Bahaya Alergi, Gejala dan Penanggulangannya
November 16, 2012
Sate Ular dan Daun Pepaya Untuk Mengobati Alergi
November 16, 2012

Alergi Kulit Pada Bayi

Semua pasangan suami istri tentunya ingin memiliki bayi yang sehat dan sempurna. Namun, tahukah anda bahwa penyakit alergi adalah penyakit yang banyak menyerang bayi ? Memang benar, penyakit alergi ini lebih banyak menyerang bayi dan anak-anak.

Penyakit alergi ini sendiri merupakan penyakit keturunan, atau dengan kata lain penyakit yang diturunkan dari orang tua ke anaknya. Alergi ini sendiri adalah reaksi yang timbula akibat adanya kontak langsung dengan hal yang dapat memicu alergi.

Ada banyak sekali jenis alergi yang dapat menyerang bayi, salah satu diantaranya adalah alergi kulit pada bayi. Gejala dari alergi ini sangatlah biasa, sehingga sering kali para orang tua tidak menyadari bahwa bayi mereka terkena penyakit ini.

Mungkin anda pernah melihat kulit bayi anda secara tiba-tiba mengeluarkan bintik-bintik merah yang disertai ruam pada bagian lipatan tubuh, misalnya paha, lengan, pantat dan lainnya. Kebanyakan dari kita pasti berpikir bahwa itu hanyalah gatal-gatal biasa.

Pada dasarnya, alergi kulit pada bayi haruslah diwaspadai oleh orang tua secermat mungkin. Apabila bayi anda mengalami alergi dan melakukan kontak langsung dengan pemicu alerginya, baik dengan cara memakan, menghisap, menyentuh, disuntikkan, maka tubuh bayi akan melihat hal ini sebagai sesuatu yang berbahaya.

Setelah itu, tubuh bayi akan mengeluarkan histamine dan bahan kimia lainnya untuk melawan zat tersebut. Alergi kulit pada bayi ini memang cukup mengkhawatirkan. Memang kelihatannya sederhana, namun sebenarnya alergi pada bayi cukup mengancam kesehatannya.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kulit bayi yang lembut itu tiba-tiba mengalami gangguan akibat alergi. Hal ini akan membuat bayi merasa tidak nyaman dan ketika ia merasa tidak nyaman pada dirinya sendiri, maka ia akan mulai menangis dan sulit untuk tidur, bahkan nafsu makan juga berkurang.

Untuk lebih jelas mengenai alergi kulit pada bayi, simklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

1.      Mengenal alergi

Pada dasarnya, tubuh kita terdiri dari 5 tipe immunoglobulin (lgG, lgA, lgM, lgD, lgE). Jenis immunoglobulin yang dapat menimbulkan alergi adalah lgE. Pada penderita alergi, biasanya produksi lgE akan berada dalam jumlah yang berlebihan ketika bertemu dengan pemicu alerginya.

Meskipun kebanyakan alergi berasal dari riwayat keturunan, namun faktor lingkungan sekitar juga bisa mempengaruhi terjadinya alergi. Gangguan alergi biasanya mempengaruhi seluruh tubuh penderita, termasuk otak dan berbagai komplikasi yang cukup membahayakan.

Alergi pada bayi sangatlah berbahaya, karena organ pada bayi belum terbentuk secara sempurna, sehingga gangguan kecil saja dapat merusak fungsinya. Gangguan pada fungsi otak bayi akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya bayi, biasanya bayi akan mengalami gangguan emosi, gangguan komunikasi, gangguan konsentrasi, dan bahkan gejala autism.

2.      Tes alergi

Untuk memastikan bahwa bayi anda menderita alergi, anda bisa melakukan beberapa tes, yaitu :

–          Dengan melakukan tes tusuk kulit (skin prick). Anda tidak perlu khawatir, karena tes ini tidak menggunakan jarum suntik sehingga tidak menimbulkan rasa sakit. Reaksinya juga sangat cepat, hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit.

–          Test tempel (patch test) merupakan tes untuk mengetahui adanya alergi atau tidak bila bersentuhan dengan bahan kimia. Biasanya tes ini memakan waktu 48 jam.

–          Test darah (RAST : Radio Allergo Sorbent Test), yang biasanya dikenal sebagai test identifikasi antibody lgE. Tes ini memerlukan sampel darah sebanyak 2 cc dan hasilnya akan tampak dalam waktu 4 jam.

3.      Alergi kulit pada bayi

Pada umumnya, apabila bayi anda menderita alergi pada kulit, maka ketika ia didekatkan atau bersentuhan dengan pemicuna, seperti debu, asap, dan senyawa lainnya, maka akan timbul berbagai reaksi dalam tubuh.

Biasanya akan muncul ruam-ruam merah yang disertai dengan rasa gatal dan kemudian menjadi iritasi. Bagian yang paling sering terserang oleh alergi ini adalah bagian tubuh yang memiliki lipatan, misalnya paha, lengan, kaki, betis, bokong, punggung, dan lainnya.

Selain itu, alergi pada kulit ini juga bisa ditimbulkan dari keringat, jadi ketika bayi berkeringat sebaiknya lap hingga benar-benar kering.

Inilah sekilas mengenai alergi kulit pada bayi. Semoga bermanfaat