PENYAKIT SALURAN PERNAFASAN SESAK NAFAS
October 23, 2012
Ciri Kanker
October 24, 2012

BRONKITIS, JANGAN PERNAH DIREMEHKAN

Penyakit bronchitis mungkin masih jarang sekali terjadi di lingkungan masyarakat kita. Namun, penyakit ini sebenarnya cukup berbahaya dan bahkan dapat menimbulkan kematian pada penderitanya.

Penyakit ini biasanya bersifat ringan dan pada akhirnya akan sembuh secara total. Namun, ada juga penderita yang memiliki penyakit menahun (misalnya penyakit jantung atau paru-paru) dan pada usia lanjut. Jika keadaannya seperti ini, maka bronkitis bisa bersifat serius.

Biasanya, bronkitis diawali dengan batuk berdahak yang tak kunjung sembuh. Hal ini bisa ditandai dengan munculnya dahak yang semakin banyak keluar dari tenggorokan. Penyakit bronkitis adalah suatu peradangan yang terjadi di pada cabang tenggorokan.

Sebaiknya bronkitis, jangan pernah diremehkan. Lebih baik kita mencegah dari pada mengobati. Untuk lebih jelas mengenai bronkitis, jangan pernah diremehkan, simaklah yang berikut ini.

a.      Penyebab bronkitis

 

Pada umumnya, bronkitis disebabkan oleh virus, bakteri, atau organisme lain yang menyerupai bakteri (Mycoplasma pneumonia dan chlamdyia). Serang bronkitis bisa terjadi berulang kali pada perokok dan penderita penyakit paru-paru. Infeksi berulang bisa merupakan akibat dari ;

–          Sinusitis kronis

–          Bronkiektasis

–          Alergi

–          Pembesaran amandel dan adenoid pada anak

Sedangkan bronkitis iritatif bisa disebabkan oleh :

–          Berbagai jenis debu

–          Asap dari asam yang kuat, misalnya ammonia, beberapa pelarut organic, klorin, hydrogen, sulfida, sulfur dioksida, dan bromine.

–          Polusi udara yang menyebabkan iritasi ozon dan nitrogen dioksida.

–          Pengaruh dari tembakau dan rokok.

b.      Gejala bronkitis

 

Ada beberapa gejala bronkitis yang perlu anda perhatikan, diantaranya adalah :

–          Batuk berdahak, bahkan dahaknya bisa berubah menjadi berwarna kemerahan

–          Sering terjadi sesak nafas pada saat melakukan olahraga atau aktivitas ringan.

–          Sering menderita infeksi saluran pernafasan, misalnya influenza atau pilek

–          Seseorang yang menderita asma atau bengek juga bisa terkena bronkitis

–          Rasa lelah yang amat sangat

–          Pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki dan tungkai kiri maupun kanan

–          Pada bagian wajah, telapak tangan atau selaput lendir biasanya berwarna kemerahan

–          Pipi juga akan berwarna merah

–          Sering mengalami sakit kepala

–          Pada umumnya akan terjadi gangguan penglihatan

Bronkitis infeksiosa pada umumnya ditandai dengan gejala seperti pilek, hidung meler, lelah, menggigil, sakit punggung, sakit otot, demam ringan, dan nyeri tenggorokan.

Batuk biasanya merupakan tanda dimulainya bronkitis. Pada awalnya penderita akan mengalami batuk namun tidak berdahak, namun pada hari-hari berikutnya akan keluar dahak yang berwarna putih atau kuning. Setalh itu, dahak akan bertambah banyak dan mulai berubah warna menjadi hijau.

Pada bronkitis berat, setelah sebagian besar gejala membaik, maka terkadang akan terjadi demam tinggi selama 3 hingga 5 hari dan batuk selama beberapa minggu. Sesak nafas juga akan terjadi apabila saluran udara pada si penderita tersumbat. Sering juga ditemukan bunyi nafas mengi, terutam setelah batuk. Hal ini mungkin bisa mengarah pada tejadinya pneumonia.

c.       Diagnosis

 

Setelah Nampak berbagai gejala, kemudian akan dilakukan diagnosis dengan menggunakan stetoskop. Biasanya akan terdengar bunti ronki atau bunyi pernafasan yang abnormal. Selain itu, bisa juga dilakukan pemerikasaan lain dengan cara :

–          Tes fungsi paru-paru

–          Gas darah arteri

–          Rontgen pada bagian dada

Untuk mengurangi demam dan rasa tidak enak badan, sebaiknya pada penderita yang dewasa diberikan aspirin atau acetaminophen, dan kepada anak-anak sebaiknya hanya diberikan acetaminophen saja.

Selain itu, sebaiknya penderita bronkitis juga memperbanyak minum air mineral dan banyak mendapatkan istirahat. Hindari rasa lelah dan capek. Sebaiknya anda jangan pernah meremehkan penyakit bronkitis, karena penyembuhannya cukup sulit dan memakan banyak biaya.

Mulai sekarang, gantilah pola hidup dan pola makan anda menjadi pola makan sehat. Perlu anda ingat bahwa kesehatan merupakan harta yang tak ternilai dan tidak bisa digantikan dengan apapun. Setiap detak jantung anda berharga bagi anda dan orang-orang di sekitar anda.

Oleh karena itu jagalah kesehatan anda. Inilah uraian singkat mengenai bronkitis, jangan pernah diremehkan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.