Alat Kesehatan Tensimeter
September 2, 2012
Pengobatan Jantung Alternatif
September 2, 2012

Alat Alat Dokter Yang Standar

Alat Alat Dokter Yang Standar

Pernahkah anda bertemu dengan dokter ? Atau mungkin anda pernah masuk ke dalam ruangan praktek dokter dan menemukan berbagai macam alat alat praktek dokter tersebut. Apakah anda tahu apa kegunaan dari alat alat dokter tersebut ? Sebagian dari anda mungkin pernah menjumpai alat praktek dokter berupa stetoskop, pengukur tensi serta timbangan. Alat alat tersebut paling gampang anda lihat dan anda jumpai di ruang praktek dokter. Nah terus apa saja sebenarnya alat alat dokter yang standar yang harus dimiliki oleh seorang dokter ?

Jas dokter
Salah satu peralatan dokter yang harus dimiliki adalah jas dokter. Jas dokter yang berwarna putih berfungsi sebagai identitas pegnenal antara dokter ataupun orang biasa. Jadi apabila terjadi masalah mendadak, seseorang dapat dengan mudah untuk mengenali yang mana dokter dan yang mana yang bukan dokter.

Stetoskop
Stetoskop merupakan alat kedokteran yang standar yang harus dimiliki oleh seorang dokter yang menjalankan prakteknya. Seorang dokter yang tidak memiliki alat stetoskop ini akan kesulitan dalam melakukan prakteknya. Mengapa demikian ? Karena stetoskop ini sangat berguna untuk mendeteksi organ dalam tubuh pasien.

Jika ditelusuri lebih lanjut, stetoskop berasal dari kata stethos yang memiliki arti dada dan skopeein yang artinya memeriksa. Jika dipadukan kedua kata tersebut, maka stetoskop memiliki pengertian memeriksa dada atau organ organ yang ada di dalam dada. Apa saja yang akan diperiksa oleh stetoskop ini ?

Stetoskop digunakan untuk mendengarkan irama tubuh pasien seperti denyut jantung maupun pernapasan anda.

Stetoskop juga dapat digunakan untuk memeriksa kondisi perut anda seperti gerakan peristaltik usus ataupun kolik perut yang sering dialami oleh para pasien.

Alat Pengukur Tensi
Alat kedokteran yang sering kita jumpai di ruang praktik dokter adalah alat pengukut tensi. Bentuk dari alat ini sendiri adalah berupa kotak segi empat yang panjang. Ketika anda buka kotak tersebut, akan terlihat skala yang berfugnis untuk menunjukkan tekanan darah / tingkat tensi darah pasien. Kemudian anda juga akan menemukan sebuah selang kecil, pembebat dan pemompa yang tesambung ke alat tersebut.

Cara kerja dari alat pengukur tensi ini adalah alat ini akan dipasangkan ke pangkal lengan si pasien, kemudian sebuah pemompa membuat pembebat terisi udara dan menjepit lengan pasien. Secara perlahan, udara tersebut akan dikeluarkan dan hasil pembacaan untuk tingkat tensi anda anda muncul di bagian skala tersebut.

Di masa sekarang ini, anda juga dapat mendapati alat pengukur tekanan darah digital di pasaran. Penggunaan alat pengukur tensi digital ini tergolong lebih mudah, sehingga masyarakat dapat lebih mudah untuk memeriksa kondisi tubuh mereka secara ruting seperti mengontrol tekanan darah mereka secara rutin.

Thermometer
Thermometer merupakan alat kedokteran yang berfungsi mengetahui tingkat suhu tubuh seorang pasien. Apakah suhu tubuh orang tersebut masih normal atau tidak. Alat thermometer ini memiliki bentuk yang simpel, yaitu menyerupai bolpon dengan skal dan air raksa yang dapat bergerak naik turun apabila terkena rangsangan panas tubuh si pasien.

Alat bantu lainnya.
Sebenarnya peralatan dan perlengkapan seorang dokter masih sangat banyak. Banyak alat yang digunakan oleh dokter untuk membantu memeriksa tubuh pasiennya. Ke empat alat di atas adalah alat alat umum yang paling sering kita jumpai ketika bertemu dengan dokter. Alat alat bantu lainnya itu berfungsi untuk memudahkan dokter dalam melakukan pemeriksaan ataupun melakukan pengecekan terhadap pasiennya.

Alat alat bantu dapat berupa : Senter yang berfungsi untuk menyinari rongga mulut ataupun mata. Ada juga alat suntik , sudip logam maupun timbangan badan. Bagi anda anda yang merupakan mahasiswa yang memilih jurusan kedokteran, maka alat alat standar yang harus dimiliki oleh seorang dokter tentunya harus anda kuasai lebih lanjut.

Nah udah tau kan sekarang apa apa saja alat alat standar seorang dokter ? Jika anda bertemu dengan dokter dan menjumpai peralatannya, anda sudah tidak perlu bingung lagi dan bertanya tanya lagi.