Sayuran Berserat Tinggi Yang Penting Bagi Kesehatan
September 12, 2012
Manfaat Madu untuk Kecantikan
September 13, 2012

Alat-alat Dokter yang Standar

Semua orang pasti tahu seperti apa seorang dokter itu. Namun, mungkin masih ada beberapa dari kita yang tidak mengetahui alat-alat standar yang dibutuhkan seorang dokter dalam bekerja. Benda pertama yang mungkin terlintas di benak anda, jika ditanya tentang peralatan dokter, mungkin adalah stetoskop.

Namun, alat-alat dokter yang standar tidak hanya itu saja. Nah, penasaran bukan ? Ingin tahu lebih jelas tentang alat-alat dokter yang standar ? Simaklah yang berikut ini.

1.      Stetoskop
 
Seorang dokter, sangat diharuskan untuk memiliki sebuah stetoskop. Dapat dipastikan bahwa seorang dokter akan mengalami kesulitan apabila ia tidak memiliki sebuah stetoskop. Mengapa stetoskop itu begitu penting ? Stetoskop berfungsi untuk memeriksa organ bagian dalam tubuh pasien, selain itu stetoskop dapat membantu seorang dokter untuk mengetahui masalah dalam tubuh pasien secara cepat.

Stetoskop berasal dari kata stethos yang berarti dada dan skopeein yang berarti memeriksa. Jadi, dalam arti sempit, alat ini digunakan untuk memeriksa dada pasien. Untuk definisi yang lebih luas, alat ini digunakan untuk mendengar irama tubuh pasien, seperti denyut jantung atau pernafasan.

Meskipun kata stethos berarti dada, alat ini tidak semata-mata hanya digunakan pada dada saja. Alat ini juga bias digunakan untuk memeriksa perut, misalnya untuk mendengarkan gerakan-gerakan usus atau kolik perut yang dialami seorang pasien.

2.      Jas Dokter
 
Jas dokter merupakan alat-alat dokter yang standar dan harus dimiliki oleh setiap dokter. Meskipun tampaknya tidak begitu penting, sebenarnya jas dokter mempunyai peranan yang cukup besar.

Jas dokter merupakan symbol pemisah antara dokter dan staff medis lainnya. Selain itu, jas dokter juga dapat menimbulkan kesan steril, sehingga pasien dapat merasa aman ketika diperiksa. Adapun fungsi lain dari jas dokter, yaitu doktre dapat menyimpan berbagai peralatan dalam jas tersebut, sehingga jika seorang dokter terjebak dalam keadaan genting, ia tidak perlu kembali ke mejanya untuk mengambil peralatan-peralatan tersebut.

3.      Pengukur tensi
 
Setiap kali kita berkunjung ke rumah sakit, pasti di setiap ruangan dokter terdapat alat pengukur tensi. Alat ini termasuk ke dalam alat-alat dokter yang standar. Alat ini berbentuk kotak segi empat yang panjang, di dalamnya terdapat skala untuk menunjukkan tensi darah pasien, dan sebuat selang serta pemompa yang tersambung ke dalam alat itu.

Alat ini sangat berguna, terutama bagi penderita darah tinggi atau hipertensi yang senantiasa harus menjaga dan mengontrol tekanan darahnya.

Penggunaan alat ini juga amatlah sederhana, seorang pasien hanya perlu memasang pembebat pada pangkal lengannya, selanjutnya dengan menggunakan pemompa untuk mengisi udara pada pembebat tadi, dan dengan perlahan udara akan mengisi pembebat tersebut. Udara tersebut kemudian menuju skala penunjuk. Mudah sekali bukan ?

4.      Termometer
 
Semua orang pasti tahu apa itu termometer. Alat ini merupakan alat-alat dokter yang standar dan wajib dimiliki oleh seorang dokter. Alat ini dapat mempermudah pekerjaan dokter dalam mengukur suhu tubuh pasien.

Alat ini berbentuk seperti bolpoin dengan skala dan air raksa yang dapat bergerak naik jika terkena rangsangan panas tubuh pasien.

Selain itu, ada juga termometer ruangan yang berfungsi untuk mengetahui suhu suatu ruangan. Alat ini biasanya berbentuk lebih besar dari pada termometer untuk suhu tubuh dan ditempelkan di kamar dinding pasien, guna menjaga suhu ruangan agar tetap hangat.

5.      Alat bantu lainnya
 
Selain dari yang disebutkan diatas, sebenarnya masih banyak lagi alat-alat dokter yang standar yang dapat memudahkan dokter dalam melakukan dianogsa atau pemeriksaan terhadap pasiennya.

Alat-alat tersebut misalnya, senter yang dapat membantu dokter untuk melihat kelainan-kelainan pada mata pasien, alat suntik yang berguna untuk memasukkan cairan-cairan yang diperlukan oleh pasien atau untuk mengambil sampel darah pasien. Selain itu, ada juga timbangan badan yang digunakan untuk mengetahui perkembangan berat badan pasien, sehingga memudahkan dokter gizi untuk menyusun menu makan pasien, dan masih banyak lagi alat-alat dokter yang standar.

Mungkin bagi anda alat-alat diatas terlihat sangat sederhana dan tidak berguna, akan tetapi bagi dokter alat-alat ini merupakan alat paling penting dalam menjalankan prakteknya. Semoga artikel ini dalap bermanfaat.

 

Incoming search terms:

  • ALAT ALAT DOKTER MATA
  • alat alat dokter yang ada di rumah sakit
  • alat yang digunakan untuk pemeriksaan mata
  • alat alat yang dibutuhkan seorang dokter
  • alat yang dibutuhkan seorang dokter
  • alat yang digunakan dokter untuk melihat bagian dalam tubuh kita
  • alat yang digunakan dokter untuk periksa pernafasan
  • alat- alat yg dibutuhkan sebagai dokter
  • alat-alat pemeriksaan kehamilan yang digunakan oleh dokter
  • dokter memeriksa dada