Tips Kulit Putih Pada Wajah
November 26, 2012
Info Kecantikan Jenis Kulit Wajah Wanita Dan Perawatannya
November 26, 2012

Cantik dengan 7 langkah facial yang mudah dan murah

  Cantik, selalu jadi bahan perbincangan yang hangat dan tak ada bosannya. Siapa wanita yang tidak ingin cantik. Mereka dengan segala cara melakukan apa pun untuk terlihat tampil cantik di mana pun dan kapan pun. Mereka pun tak segan-segan untuk pergi ke salon dengan teratur untuk merawat kecantikannya. Bahkan kini, pergi ke salon merupakan sebuah kewajiban dan life style.

                Di salon memang semua pelayanan dan fasilitas kecantikan disuguhkan dengan beragam, salah satunya adalah facial. Facial merupakan perawatan kecantikan khas salon yang memang sangat baik manfaatnya untuk kecantikan. Melakukan facial haruslah rutin dan konsisten sehingga wajah pun akan terjaga kecantikan, kebersihan dna kesehatannya.

Ternyata bukan hanya wanita, pria pun melakukan perawatan kecantikan ini. Karena pada era sekarang, dengan kondisi lingkungan yang sangat kurang baik bagi kesehatan kulit, seperti radikal bebas maupun sinar Ultra Violet dari matahari sangatlah berbahaya bagi kulit, begitu juga dengan kulit pria. Maka mereka pun tak mau kalah dengan wanita, mereka juga ingin wajah mereka tetap terlihat bersih, sehat dan tampan.

Namun, tak semua wanita ataupun pria  dapat melakukan perawatan dengan facial di salon. Lagi-lagi masalhnya adalah uang yang harus dikeluarkan cukup banyak. Belum lagi selain biaya adalah waktu. Kini, ternyata facial dapat dilakukan sendiri di rumah.  Facial di rumah dapat menghemat biaya dan waktu. Karena bahan-bahan untuk facial sebenarnya dapat dengan mudah kita dapatkan di sekitar kita. Berikut adalah tujuh langkah facial yang mudah murah yang dapat kita terapkan di rumah.

  • Persiapan

Di langkah pertama ini, kita harus menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan.

Maka, sebelum mulai, persiapkan bahan dan alatnya, yakni:

  • bando kain/penutup kepala (untuk melindungi rambut mengurai ke wajah)
  • kapas, handuk lembut atau washcloth
  • mangkuk besar
  • air hangat
  • pembersih wajah (susu pembersih dengan tonernya atau sabun pembersih),
  • exfoliant atau face scrub
  • masker
  • moisturizer (pelembab)
  • sunscreen (tabir surya).

Setelah semua langkah persiapan Anda lakukan, langkah facial berikutnya
adalah membersihkan wajah dari segala kotoran, seperti debu, keringat,
minyak, dan mungkin bakteri atau virus.

  • Pengangkatan dan pembuangan sel-sel kulit mati

Setelah selesai melakukan langkah kedua, kulit Anda pun sudah bersih dari
debu, keringat, minyak, dan mungkin kuman-kuman. Tahapan berikutnya adalah membuang sel-sel mati pada kulit wajah atau kotoran yang menempel dalam pori-pori (misalnya komedo) yang disebut eksfoliat.  eksfolian adalah pembersih ber-scrub. Pada pelaksanaan langkah facial ini, yang harus  dilakukan adalah mengusapkan pembersih ber-scrub di wajah sambil dipijat-pijat terutama pada bagian hidung dan kening.

Bagian-bagian tersebut adalah bagian yang paling banyak mengandung komedo, sel kulit mati, dan juga kotoran yang dalam. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Untuk langkah facial ini bisa dilakukan seminggu 2 kali.

  • Steam (Kompres Hangat)

Langkah selanjutnya adalah melakukan steam atau mengompres wajah dengan air hangat. Caranya, isi mangkuk besar dengan air hangat, kemudian masukkan handuk kecil halus ke dalamnya. Peras sedikit airnya, lalu kompreskan di wajah. Lakukan pengonoresan ini 2-3 kali.

  • Masker

Langkah selanjutnya adalah mulai mengusapkan masker pada wajah Anda. Usapkan masker secara merata di kulit wajah. Hindari bagian mata, lubang hidung, dan bagian mulut. Diamkan selama 10-20 menit, kemudian cuci dengan air bersih.

  • Pelembaban

Tahap berikutnya  pemberian pelembab pada kulit wajah Anda. Tak hanya bagi Anda yang
berkulit normal dan kering saja, Anda yang kulitnya berminyak juga membutuhkan pelembab. Akan tetapi bagi kulit berminyak, pelembapnya harus khusus.

  • Penggunaan Tabir Surya  (Sunscreen)

Langkah facial terakhir adalah tahap pilihan. Artinya, Anda bisa melakukan tahap ini dan bisa juga tidak. Pemberian tabir surya dianjurkan jika kita kan keluar ruanga (outdoor), tapi jika kita tidak kemana- mana lebih baik tidak usah menggunakannya, cukup memakai pelembab saja yang cocok dengan jenis kulit.