Tips Aman Menggunakan Catokan Rambut
December 18, 2012
Siklus Haid Wanita Normal
December 18, 2012

Berbagai problem haid dan solusinya

Haid atau menstruasi merupakan pendarahan bulanan yang berasal dari pelapis rahim melalui vagina pada wanita yang seksual dewasa dan tidak hamil. Dalam kondisi normal, menstruasi tidak menyebabkan gangguan yang cukup berarti.

Pertama kali orang mengalami haid pasti timbul tanda Tanya, darah apa ini? Haid atau datang bulan biasanya terjadi berbeda-beda, akan tetapi haid ada ukuran-ukurannya. Ukuran haid seminim-minimnya satu hari satu malam, dan selama-lamanya 15 hari. Jadi, apabila darah yang keluar dari kemaluan wanita lebih dari 15 hari, itu namanya darah penyakit, dan wanita yang sedang mengalami haid biasanya cenderung males, sakit perut, gelisah, dan masih banyak y6ang lainnya.

1.      Masalah keterlambatan haid

Terlambat haid atau menstruasi yang tidak teratur juga patut diwaspadai karena itu berarti telah terjadi abnormalitas pada siklus menstruasi. Rasa nyeri yang timbul selama menstruasi dapat disebabkan oleh berbgai faktor diantaranya faktor ketidakseimbangan hormone, yaitu terjadinya peningkatan sekresi hormone prostaglandin yang dapat menyebabkan kontraksi uterus yang berlebihan. Menstruasi yang tidak teratur juga dapat disebabkan karena adanya gangguan hormone ataupun faktor psikis seperti stress, depresi dan lain-lain yang dapat mempengaruhi kerja hormon.

Pola haid boleh saja tidak teratur, tetapi jika jarak antar menstruasi kurang dari 21 hari atau lebih dari 3 bulan, atau jika haid berlangsung lebih dari 15hari maka anda harus waspadai adanya masalah ovulasi atau kondisi medis lainnya.Perempuan memang dapat memiliki berbagai masalah dengan menstruasi/ haid mereka. Pada sebagian wanita masalah tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari bahkan bisa sangat menyiksa karena rasa sakit yang dialami saat haid sedang berlangsung.

2.      Solusi dari akibat-akibat yang biasa di alami saat haid

Beberapa akibat yang dialami saat haid :

  • Rasa sakit ketika haid

Ketika haid memang pada umumnya wanita akan merasakan sakit pada bagian perut dan pada daerah kemaluannya. Untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri tersebut minumlah 1 gelas air teh  yang hangat dicampur dengan kapur sirih. Untuk menghilangkan rasa sakit ketika haid bisa juga diatasi dengan 3 kunyit, asam jawa, gula merah. Parut kunyit kemudian campur menjadi satu dengan gula dan asam jawa dan beri air sebanyak 1 gelas. Masak ramuan hingga tertinggal ½ gelas dan kemudian saring. Minumlah ramuan tersebut setelah hangat-hangat kuku dan lakukan setiap sebelum haid datang.

  • Lesu dan kurang bergairah setelah haid

Bila hal tersebut kerap terjadi pada wanita, ada cara sederhana untuk mengatasinya. Ambillah segenggam ketumbar, 1 ruas kunyit, asam jawa dan sedikit gula merah. Campurkan semua bahan dalam 1 wadah dan rebuslah hingga mendidih. Minumlah air rebusan selagi hangat sebanyak dua kali sehari selama tiga hari berturut-turut.

  • Menghilangkan bau anyir diwaktu haid

Bau anyir yang timbul saat sedang haid memang sangat mengganggu penciuman. Namun, kita dapat mengatasinya dengan 1 sendok asam jawa yang telah dikukus, taruh pada gelas seperti membuat minuman dan beri gula pasir secukupnya. Seduh dengan air panas kemudian aduk hingga merata dan saring. Minumlah selagi hangat sebanyak dua kali selama sehari.

  • Mulas menjelang haid.

Mulas bahkan disertai sakit pinggang dan pegal-pegal kerap dirasakan wanita ketika hendak haid. Untuk menghilangkan rasa skait tersebut, buatlah secangkir kopi( dibuat minuman) pada malam harinya, biarkan dahulu kopi tersebut hingga semalam kemudian minum keesokan harinya.

  • Melancarkan dan membersihkan darah haid

Untuk mengatasi masalah diatas, ambillah beberapa kunyit tua, kemudian parut dan beri asam jawa dan tuangi air kira-kira satu gelas kemudian saring. Tambahkan gula merah secukupnya, dan minum pagi atau sore hari. Disamping untuk melancarkan haid, juga dapat membehrsihkan dan menghindari keputihan.

  • Menghilangkan bau tak sedap saat haid

Untuk menghilangkannya, ambil temulawak sebesar ibujari dan setelah dikupas dan dicuci bersih, irislah tipis-tipis. Kemudian letakkan dalam gelas, bubuhkan asam jawa dan gula merah secukupnya dan terakhir tuangi air panas, lalu minum selagi masih hangat. Lakukan dua hari sekali selama masa haid.

Bagaimana dengan beberapa solusi yang kami tawarkan? Semoga informasi diatas dapat membantu kita sebagai wanita ketika datang bulan!!

Incoming search terms:

  • asam jawa yang telah dikukus
  • dampak rebusan kunyit asam jawa dan gula merah bagi wanita hamil
  • Haid dan solusi
  • Haid problem
  • Markisa bisa mengurangi rasa sakit saat datang bulan