila tidak terus di kasih nutrisi atau gizi yang baik maka penyakit pada tubuh akan mengalami infeksi. Infeksi terjadi karena tidak adanya perawatan pada luka atau suatu penyakit. Dan bila lama kelamaan tidak di obati juga tentu yang akan dihadapi berikutnya ialah kematian.

  1. Rendahnya taraf hidup seseorang.

Taraf hidup yang rendah turut berperan penting terjadinya gizi buruk pada seseorang. Ini disebabkan karena ketidak mampuan seseorang membeli makanan yang sehat. Sulitnya menemukan lapangan usaha yang menjadi sebab taraf hidup menjadi rendah.

  1. Kurangnya kepedulian pemerintah.

Pemerintah juga turut andil terjadinya gizi buruk ini. Sikap acuh tak acuh seolah mencerminkan ketidak pedulian pemerintah pada masyarakat kecil.  Ini tentu sangat disayangkan mengingat pemerintah lah yang seharusnya membantu orang yang tidak mampu ini.

Gizi buruk yang tarjadi pada seseorang juga dapat di lihat dari :

  1. Terjadi nya pembekakkan pada sekujur tubuh ( Endema ). Yang paling Nampak ialah di punggung kaki dan wajah.
  2. Hilang nya penglihatan atau bisa dibilang pandangan menjadi kabur. Ini tentu di sebabkan kurang nya nutrisi untuk mata.
  3. Mudah rontok atau jatuhnya rambut, dan bila kita kita cabut maka sama sekali tidak terasa sakit. Rambut juga pada umumnya berubah warna menjadi warna merah.
  4. Hati pada umumnya mengalami pembengkakkan, ini keadaan dimana hati berubah menjadi besar.
  5. Selain terjadi pembesaran pada hati, maka otot mengalami permasalahan sebaleknya. Otot-otot pada umumnya akan mengecil.
  6. Kulit akan segera berubah menjadi warna merahan dan lama kelamaan akan berubah menjadi warna kehitaman. Kulit yang hitam ini juga akan mengelupas.
  7. Tubuh pada akan sakit-sakitan, banyak penyakit menyerang tubuh terutama penyakit anemia dan juga diare.

Meskipun banyak nya faktor yang menyebakan terjadinya gizi buruk namun bukan berarti tidak ada ada cara mencegah gizi buruk tersebut. berikut dapat dilihat beberapa cara mencegah gizi buruk sebagai berikut :

  1. Hal yang paling utama ialah selalu memberikan anak balita ASI sebab ASI merupakan cara ampuh mencegah gizi buruk. Selain ASI juga jangan dilupakan makan samping yang menunjang ASI tersebut.
  2. Usahakan selalu memberikan imunisasi, sebab ini akan berupaya sebagai vitamin dan nutrisi serta  menjadi kekebalan pada tubuh.
  3. Selalu membiasakan diri menimbang berat badan. Selalu  usahakan berat badan normal dan bila ada kelainan pada berat badan maka cara yang tepat ialah berkonsultasi pada dokter.
  4. Bila seseorang atau anak-anak terkena gizi buruk maka usahakan anak tersebut mengkonsumsi makanan bernutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Cara mencegah gizi buruk yang ini termasuk cara yang ampuh.
  5. Cara mencegah gizi buruk yang berikutnya ialah selalu membiasakan diri memakan makanan sehat. Makanan yang dianjurkan ialah 4 sehat 5 sempurna.

Upayakan lah mulai sekarang mencegah terjadinya gizi buruk sebab bila cara hidup sehat maka segala sesuatu dari kita juga akan sehat.