Memilih dan Membersihkan Kain Sofa
February 8, 2013
Cara Membuat Anak Cerdas dan Pintar
February 9, 2013

Bagaimana Cara Membuat Anak Cerdas ?

Semua orang tua pasti ingin mempunyai anak yang cerdas dan pintar. Memang anak yang cerdas dan pintar merupakan kebanggaan orang tuanya. Namun, kita semua tahu bahwa hal tersebut tidaklah mudah. Banyak sekali faktor yang mempengaruhi kepintaran seseorang.

Salah satunya adalah faktor keturunan. Faktor ini tentunya sulit sekali untuk dikendalikan dan berada di luar jangkauan manusia. Namun, ada faktor lain yang dapat membuat anak menjadi cerdas, yaitu faktor mendidik.

Mungkin sering sekali terlintas dalam benak anda, bagaimana cara membuat anak cerdas ? atau Apa apa saja yang diperlukan agar anak dapat menjadi anak yang cerdas ? Sebenarnya, ada banyak sekali cara untuk membuat anak menjadi anak yang cerdas.

Anak merupakan harta yang paling berharga bagi orang tuanya. Kehadiran anak di tengah keluarga tentunya akan membuat hidup menjadi lebih lengkap dan sempurna. Pernikahan tanpa seorang anak pasti akan terasa hambar, seperti sayur tanpa garam.

Sebenarnya, anda bisa mendidik anak anda menjadi anak yang pintar sejak berada di dalam kandungan. Banyak sekali literature yang menyatakan bahwa seorang anak bisa menjadi anak yang pintar dengan cara mendengarkan music klasik semenjak berada di dalam kandungan.

Hal tersebut bisa ia bisa juga tidak. Sebenarnya yang anda perlukan hanyalah music yang berirama tenang. Dengan mendengarkan music seperti itu, maka otak bayi akan terlatih, sehingga dapat meningkatkan kecerdasannya.

Faktor lain yang berpengaruh cukup signifikan adalah pemberian ASI. Sekarang ini, banyak masyarakat perkotaan yang mengganti ASI dengan susu formula atau susu lainnya. Sebenarnya hal tersebut sangat disayangkan, karena ASI adalah makanan paling sempurna untuk bayi.

Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa pemberian ASI pada bayi sejak lahir dapat meningkatkan kecerdasan otaknya sebanyak 9 point dibandingkan dengan anak yang tidak memperoleh ASI sejak lahir.

Untuk lebih jelas mengenai jawaban dari pertanyaan bagaimana cara membuat anak cerdas ? Simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Bermain sambil mengasah pikiran

 

Untuk melatih dan merangsang perkembangan otak anak anda, anda bisa mengajak anak anda untuk bermain sambil mengasah pikirannya bersama anda. Permainan yang anda lakukan sebaiknya adalah permainan yang meltih kemampuan berpikir, misalnya bermain catur atau mengisi TTS bersama.

Selain dapat meningkatkan kecerdasan, tentunya hubungan anda dan buah hati anda juga akan lebih dekat.

  • Biasakan membaca buku

 

Buku adalah jendela dunia, kita semua pasti pernah mendengar istilah ini. Oleh karena itu, biasakan diri anda untuk memberikan buku kepada buah hati anda. Hal ini bisa memicu rasa keingin tahuannya, sehingga membaca menjadi sebuah kebiasaan yang baik.

  • Memupuk rasa percaya diri anak

 

Sebaiknya, anda jangan membuat anak anda menjadi anak yang pemalu dan minder. Namun, pupuklah rasa percaya dirinya, sehingga ia menjadi anak yang cemerlang. Namun, bekali juga anak anda dengan rasa rendah hati dan tidak sombong.

  • Biasakan bergaul dengan teman-temannya

 

Mungkin sering kali anda menganggap bahwa pergaulan hanya akan merusak apa yang telah anda bangun selama ini kepada anak anda. Namun, sebenarnya pergaulan juga merupakan komponen penting dalam menentukan kecerdasannya.

Sebaiknya anda jangan membatasi pergaulannya. Cara ini sangat ampuh untuk membangun jiwa sosialisasinya dan juga bisa menambah ilmu pengetahuan, karena perlu anda ketahui bahwa setiap orang mempunyai ilmu yang berbeda-beda dan dengan pergaulan, maka mereka bisa berbagi dan saling melengkapi.

  • Menu sarapan bergizi

 

Sarapan merupakan komponen penting dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin bagian yang satu ini sudah sering dilupakan karena berbagai kesibukan lainnya, namun sebenarnya sarapan memegang peranan penting dalam menentukan kecerdasan.

Menu sarapan yang sangat dianjurkan adalah telur, susu dan produk olahannya, berbagai produk gandum dan lainnya. Selain menyediakan energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari, jenis makanan ini juga dapat merangsang kemampuan berpikir anak.

Di dalam kuning telur, ada senyawa kolin yang sangat penting untuk meningkatkan memori dan daya ingat. Oleh karena itu, biasakan sarapan setiap harinya.

Inilah jawaban singkat mengenai bagaimana cara membuat anak cerdas ? Semoga bermanfaat